Kategori Berita

ZMedia

Inilah Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Beserta Manfaatnya

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Sabtu, 03 Desember 2022

 


The Faisol Times - Tak jarang umat Muslim masih bingung dan belum mengerti tata cara sholat tahajud sesuai sunnah. Dalam Islam, sholat tahajud sendiri sangat dianjurkan utamanya bagi seseorang yang memiliki suatu hajat tertentu. Berikut ini langkah melaksanakan sholat tahajud beserta manfaat yang diperoleh: 


Tata Cara Sholat Tahajud


Secara umum, langkah melakukan tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat fardhu. Yang membedakan hanyalah niat sholatnya saja. Berikut adalah tata cara tahajud yang sesuai dengan sunnah: 


  • Niat Tahajud. Sebelum melaksanakan sholat, pertama-tama membacakan niat tahajudnya dahulu. Adapun bacaan niatnya “usholli sunnatan tahajud rak’ataini mustakbilal kiblati lillahi ta'ala”. Niat ini berartikan niat melaksanakan sholat tahajud 2 rakaat karena Allah.
  • Takbiratul Ihram Dan Doa Iftitah. Selepas melafalkan niat dalam hati, lakukan gerakan dengan mengangkat dua tangan saat mulai sholat. Bersamaan dengan takbir, ucapkan Allahu Akbar. Kemudian dilanjutkan dengan bacaan doa iftitah.
  • Baca Al-Fatihah Dan Surah Pendek. Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah selanjutnya adalah dengan membaca Al-Fatihah dilanjutkan surat-surat pendek. Pilihlah surat dalam Al-Qur’an yang sudah dihafalkan. Baca dua surat pendek yang berbeda pada rakaat ke satu dan dua.
  • Ruku. Lanjutkan dengan melakukan gerakan ruku. Ruku yang benar adalah menundukkan badan dengan telapak tangan menyentuh lutut dan antara punggung dengan leher harus sejajar. Bacalah doa “subhanaka allahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli.”
  • I’tidal. Selesai membaca doa ruku, dilanjutkan dengan I'tidal. Gerakannya yakni bangkit dari ruku dengan badan tegak. Ketika bangun dari ruku, lantunkan doa “sami’Allahu liman hamidah”. Dilanjutkan dengan bacaan dzikir yang berbunyi “rabbana walakal hamdu”.
  • Sujud. Lakukanlah gerakan sujud yang benar dengan membungkuk dan dahi ditempelkan pada sajadah kemudian posisi kepala di antara tangan. Membaca doa “subhana rabbiyal a’la wabihamdihi.”
  • Tahiyat Akhir Dan Salam. Gerakan ini dilakukan dengan kaki kanan lurus ke belakang dan yang kiri menyilang berada di bawah sebagai tumpuan. Lanjutkan dengan membacakan doa tahiyat akhir kemudian salam.


Manfaat Sholat Tahajud


Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari sering melaksanakan sholat tahajud. Utamanya bagi pembaca yang sedang punya keinginan sangat disarankan untuk menjalankan sholat ini. Berikut adalah keuntungan-keuntungan dari tahajud: 


  • Tahajud bisa mengabulkan keinginan dan harapan seseorang. Di waktu sepertiga malam adalah masa paling tepat untuk meminta doa agar cepat dikabulkan. Seperti sabda Rasulullah bahwa ada waktu di malam hari untuk tiap-tiap Muslim memanjatkan doanya maka akan diberikan Allah.
  • Salah satu doa yang banyak dipanjatkan dalam tahajud adalah meminta jodoh. Meminta jodoh lewat tahajud merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang Muslim. Panjatkan doa yang mengutip dari Al-Furqan ayat 74.
  • Sholat tahajud menjadi sebuah amalan bekal saat di akhirat nanti. Dengan tahajud menjadi jembatan yang bisa menghantarkan umat Muslim ke surga. Selain itu, tahajud juga diyakini bisa menjaga kesehatan rohani umat manusia.
  • Rajin melaksanakan tahajud juga bisa mengangkat derajat manusia disisi Allah. Seperti dalam surat Al-Isra yang menjelaskan bahwa tahajud dapat meninggikan derajat seorang manusia. Orang yang gemar tahajud akan mendapat tempat terpuji di sisi Allah SWT.
  • Seperti yang diketahui jika tahajud bisa menjaga kesehatan rohani seseorang. Saat melaksanakan tahajud, hati dan pikiran seseorang bisa tenang, damai, dan tentram. Setelah mencurahkan isi hati dengan tahajud jiwa seseorang bisa lebih damai.


Dari penjelasan diatas, pembaca dapat mengetahui tata cara pelaksanaan tahajud yang benar sesuai sunnah. Dengan sholat tahajud, akan membawa manusia pada ketentraman dan kedamaian jiwa. Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah tersebut menjadi panduan saat ingin melaksanakannya.

>