Kategori Berita

Blogger Jateng

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Dalam Islam Beserta Maknanya, Ada Aisyah Hingga Khadijah

Faisol abrori
Sabtu, 03 Desember 2022

 


The Faisol Times - Bagi orang tua yang baru memiliki bayi, memberikan nama yang cocok menjadi suatu hal yang penting. Seperti diketahui, nama adalah bagian dari doa. Untuk bayi perempuan, terdapat berbagai macam nama dalam Islam yang bisa dijadikan referensi. Berikut, request nama bayi perempuan dalam Islam dan juga maknanya untuk dijadikan pertimbangan: 


1. Aisyah


Untuk request nama bayi perempuan dalam islam yang pertama adalah Aisyah. Seperti diketahui, Aisyah adalah anak dari Abu Bakar sekaligus istri dari Nabi Muhammad. Dia adalah sosok yang terkenal cerdas dan berpengaruh pada saat itu.


Aisyah memiliki arti sebagai wanita yang feminin dan juga hidup. Dengan demikian, anak yang diberikan nama ini diharapkan akan menjadi orang yang bersungguh-sungguh dan juga cerdas dalam kehidupan seperti halnya Aisyah.


Selain menggunakan Aisyah sebagai nama, orang tua juga bisa memilih padanan lainnya misalnya Ayesha dan Aisha. Nama Aisyah bisa digabungkan dengan nama lain misalnya Aisyah Humaira, Aisyah Aqila, Alesha Putri dan sebagainya.


2. Sarah


Selanjutnya, nama bayi perempuan yang bisa dijadikan referensi adalah Sarah. Diketahui, nama ini terinspirasi dari istri Nabi Ibrahim yang memiliki arti sebagai seorang perempuan bangsawan. 


Selain itu, nama Sarah juga cukup modern dan tak lekang oleh waktu hingga kini.Dalam kisah nabi Ibrahim, Sarah dikenal sebagai wanita yang cantik dan juga sabar. 


Dirinya banyak disukai oleh orang-orang karena kecantikannya. Selain itu, sarah juga sabar mendampingi Ibrahim dalam setiap kesulitannya. Nama ini dapat dikombinasikan dengan nama-nama lain misalnya saja Sarah Khansa, Siti Sarah, Sarah Al-Malika, dan lain-lain.


3. Zahra


Lebih lanjut, request nama bayi perempuan dalam Islam lainnya yaitu Zahra. Nama ini terinspirasi dari nama anak nabi Muhammad yaitu Fatimah Az-Zahra. Adapun makna dari nama Zahra sendiri adalah cantik, indah dan bersinar.


Dengan memberikan nama ini kepada anak perempuan maka dia diharapkan untuk menjadi seseorang yang bercahaya dan mampu menerangi sekelilingnya. Baik melalui kecerdasan ataupun sifat-sifat yang terpuji.


Nama Zahra dapat dikombinasikan dengan nama yang lain. Contohnya adalah Fahira Az- Zahra, Zahra Annisa, Zahra Amalia dan lain-lain.


4.  Shafiya


Kemudian, ada lagi nama bayi untuk perempuan yang terinspirasi dari nabi yaitu Shafiya. Diketahui, Shafiya memiliki arti jernih atau bersih. Dengan memberikan nama ini maka orang tua juga berdoa supaya dia menjadi seseorang yang berhati bersih dan mampu berpikir jernih.


Selain menggunakan nama Shafiya, terdapat pula padanan lainnya yaitu Safeea, Shafiyya, Shafiyah. Nama ini dapat dikombinasikan dengan nama lainnya, misalnya saja Shafiya Azura, Shafiya Almira, Safeea Kirana dan masih banyak lagi.


5. Khadijah


Lalu, ada pula nama Khadijah yang tidak boleh terlewatkan. Khadijah adalah tokoh perempuan dalam Islam yang memiliki keberanian serta mampu menjadi seorang saudagar hebat pada masanya. Dia juga selalu mendampingi nabi bahkan di saat-saat terburuknya.


Khadijah memiliki arti sebagai seseorang yang dapat dipercaya. Dengan memberikan nama ini, maka orang tua juga menyematkan doa kepada anaknya kelak semoga menjadi seorang manusia yang senantiasa memiliki sifat yang jujur serta bisa dipercaya 


Selain itu, nama Khadijah juga dimaksudkan supaya dirinya kelak menjadi orang yang pemberani dan berpengaruh.Nama Khadijah dapat digabungkan dengan nama-nama lainnya. Contohnya adalah Khadijah Khawla, Khadijah Assyfa, Putri Khadijah dan lain sebagainya.


Demikianlah beberapa request nama bayi perempuan dalam Islam yang dapat  dipilih sebagai referensi untuk orang tua yang sedang bingung memilih nama untuk anaknya. Selain bermakna, nama-nama tersebut juga bersumber dari tokoh-tokoh perempuan hebat pada zamannya masing-masing.

shoope
gt;