Kategori Berita

Blogger Jateng

Apa yang Dimaksud dengan Franchise? Yuk Simak Penjelasannya!

Faisol abrori
Kamis, 22 Desember 2022

 


Bagi yang ingin memulai usaha franchise mungkin masih belum paham mengenai apa yang dimaksud dengan franchise dan juga pengertiannya. Sebab banyak yang mengatakan bahwa bisnis seperti ini sangat menguntungkan. Apalagi jika memang memiliki dana yang cukup untuk menggeluti usaha ini. 


Namun sebelum memilih usaha franchise, maka alangkah baiknya jika diketahui terlebih dahulu mengenai usaha ini. Mengenai tentang sistem kerja atau usaha dan juga keuntungan yang akan diperoleh. Tentunya agar semakin paham dengan usaha yang akan digeluti. 


Pengertian Tentang Franchise 


Franchise juga kerap dikenal sebagai bisnis Waralaba dimana terdiri dari dua suku kata yakni wara dan laba. Wara sendiri memiliki arti lebih sedang laba memiliki arti untung atau keuntungan jika digabungkan menjadi lebih untung. Franchise ini pun dapat dibeli. 


Dengan membeli franchise, maka dengan kata lain diberikan hak untuk memanfaatkan  atau ikut menggunakan kekayaan intelektual. Atau dengan pertemuan ciri khas yang dimiliki oleh suatu produk yang dimiliki oleh pihak lain. Seperti misalnya dalam rangka penjualan atau penyediaan. 


Mudahnya adalah, jika berbisnis franchise maka sama dengan mendirikan usaha dengan brand atau merek produk yang sudah ada. Bukan hanya dari segi logo atau merek dagang, namun juga dari segi barang dan juga bahan. Keduanya sama persis seperti yang brand pemilik franchise. 


Secara umum, franchise atau waralaba adalah perluasan dan juga mendistribusikan produk yang dimiliki dengan menjual lisensi. Untuk mendapatkan hak seperti ini, maka harus membayar royalti pada pemilik franchise tersebut.  Sehingga bisa menggunakan logo, nama, barang dan juga mendapatkan dukungan franchise. 


Jenis Franchise 


Jadi bisnis franchise atau waralaba sendiri ada dua jenis yang berbeda. Dimana tentunya dari kedua jenis ini memiliki perbedaan dari segi kemudahan dan juga keuntungan yang akan didapatkan oleh pembeli franchise. Berikut ini adalah dua jenis dari franchise. 


1. Franchise Asing Atau Franchise Luar Negeri 


Jenis pertama dari franchise adalah franchise atau waralaba asing atau dari perusahaan luar negeri. Franchise jenis ini lebih banyak disukai karena sistem yang ditawarkan lebih jelas. Tak hanya itu, biasanya produk franchise Asing sudah banyak dikenal oleh masyarakat. 


Dengan membeli franchise dari brand yang sudah banyak dikenal, maka otomatis usaha yang akan didirikan ini nantinya akan lebih mudah berjalan. Contoh dari franchise Asing adalah Pizza hut, MC Donald dan juga berbagai produk asing lain. Sehingga lebih mudah dijalankan. 


2. Franchise dalam Negeri Atau Lokal


Jenis kedua adalah franchise yang berasal dari dalam negeri. Meski begitu, franchise dalam negeri juga banyak yang berminat dan dijadikan sebagai investasi. Biasanya untuk franchise lokal ini modal awal tidak terlalu besar namun juga tergantung dari brand dan juga produknya. 


Keuntungan dalam Berbisnis Franchise 


Setelah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan franchise dan juga jenis dari franchise, maka akan dibahas mengenai keuntungannya. Karena tentunya berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan-keuntungan tersebut ada di bawah berikut:


  1. Salah satu keuntungan yang paling menonjol adalah perkembangan bisnis yang relatif cepat, bisnis berkembang dengan menggunakan nama pemilik franchise yang sudah banyak dikenal masyarakat.
  2. Keuntungan lainnya adalah minim branding, sebab sudah terbawa dengan brand besar dari pemilik franchise.
  3. Juga akan mendapatkan rekan bisnis yang profesional dan juga akan mendapatkan pengalaman dalam berbisnis yang serupa. 
  4. Modal Awal juga biasanya hanya dalam beberapa hilang saja sudah kembali, namun tergantung dari brand yang diajak bermitra. 


Demikian adalah ulasan mengenai apa yang dimaksud dengan franchise yang bisa dijadikan referensi. Sudah disebutkan juga mengenai jenis dan juga keuntungan yang akan didapatkan. Jika memang tertarik, maka bisa langsung mencari referensi tentang bisnis franchise.

shoope
gt;