Kategori Berita

Blogger Jateng

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membuka Bisnis Franchise Minuman

Faisol abrori
Kamis, 08 Desember 2022


The Faisol Times - Bisnis franchise minuman akhir-akhir ini bisa dikatakan cukup banyak diminati bagi para pebisnis pemula. Pasalnya, bisnis waralaba minuman satu ini memiliki brand yang sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat sehingga peluang mendapatkan keuntungan besar lebih mudah didapatkan. Kendati demikian, bagi Anda yang mungkin ada rencana memulai usaha waralaba minuman, pastikan mengetahui beberapa hal penting sebagai bahan pertimbangan agar tidak menyesal di kemudian hari. 


Sekilas Tentang Bisnis Waralaba Minuman 


Pada dasarnya, bisnis usaha franchise / waralaba minuman merupakan bisnis yang akan terus bertumbuh dan tidak pernah sepi peminat. Alasannya yakni karena minuman memang selalu menarik minat semua kalangan masyarakat kapanpun dan dimanapun. Bahkan mungkin tanpa Anda sadari sendiri sering kali menikmati minuman yang dijual oleh franchise tertentu. 


Selain karena mampu menarik minat orang-orang, waralaba minuman juga dapat memberikan para pelaku bisnis keuntungan yang terbilang menjanjikan. Yang menariknya lagi, dari sisi balik modal usaha yang dikeluarkannya pun bisa kurang dari satu tahun. Sehingga, tidak mengherankan jika bisnis waralaba yang satu ini menjadi ide bisnis yang cocok bagi para pemula yang mungkin ingin memulai usaha namun belum memiliki pengalaman apapun dalam bisnis yang akan dijalankannya. 


Apa Saja Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuka Bisnis Franchise Minuman? 


Bagi Anda yang berniat untuk memulai bisnis waralaba minuman, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal penting berikut sebelum memutuskan membeli usaha franchise tersebut. 


1. Sulit Berinovasi Karena Ada Aturan Mengikat 


Hal utama yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membuka bisnis waralaba minuman yakni akan ada masanya dimana Anda sulit berinovasi lantaran adanya aturan yang mengikat. Ini disebabkan karena bisnis franchise sendiri umumnya memiliki manajemen usaha yang harus dipatuhi oleh pemodal (franchisee). Sehingga mau tidak mau Anda harus mengikuti semua manajemen yang dimiliki merek yang dijual. 


2. Potensi Kendala Bahan Baku 


Meskipun bisnis waralaba minuman memudahkan seseorang untuk tidak perlu mencari bahan baku kesana-kemari, akan tetapi hal ini juga bisa mengancam penjualan Anda sehari-hari ketika terjadi kendala pengiriman. Dimana dalam hal ini Anda diharuskan untuk menunggu bahan baku sampai atau jika kehabisan di pusat, maka harus menunggu sampai stok tersedia. Bahkan Anda sendiri tidak diperkenankan membeli bahan baku dari pihak lain karena adanya peraturan yang mengikat. 


3. Adanya Potongan Pendapatan Tiap Bulan untuk Pusat 


Ketika Anda sudah memutuskan membuka usaha waralaba minuman, maka hal ini mengartikan bahwa Anda sudah bekerja sama dengan pemilik franchise tersebut. Sehingga Anda bisa menggunakan merk, produk dan juga strategi manajemen bisnis yang sudah mereka siapkan. Akan tetapi sebagai timbal baliknya, Anda juga harus membayar royalti atas pemakaian merek, produk dan strategi manajemen dengan adanya potongan pendapatan, baik itu tiap tahun atau tiap bulan untuk pusat. 


4. Omzet Bisnis Mengikuti Reputasi Brand 


Adapun hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan mengenai bisnis usaha waralaba minuman yakni omzet bisnis biasanya mengikuti reputasi brand. Sebagai contoh ketika brand minuman franchise ini sedang populer di kalangan masyarakat, maka bisa jadi omzet yang diperoleh setiap bulannya akan sangat besar. Begitupun sebaliknya ketika popularitas produk ini menurun, maka omzet yang diperolehnya juga akan ikut mengalami penurunan. 


Itulah tadi beberapa hal penting yang perlu Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis franchise minuman. Sebab selain menawarkan sisi kelebihan yang menguntungkan, setiap bisnis usaha juga pastinya menawarkan kekurangan yang harus siap dihadapi bagi para pelaku bisnis.

shoope
gt;