Kategori Berita

Blogger Jateng

Mengapa Perlu Menggunakan Jasa Konsultan HKI

Faisol abrori
Sabtu, 03 Desember 2022



The Faisol Times - Apakah anda memiliki bisnis atau usaha? Tetapi belum mendaftarkan HKI dari produk atau jasa anda karena tidak mengetahui caranya? Pakai jasa konsultan HKI, mulai dari pendaftaran hingga penanganan urusan hukum bisa dilakukan oleh konsultan atau biro HKI.


Kini peran dari konsultan atau biro HKI semakin marak dicari di Indonesia. Pasalnya, kesadaran masyarakat semakin meningkat mengenai pentingnya mendaftarkan HKI untuk suatu bisnis atau usaha.


Apa Keuntungan Menggunakan Konsultan HKI?


Keberadaan konsultan atau biro HKI tentu memberikan banyak manfaat atau keuntungan bagi orang-orang yang ingin mendaftarkan nama produknya pada HKI. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi hak kekayaan intelektual milik seseorang, agar tidak terjadi plagiasi.


Dengan semakin maraknya jasa konsultan untuk HKI ini, maka berikut adalah keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa konsultan atau biro HKI untuk mengurus HKI dari produk atau jasa milik anda.


1. Hemat Waktu dan Tenaga


Keuntungan pertama adalah, anda bisa menghemat waktu maupun tenaga. Daripada mengurus HKI sendiri, anda bisa fokus pada pekerjaan atau bisnis anda. Karena untuk pendaftaran HKI, anda harus meluangkan waktu anda, terlebih jika pendaftaran tidak berjalan lancar.


Jika menggunakan jasa konsultan untuk mengurus pendaftaran HKI dan berbagai hal terkait HKI lainnya, anda tinggal menerima hasilnya saja. Karena segala proses pendaftaran, pemeriksaan, dan penanganan masalah akan dilakukan oleh jasa konsultan tersebut.


2. Mendapatkan Layanan Penuh


Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa konsultan atau biro HKI memberikan layanan HKI secara penuh. Artinya mengurus segala hal yang berkaitan dengan HKI, mulai dari step awal hingga akhir.


Anda juga bisa melakukan konsultasi terkait merek yang akan anda gunakan, pengkategorian merek, dan hal lainnya. Layanan konsultan atau biro HKI akan memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan anda.


Misalkan saja pada saat pra-registrasi, anda akan dibantu untuk mengumpulkan berkas-berkas persyaratan. Begitupun pasca-registrasi, anda akan dibantu juga untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kerap terjadi setelah pendaftaran HKI.


Selama proses pendaftaran, konsultan atau biro HKI juga akan mewakili atau mengawal anda ke Ditjen HKI. Sehingga anda tidak mengalami kebingungan saat ingin mengurus HKI untuk produk atau jasa dari usaha yang anda lakukan.


3. Memiliki Trik Agar HKI Lolos


Hal penting lain dari keuntungan konsultan atau biro HKI adalah, kemampuan mereka untuk meminimalisir ditolaknya permohonan HKI. Ada beberapa penyebab HKI ditolak oleh Ditjen HKI.


Bisa saja karena adanya dokumen yang kurang atau tidak sesuai, data yang tidak benar, merek yang tidak memenuhi kriteria dari HKI, merek sudah digunakan oleh orang lain, dan berbagai permasalahan lainnya.


Konsultan atau biro HKI tentu sudah memiliki kemampuan dan pengalaman untuk mengatasi hal-hal tersebut. Jika anda sudah didampingi sejak pra-registrasi, maka akan memperkecil kemungkinan merek yang anda ajukan ditolak.


4. Bisa Menangani Permasalahan Hukum


Tidak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa konsultan atau biro HKI juga memiliki kemampuan layaknya pengacara. Karena pada saat terjadi permasalahan pada customernya, terutama pada masalah hukum, konsultan juga akan menanganinya.


Misalkan saja masalah merek yang diplagiat oleh orang lain, nama yang tidak lolos, tuntutan untuk tindak peniruan, dan berbagai masalah lainnya. Konsultan akan membantu anda menyelesaikan masalah-masalah tersebut.


Jika dilihat dari beberapa informasi mengenai keuntungan menggunakan konsultan HKI, agaknya memang penting untuk menggunakan jasa tersebut. Namun anda tetap harus memastikan jasa konsultan yang anda gunakan sudah profesional dan terpercaya.

shoope
gt;