Kategori Berita

Blogger Jateng

Harus Tahu! Begini Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam Beserta Penyebabnya

Faisol abrori
Jumat, 02 Desember 2022

 


The Faisol Times - Sebagai seorang ibu tentu pernah menghadapi bayi yang rewel. Anak yang baru lahir atau dibawah 1 tahun memang memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi dengan keadaan sekitar dibanding anak yang lebih dewasa. Lantas, bagaimana cara mengatasi bayi rewel menurut Islam?


Berbagai penyebab bisa menjadi dasar anak menjadi rewel. Sebelum menggunakan cara untuk mengatasinya, sebaiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Penasaran apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya: 


Penyebab Anak Bayi Rewel


Bayi yang rewel bisa disebabkan beberapa faktor, bisa karena lapar atau perubahan kondisi lingkungan. Agar tidak bingung, berikut adalah penyebab bayi rewel yang perlu diketahui oleh ibu, khususnya yang baru melahirkan:


1. Rewel karena Lapar


Penyebab bayi rewel yang pertama adalah karena kelaparan. Hal ini tentu tidak dialami oleh anak bayi saja, namun orang dewasa juga bisa uring-uringan karena lapar. Jika bayi masih ASI, pemberian terbaiknya adalah sekitar delapan sampai dua belas sehari. 


2. Perubahan Lingkungan


Bayi sangat sensitif dengan perubahan lingkungan yang baru. Bisa karena udara atau aura yang terdapat pada tempat tersebut. Bayi juga sangat sensitif dengan keberadaan makhluk halus. Maka, jika tempat tersebut memiliki aura yang tidak enak, bayi cenderung akan rewel.


3. Kelelahan dan Mengantuk


Kondisi bayi yang mengantuk dan lelah akan membuatnya menjadi rewel. Ditambah kamar atau lokasi yang ditempatinya tidak nyaman. Bayi tentu akan semakin rewel dan perlu waktu yang lama untuk menenangkannya. 


4. Popok yang Basah


Selain kondisi lingkungan, bayi juga sensitif terhadap pakaian yang digunakannya, terutama popok. Bagian yang digunakan untuk melapisi celana dalam ini perlu diperhatikan agar jika sudah terlalu basah atau kotor untuk segera diganti. Karena jika tidak, dapat mengakibatkan iritasi pada kulit sekitar alat kelamin.


Cara Mengatasi Bayi yang Rewel Dalam Islam


Setelah mengetahui penyebabnya, sebagai muslim, orang tua perlu tahu cara mengatasi bayi yang rewel dalam Islam. Cara-cara berikut dapat dijadikan referensi untuk membuat bayi lebih tenang ketika tiba-tiba rewel:


1. Melantunkan Sholawat Nabi


Cara mengatasi bayi rewel menurut Islam yang pertama adalah dengan melantunkan Shalawat atau puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Lirik sholawat yang indah dan menenangkan dapat membantu untuk menenangkan anak yang rewel. 


Jika bayi sudah diberi ASI dan seluruh bajunya bersih namun tetap rewel, menggendong dan menyanyikan sholawat nabi dapat membuat anak menjadi tenang. Melantunkannya juga bisa membantu bayi untuk lebih cepat tertidur. Sambil memeluk dan menepuk-nepuk punggungnya, dapat menambah ketenangan untuk bayi.


2. Membacakan Doa Khusus


Berdasarkan halaman NU online, ketika bayi rewel dapat dibacakan doa agar menjadi tenang. Memanjatkan doa dilakukan untuk menghalau gangguan dari makhluk halus kepada bayi. Doa Nabi Sulaiman menjadi salah satu yang dapat digunakan untuk melindungi diri dari gangguan Jin. Doa tersebut tercantum dalam Surat An-Naml ayat 30 sampai 31.


3. Melantunkan Surat Al-Qur'an


Melantunkan atau membacakan Surat seperti Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan An-Nas dapat menjadi salah satu cara agar bayi menjadi lebih tenang dan tidak rewel. Surat tersebut dapat dilantunkan sembari menggendong si kecil atau dibacakan ke segelas air putih yang nantinya untuk diusapkan ke wajah bayi.


4. Membaca Ayat Kursi


Dan cara yang terakhir adalah dengan membacakan ayat kursi. Seperti yang diketahui bahwa ayat ini dapat melindungi diri dari gangguan Jin atau Syaitan yang bisa berada dimanapun. Maka dari itu, jika bayi rewel dan tak mau diam, dapat dibacakan ayat kursi sembari digendong agar bisa lebih cepat tenang. 


Itulah penyebab dan cara mengatasi bayi rewel menurut Islam. Bayi sebagai makhluk yang masih suci tentu memiliki kesensitifitasan yang lebih tinggi dari orang dewasa. Untuk itu, sebagai orang tua Muslim perlu untuk mengetahui cara untuk menenangkan bayi yang sedang rewel sesuai dengan syariat islam.

shoope
gt;