Kategori Berita

Blogger Jateng

Penyebab Muncul Notifikasi Konektor USB Terputus dan Solusinya

Faisol abrori
Jumat, 02 Desember 2022

muncul notifikasi usb terputus


The Faisol Times - Pernahkan di smartphone anda muncul notifikasi konektor usb terputus secara terus menerus? Hal ini sangatlah mengganggu dan bisa menyebabkan smartphone panas karena menghabiskan baterai lebih cepat. Sebenarnya mengapa permasalahan ini bisa terjadi dan bagaimana solusinya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.


Penyebab Muncul Notifikasi Konektor Usb Terputus


Penyebab utama muncul notifikasi konektor usb terputus adalah terjadi kerusakan komponen PCB konektor. Kerusakan ini bisa diakibatkan karena beberapa hal yang mungkin tidak disadari pengguna, seperti:


  • Kemasukan air baik sengaja atau tidak.
  • Kelamaan di cas untuk smartphone dengan mode fast charging.
  • Baik smartphone atau kabel USB jatuh.
  • Kepala charger rusak.
  • Mencharger smartphone sambil menggunakannya untuk bermain game.
  • Men Charge smartphone menggunakan powerbank.
  • Kesalahan pada software.


Solusi Muncul Notifikasi Konektor Usb Terputus


Munculnya notifikasi ini sangatlah mengganggu. Untungnya ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan notifikasi tersebut. Seperti:


1. Cek Lubang Konektor


Pertama, lakukanlah pengecekan pada lubang konektor. Apakah terjadi pembengkokkan akibat jatuh atau tidak. Setelah itu, bersihkan lubang konektor dari debu, karena ada kemungkinan smartphone tidak bisa tersambung dengan benar akibat debu yang menyumbat lubang.


Cara memberishkannya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan tusuk gigi. Anda cukup memasukan tusuk gigi atau jarum ke dalam lubang kolektor dan gosoklah dengan perlahan. Ulangi sampai semua kotoran hilang.


Cara lainnya selain menggunakan tusuk gigi adalah dengan pipa penghisap kotoran. Setelah dirasa bersih maka restart lah smartphone anda.


2. Menonaktifkan Smartphone


Jika muncul notifikasi konektor usb terputus diakibatkan kesalahan pengguna karena mencharge smartphone terlalu lama. Maka solusinya adalah menonaktifkan smartphone. 


Menonaktifkan smartphone bisa jadi metode untuk memperbaiki banyak permasalahan smartphone. Karena dengan menonaktifkan berarti memberikan waktu smartphone untuk beristirahat dan nanti dinyalakan dengan sistem yang lebih fresh.


Anda juga perlu menonaktifkan smartphone ketika nada tidur atau ketika menchargenya. Mengapa harus demikian? Hal ini sangat ampuh untuk menghilangkan notifikasi tersebut sementara waktu. Karena ketika anda mengaktifkan smartphone ketika di charge maka notifikasi akan selalu muncul.


3. Ganti Kabel USB untuk Charger


Jika kabel USB untuk charger smartphone sudah rusak atau tidak bisa berfungsi dengan baik bisa membuat notifikasi tadi tersebut muncul. Solusinya adalah dengan mengganti kabel tersebut dengan yang baru.  Jika setelah anda ganti kabel USB dan notifikasi tidak lagi muncul, maka letak permasalahan berada di kabel tadi.


Pastikan anda tidak membeli kabel USB yang palsu karena bisa merusak smartphone dan daya pengisian baterainya lama. Kenapa bisa merusak smartphone? Karena tegangan yang tidak sesuai antara kabel dan smartphone. Oleh karenanya anda harus memilih USB standar atau original yang tidak merusak smartphone dan bisa men charge lebih cepat.


4. Reset Pengaturan Smartphone


Terakhir, adalah dengan melakukan reset semua pengaturan yang ada di smartphone. Jangan khawatir, karena langsung ini tidak akan menyebabkan data penting di dalamnya terhapus.


Caranya sendiri adalah masuk ke menu pengaturan smartphone kemudian pilih “tentang ponsel”. Selanjutnya klik menu reset dan pilih reset semua pengaturan, terakhir konfirmasi. Maka smartphone akan kembali ke pengaturan semula ternyata dari pengaturan USB.


Itulah penyebab dan solusi muncul notifikasi konektor usb terputus. Cobalah cara-cara diatas agar notifikasi hilang dan tidak mengganggu anda lagi. Jika semua langkah sudah dilakukan namun notifikasi masih muncul maka tidak ada salahnya untuk membawa smartphone anda di service center terdekat.

shoope
gt;