Kategori Berita

Blogger Jateng

Bisnis Kos kosan Bisa Raup Untung Gede? Begini Tips Memulainya

Faisol abrori
Senin, 12 Desember 2022


Banyak orang yang ingin memulai bisnis kos kosan patendo.com. Hal ini sebab membuka bisnis sewa kamar kos dianggap sangat menguntungkan. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui tips untuk memulai bisnis sewa kamar kos agar memperoleh keuntungan yang besar. Oleh sebab itu pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai tips untuk memulai bisnis sewa kamar kos agar untung besar.


Bisnis Kos Kosan


Memulai bisnis sewa kamar kos tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dan lakukan agar bisnis tersebut dapat memperoleh keuntungan yang besar. Adapun di bawah ini adalah tips agar bisnis sewa kamar kos bisa memperoleh keuntungan yang besar:


Pastikan Lokasi Kos Strategis


Lokasi kos yang strategis adalah hal yang paling penting untuk Anda pertimbangkan ketika Anda akan memulai bisnis sewa kamar kos. Walaupun harga kamar murah,  namun jika kos tersebut tidak memiliki akses jalanan yang baik untuk kendaraan serta jauh dari fasilitas umum, maka tentunya tidak akan menarik para calon penyewa kamar kos. Sebaliknya, jika lokasi kos-kosan tersebut strategis, misalnya dekat dengan pusat kota dan fasilitas umum serta memiliki akses kendaraan yang mudah, maka akan banyak calon pembeli yang tertarik untuk menyewa kamar di tempat Anda.


Lengkapi Fasilitas Kos-kosan


Selain memenuhi kebutuhan standar kamar kos seperti kasur, meja dan kursi, ada baiknya Anda menambah kelengkapan yang ada di tempat kos Anda tersebut. Misalnya Anda memberikan fasilitas Wi-Fi gratis, TV, dan AC. Sebab hal itu dapat membantu Anda memenangkan persaingan bisnis sewa kamar kos-kosan. Tanpa adanya fasilitas tambahan tersebut, Anda akan kesulitan untuk menarik calon penyewa kamar kos, karena banyak calon penyewa kamar kos menginginkan fasilitas kamar yang lengkap. 


Tentukan Harga Sewa Kos Yang Bersaing


Anda tidak bisa sembarangan dalam menentukan harga sewa kamar kos jika tidak ingin bisnis Anda tersebut mengalami kerugian. Untuk menentukan harga sewa kamar kos, Anda dapat melakukan riset mengenai harga sewa yang ditetapkan oleh kompetitor terlebih dulu. Amati apa saja fasilitas yang disediakan, kondisi bangunan, dan tentunya harga sewa yang ditetapkan. Jika dirasa fasilitas dan kondisi bangunan Anda lebih baik dari kompetitor, Anda bisa mematok harga yang lebih tinggi dari yang telah ditetapkan kompetitor, begitu pun sebaliknya.


Buat Bangunan Dengan Desain Yang Menarik


Meskipun terdengar sepele, nyatanya cara ini sangat ampuh untuk menarik perhatian calon penyewa kamar kos. Terutama jika target pasar Anda adalah anak yang masih kuliah. Sebab mereka cenderung menyukai bangunan yang memiliki kesan modern, minimalis, dan elegan. 


Pastikan Kebersihan, Keamanan, Dan Kenyamanan Bangunan Kos-kosan


Pada umumnya calon penyewa akan lebih menyukai bangunan kos yang terlihat bersih dan tidak kumuh. Oleh sebab itu Anda harus selalu memperhatikan kebersihan dari rumah kos Anda. Selain itu Anda juga harus pastikan kenyamanan dan keamanan dari rumah kos Anda. Misalnya dengan memasang CCTV agar membuat penghuninya merasa lebih aman.


Buat Promosi


Cara terakhir yang harus Anda lakukan agar bisnis sewa kamar kos Anda menjadi sukses adalah melakukan promosi. Hal ini tentunya agar banyak orang yang mengetahui bisnis Anda. Untuk melakukan promosi ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya dengan mempromosikannya melalui sosial media. 


Jadi begitulah informasi singkat mengenai tips memulai bisnis kos kosan agar untung besar. Semoga informasi singkat tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis sewa kamar kos.

shoope
gt;