Kategori Berita

Blogger Jateng

Bagaimana Adab Bergaul dan Berteman dalam Islam? Amalkan 6 Perilaku Seperti Ini!

Faisol abrori
Jumat, 02 Desember 2022

 


The Faisol Times - Manusia termasuk makhluk sosial yang selalu butuh orang lain dan tak bisa hidup sendiri. Diciptakan jadi makhluk yang selalu membaur, bergaul dan berinteraksi dengan sesamanya. Adab pergaulan dalam Islam diatur sedemikian rupa agar menciptakan pertemanan yang baik dan terhindar dari konflik yang tidak diinginkan.


Islam adalah agama yang mulia dan mengatur berbagai aspek dalam kehidupan, bahkan termasuk pergaulan. Dalam agama Islam terdapat sejumlah hal yang menyangkut pergaulan dan harus diketahui bagaimana tata cara bergaul yang baik, di antaranya sebagai berikut: 


1.  Berakhlak Baik


Pergaulan dalam Islam memang sudah diatur dengan baik, salah satu adab yang harus diperhatikan ialah bergaul dengan orang berakhlak baik. Berteman dengan orang berakhlak baik, maka akhlak baiknya akan menyebar ke teman yang lain.


Berteman dengan orang berakhlak baik, maka kemungkinan akan turut menularkan akhlak yang baik. Dengan demikian, kemungkinan besar tidak akan mendapatkan kebaikan dan kejelekan saat berteman dengan orang berakhlak baik. Serta akan mengubah ke jalan terbaik.


2.  Berperilaku Baik


Di dalam Islam, disarankan untuk melakukan pertemanan dengan orang yang berperilaku baik. Hal ini dikarenakan berteman dengan orang yang berperilaku baik akan membawa kebaikan dan manfaat. Berbeda jika berteman dengan orang yang tidak memiliki perilaku baik.


Tidak dapat dipungkiri jika lingkungan pertemanan akan membawa dampak dan berpengaruh pada kehidupan diri sendiri.Pertemanan ini bertujuan agar mengajak orang ke jalan yang lebih baik. Teman akan membawa pengaruh dan efek dalam kehidupan diri sendiri.


3.  Ucapkan Salam


Adab pergaulan dalam Islam juga menyarankan agar mengatakan salam saat bertemu orang lain. Dengan ucapkan salam maka akan mendoakan orang lain supaya selalu dilindungi Allah. Salam merupakan kalimat keberkahan yang baik.


Sehingga tidak salah apabila diucapkan untuk bertegur sapa dengan orang lain. Disarankan agar mengatakan salam terlebih dulu karena pahalanya lebih besar. Selain itu, lebih baik mengucapkan salam dengan menjabat tangan orang yang ditemui, karena lebih sopan.


4.  Jangan Memotong Pembicaraan


Dianjurkan di dalam adab Islam, bahwa sebaiknya tidak memotong pembicaraan orang lain. Hal ini dikarenakan menyela pembicaraan orang lain merupakan salah satu perilaku yang tidak baik. Sebaiknya dengarkan dan perhatikan terlebih dahulu perkataan orang tersebut.


Seperti penjelasan di kitab Dar Al-Hawi, bahwa tak boleh menyela perkataan orang kecuali percakapan itu terkandung kalimat buruk. Ketika orang lain berbicara, perhatikan pembicaraan orang tersebut dengan saksama.


5.  Hindari Perdebatan


Melakukan perdebatan yang tidak bermanfaat dan tidak berguna adalah hal yang sia-sia, oleh sebab itu tidak disarankan di dalam Islam. Disarankan untuk menghindari perdebatan dan pertengkaran sekalipun argumen yang dimiliki tersebut mengandung kebenaran.


Sebab Allah lebih menyukai orang-orang yang menghindari perdebatan dan pertengkaran dengan temannya. Apalagi jika perdebatan tersebut tidak mengandung manfaat dan tidak jelas gunanya, lebih baik untuk menghindari pertengkaran yang tidak berguna ini.


6.  Katakan Hal Baik


Hal lain yang juga disarankan di adab pergaulan dalam Islam adalah katakan hal baik. Adab ini sebaiknya diamalkan dalam pertemanan dengan mengucapkan hal baik kepada teman. Jangan ucapkan kalimat yang menyakiti perasaan orang dan jangan berkata kasar.


Sebaiknya menjaga kata-kata karena tak semua orang dapat menerimanya. Orang yang mengucapkan hal-hal baik sebenarnya punya kedudukan yang mulia. Oleh karenanya, lebih baik mengatakan hal-hal yang baik dan tidak berkata kasar.


Dengan mengamalkan adab-adab di atas, diharapkan mempererat pertemanan dan menghindari hal-hal buruk. Oleh sebab itu, adab pergaulan dalam Islam ini disarankan untuk diterapkan dan dilakukan di dalam lingkungan pertemanan.

shoope
gt;