Kategori Berita

Blogger Jateng

Berapa Rincian Modal Awal Bisnis Beras di Indonesia

Faisol abrori
Selasa, 20 Desember 2022

 


Salah satu jenis bisnis yang memiliki peluang kesuksesan cukup besar di Indonesia adalah bisnis beras patendo.com. Maka dari itu, tidak mengherankan jika ada banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis ini. Selain memiliki peluang kesuksesan yang cukup besar, jenis bisnis ini juga dikatakan memiliki modal awal yang tidak terlalu besar.


Bagi orang-orang yang berencana untuk memulai bisnis kebutuhan pokok ini, mereka perlu mengetahui terlebih dahulu berapa biaya modal yang harus dipersiapkan. Selain itu, mereka juga perlu memilih lokasi bisnis yang strategis. Jadi, meskipun permintaan beras di pasar tidak pernah sepi, Anda tetap harus membangun bisnis ini dengan sebaik mungkin.


Rincian Biaya Modal Bisnis Beras


Beras adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, khususnya masyarakat Indonesia. Sebab, sebagian besar masyarakat Indonesia belum merasa kenyang jika belum makan nasi dalam kesehariannya. Jadi, dapat dipastikan bahwa jumlah permintaan beras di Indonesia tergolong sangat tinggi.


Dengan jumlah permintaannya yang tergolong sangat tinggi ini, membuat beberapa orang tertarik untuk memulai bisnis jual beras. Jika Anda juga tertarik untuk memulai bisnis ini, simak dengan baik rincian biaya modal yang harus disiapkan terlebih dahulu berikut ini:


Biaya Investasi


Biaya modal pertama yang harus disiapkan untuk memulai bisnis ini adalah biaya investasi. Berikut adalah beberapa kebutuhan yang termasuk dalam biaya investasi:


Belanja stok 20 karung beras. Untuk memulai usaha beras di Indonesia, Anda bisa membeli 20 karung beras terlebih dahulu sebagai stok. Kisaran biaya yang akan dibutuhkan dalam hal ini adalah Rp. 4.000.000,00 saja.


Sewa lokasi usaha yang strategis. Meskipun usaha beras dapat dibangun di lokasi mana saja, tapi akan lebih baik jika Anda membangunnya di lokasi yang strategis. Kisaran biaya yang dibutuhkan untuk menyewa lokasi usaha strategis adalah Rp. 5.000.000,00 – Rp. 10.000.000,00.


Membeli perlengkapan usaha. Beberapa jenis perlengkapan usaha yang dibutuhkan dalam hal ini adalah kursi, meja, timbangan, wadah beras, literan, dan lain sebagainya. Nantinya, kisaran biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 2.000.000,00.


Biaya Operasional


Setelah biaya investasi berhasil terkumpul dengan baik, maka sekarang Anda perlu menyiapkan biaya operasional yang sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa jenis biaya operasional yang harus disiapkan untuk memulai usaha beras:


Upah karyawan. Jenis biaya operasional yang satu ini perlu diperhatikan oleh beberapa pelaku usaha yang akan merekrut karyawan untuk mengelola bisnis tersebut. Biasanya, upah tenaga kerja di bidang ini sekitar Rp. 1.000.000,00.


Biaya telepon, air, dan listrik. Kisaran biaya yang dibutuhkan untuk membayar kebutuhan telepon, air, dan listrik dalam usaha ini adalah Rp. 400.000,00/bulan.


Biaya transportasi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Kisaran biaya yang harus disiapkan dalam memenuhi kebutuhan ini adalah Rp. 1.000.000,00.


Jika kedua jenis biaya modal tersebut dijumlahkan, maka modal awal yang harus disiapkan oleh para pelaku usaha beras di Indonesia adalah sekitar Rp. 13.400.000,00 – Rp. 18.400.000,00. Nantinya, dengan modal yang tidak terlalu besar ini Anda bisa meraih keuntungan yang berlimpah dalam jangka waktu yang singkat.


Setelah mengetahui berapa kisaran modal awal bisnis beras di Indonesia, Anda bisa langsung mempersiapkan modal tersebut. Selain itu, pilih lokasi yang strategis juga untuk memulai bisnis ini, misal seperti dekat dengan pasar, area pemukiman warga yang padat, dan lokasi-lokasi seperti ini lainnya.

shoope
gt;