Kategori Berita

Blogger Jateng

Apa Itu LO (Liaison Officer) dan Tugas-tugasnya

Faisol abrori
Minggu, 25 Desember 2022

 


Bisa dipastikan bahwa banyak orang yang belum tau apa itu LO atau Liaison Officer. Padahal dengan menjadi seorang LO maka akan menambah pengalaman anda di masa datang. Bahkan bisa mempengaruhi karir anda lho. Apa itu LO (Liaison Officer) dan tugas-tugasnya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya.


Pengertian LO (Liaison Officer)


Liaison Officer atau singkatannya LO secara definisi adalah profesi dengan tugas menjadi penengah atau jembatan antara suatu perusahaan atau organisasi satu dengan lainnya. Biasanya pekerjaannya untuk menghandle suatu acara, dengan kata lain Liaison Officer adalah salah satu bagian kepanitiaan.


Meskipun bukan bagian inti dari suatu kepanitiaan, namun peran LO sangat penting dan menonjol. Karena yang mempengaruhi suatu struktur organisasi bisa berjalan dengan baik atau tidak tergantung pada LOnya.


Tugas dari LO seperti menyambut tamu undangan, menanyakan keperluan atau kebutuhan dari narasumber yang diundang dan menyampaikannya ke tim panitia. Masih banyak pula tugas dan tanggung jawab seorang LO.


Tugas-Tugas Liaison Officer


source: imvirda


Tugas dari seorang LO sebenarnya cukup menyenangkan, apalagi jika anda memiliki passion di bidang tersebut. Biasanya cocok untuk seorang dengan tipe kepribadian ekstrovert. Berikut ini beberapa tugas LO yang harus dilakukan dengan baik agar suatu kegiatan bisa berjalan dengan lancar:


1. Menjembatani Talent dengan Penyelenggara Acara


Pertama, tugas LO yang utama dan pertama dan pernah disinggung sebelumnya adalah menjadi penghubung antara talent, narasumber atau client (tergantung konteks keperluan) untuk kelancaran suatu kegiatan. Misalnya saja ketika ada event maka LO menjembatani sang talent dengan penyelenggara acara.


2. Bertanggung Jawab Atas Kebutuhan Artis


Seorang LO juga bertanggung jawab atas segala kebutuhan talent yang akan tampil. Misalnya saja menanyakan dan memfasilitasi keperluan sang talent yang dibutuhkan selama acara. Beberapa Liaison Officer bahkan ada yang rela menjemput talent, mempersiapkan baju talent demi kelancaran acara atau kegiatan. Jadi LO harus siap berjuang dan rela bersusah payah ya.


3. Wajib Mengenal Talent


Sebelum menjadi seorang Liaison Officer anda harus tahu siapa talent yang dipilih. Jangan sampai seorang LO tidak mengenal talentnya. Dengan mengenal talent yang dipilih anda akan mudah akrab dan memberikan kenyamanan kepada mereka.


Jadi sebelum bertemu di suatu acara maka anda wajib kepoin talent tersebut dengan mencari informasinya lewat sosial media. Ingat kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Jika ingin sayang maka harus berkenalan dulu.


4. Bertanggung Jawab Agar Talent Datang On Time


Terakhir nih, meskipun tidak langsung namun seorang Liaison Officer bertugas memastikan seorang talent atau narasumber datang tempat waktu. Baik dengan mengkonfirmasi kedatangan lewat chat atau telfon, bahkan jika anda kendala maka LO lah yang harus mengantar jemput talent tersebut.


Setelah sampai di lokasi maka tugas LO tidak berhenti, namun harus membantu talent untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak ada kesulitan.


Kesimpulan


Itulah penjelasan tentang apa itu LO (liaison officer) dan tugas-tugasnya. Ternyata banyak juga ya tugas dan tanggung jawab seorang Liaison Officer. Tidak perlu takut untuk mencoba menjadi seorang LO karena dengan pekerjaan ini anda akan mendapatkan pengalaman yan berbeda-beda dan tentunya bisa mendapatkan banyak rekanan orang-orang penting lho.


Makanya buruan yang masih kuliah atau yang mau nyari pengalaman, cobalah mendaftar sebagai seorang LO di suatu kegiatan atau acara, dimulai dari acara yang kecil dulu hingga anda dikenal dan bisa dipercayai di suatu acara besar.

shoope
gt;