Kategori Berita

Blogger Jateng

Inilah Cara Menyambungkan Viu ke TV Sesuai dengan Jenis TV

Faisol abrori
Jumat, 30 Desember 2022

 


The Faisol Times - Aplikasi Viu sebenarnya tidak hanya bisa dinikmati melalui aplikasi di handphone saja. Saat ini, sudah tersedia cara menyambungkan Viu ke TV. Apapun jenis TV yang dimiliki di rumah, Viu kini dapat dinikmati melalui layar TV.


Viu merupakan platform yang menyediakan beragam film, serial tv, dan tontonan streaming lainnya secara online dan berasal dari berbagai negara. Untuk bisa menikmati tayangan Viu di TV, ikuti dan lakukanlah tiga cara di bawah ini:


Cara Menyambungkan Aplikasi Viu ke TV Android


Sering dianggap sama, nyatanya TV Android dengan Smart TV merupakan dua jenis TV yang berbeda. Karena terintegrasi dengan Android dan bisa mengakses Google Play Store, pengguna tidak perlu repot menyambungkan TV-nya dengan aplikasi di handphone.


Menyambungkan Viu pada TV Android termasuk cara yang paling mudah jika dibandingkan dengan jenis TV yang lain. Satu-satunya syarat yang harus dipenuhi pengguna agar bisa menyambungkan Viu adalah wajib menyediakan jaringan internet. Berikut langkah-langkah menyambungkannya:


  1. Sambungkanlah terlebih dahulu TV Android dengan jaringan internet maupun Wi-Fi yang tersedia.
  2. Bukalah Google Play Store, lalu unduh serta install aplikasi Viu.
  3. Jika sudah, bukalah aplikasi Viu yang sudah diunduh tadi di Android TV.
  4. Setelah ini pengguna bisa langsung memilih film atau program apa yang akan ditonton.


Cara Menyambungkan Viu ke Smart TV


Smart TV memiliki sistem operasi yang tergantung pada mereknya serta berbeda dengan TV Android. Smart TV memiliki dukungan aplikasi yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan perangkat TV Android. Namun sisi navigasi dan kinerjanya lebih cepat.


Karena keterbatasan yang dimilikinya, cara menyambungkan Viu ke TV ini sedikit rumit. Agar bisa mengakses Viu di TV, Smart TV harus terkoneksi dengan handphone-nya terlebih dahulu, dan tentunya perlu tersedia jaringan internet. Berikut langkah-langkah penggunaannya:


  1. Apabila belum memiliki Viu, unduh dan install dulu aplikasinya di handphone.
  2. Jika sudah, bukalah menu ‘Wi-Fi’ kemudian pilihlah nama perangkat Smart TV yang muncul. Langkah ini bertujuan untuk memasang Viu di TV (mirroring).
  3. Bukalah menu ‘Smart View’ atau ‘Cast’ atau ‘Mirroring’ yang ada di handphone.
  4. Setelah memastikan bahwa layar handphone sudah terproyeksikan dengan sempurna di layar Smart TV, bukalah aplikasi Viu.
  5. Pilihlah film, serial, atau program apapun yang tersedia di Viu.


Cara Menyambungkan Aplikasi Viu pada TV Biasa


Jangan bersedih dulu jika TV yang pengguna miliki di rumah bukanlah sejenis Android TV ataupun Smart TV. TV biasa tetap bisa disambungkan dengan handphone dan aplikasi Viu, asalkan sebelumnya pengguna sudah menyiapkan terlebih dahulu syarat-syaratnya.


Pengguna harus menyediakan jaringan internet di rumah dan menyiapkan sebuah set-top box atau dongle Wi-Fi. Selain itu, sediakan juga kabel HDMI dan USB untuk menghubungkan set-top box atau dongle Wi-Fi dengan TV. Berikut langkah-langkah penggunaannya:


  1. Pasangkanlah set-top box ataupun dongle Wi-Fi yang sebelumnya sudah disiapkan pada konektor HDMI serta USB yang ada di TV.
  2. Kemudian bukalah opsi menu ‘Wi-Fi’ yang ada di handphone. Carilah nama Wi-Fi yang berasal dari set-top box ataupun dongle yang dipasang, agar layar handphone dapat di-mirror ke televisi.
  3. Apabila sudah, bukalah menu ‘Mirroring’, ‘Cast’, atau ‘Smart View’ dan pasangkanlah handphone dengan TV.
  4. Tunggulah sampai layar handphone terpampang di layar TV. Jika sudah, bukalah Viu di layar TV.
  5. Pilihlah tayangan menarik yang ingin ditonton.


Demikianlah pembahasan bagaimana cara menyambungkan Viu ke TV sesuai dengan jenis TV pengguna di rumah. Berkat kemajuan teknologi, platform yang awalnya hanya ada di handphone kini sudah bisa dinikmati melalui layar TV yang lebih besar.

shoope
gt;