Kategori Berita

Blogger Jateng

Mengenal Apa Itu Sistem Bisnis Franchise (Waralaba) dan Bagaimana Keuntungannya

Faisol abrori
Kamis, 08 Desember 2022

 


The Faisol Times - Belakangan ini, bisnis franchise atau dikenal juga dengan bisnis waralaba cukup menarik perhatian kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, bisnis ini hadir dengan menawarkan kemudahan dalam memulai bisnis dan bahkan memiliki risiko bisnis yang kecil. Bagi Anda yang mungkin belum terlalu familiar dengan bisnis waralaba, maka bisa simak penjelasan mengenai definisi dan juga keuntungannya berikut ini. 


Sekilas Tentang Bisnis Franchise 


Bisnis usaha franchise / bisnis waralaba merupakan salah satu model bisnis yang mana berjalan di antara pemilik brand atau merek (franchisor) dengan pembeli brand (franchisee). Dalam hal ini, pihak franchisor akan memberikan hak untuk menjalankan usahanya termasuk penggunaan merek sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati bersama. Sementara itu, pihak franchisee yang nantinya akan membeli usaha dan yang akan menjalankan usaha tersebut sesuai dengan sistem yang sudah dipersiapkan. 


Umumnya, di Indonesia sendiri ada beberapa jenis usaha franchise yang sering digunakan antara lain sebagai berikut: 


1. Franchise Luar Negeri 


Merupakan bisnis waralaba yang paling banyak diminati lantaran memiliki sistem usaha yang sudah jelas. Tidak hanya itu saja, merk produk dari waralaba jenis ini juga sudah dikenal dan diterima oleh masyarakat luas atau dikatakan secara internasional. 


2. Franchise Dalam Negeri 


Jenis waralaba dalam negeri ini menjadi salah satu opsi investasi terbaik bagi para calon franchisee yang memiliki keinginan menjadi pengusaha, namun tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan mengatur strategi usaha. Sehingga Anda yang memiliki modal usaha yang cukup bisa memilih bisnis usaha franchise yang satu ini. 


Apa Saja Keuntungan Bisnis Usaha Franchise? 


Sebelum Anda benar-benar terjun langsung dalam bisnis usaha franchise, ada baiknya untuk mengetahui sejumlah keuntungan yang ditawarkan berikut ini. 


1. Memperoleh Dukungan Usaha 


Salah satu keuntungan yang ditawarkan bisnis usaha franchise yakni memperoleh dukungan penuh dari pemilik brand franchise saat membuka usaha. Ketika Anda membayar paket franchise fee, maka nantinya Anda akan langsung diberikan beberapa dukungan usaha lengkap. Yakni mulai dari atribut, supply bahan sampai dengan tata cara SOP management sehingga akan lebih mudah dalam memulai usaha franchise ini. 


2. Modal Usaha Terjangkau 


Saat memutuskan memulai bisnis usaha franchise, Anda juga tidak perlu merasa terbebani dengan biaya yang terlalu besar saat memulai usahanya. Ini dikarenakan, pihak franchisor sendiri biasanya memberikan penawaran pilihan usaha franchise dengan harga bervariasi yang bisa disesuaikan dengan modal usaha yang Anda miliki. Jadi, bukan menjadi alasan lagi bagi Anda sulit memulai usaha franchise lantaran terkendala dengan modal yang dimiliki. 


3. Sistem Pemasaran Relatif Lebih Mudah 


Dikarenakan brand usaha sudah terkenal, maka Anda tidak perlu lagi melakukan pemasaran yang berlebihan. Sebab ketika sudah banyak orang yang tahu mengenai produk franchise yang berkualitas, maka secara otomatis mereka akan datang langsung dengan sendirinya. Tentu saja, ini menjadikan Anda akan lebih diuntungkan dibandingkan membuka usaha sendiri yang mana masih perlu membangun image brand di pasaran, bukan? 


4. Memiliki Tingkat Keberhasilan Tinggi 


Dalam memulai sebuah usaha di pasaran, sudah pasti akan selalu ada potensi kerugian yang diperoleh, khususnya bagi seseorang yang belum paham bagaimana sebuah bisnis dapat berjalan. Dengan memilih bisnis usaha franchise, maka Anda akan jauh lebih diuntungkan lantaran risiko kegagalan bisnis dapat diminimalisir. Ini dikarenakan bisnis waralaba umumnya sudah memiliki manajemen dan brand yang dikenal luas sehingga dapat mengurangi risiko kerugian bisnis. 


Jadi, itulah tadi informasi penting yang bisa Anda ketahui seputar pengertian dan berbagai keuntungan menjalankan bisnis franchise di pasaran.

shoope
gt;