Kategori Berita

Blogger Jateng

Rekomendasi Software Distribusi dan Manfaatnya Bagi Kegiatan Bisnis

Faisol abrori
Selasa, 20 Desember 2022


Kegiatan penjualan di perusahaan tentunya berkaitan dengan proses distribusi. Oleh sebab itu, penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan software distribusi agar aktivitas penjualan menjadi lebih efisien.


Manfaat yang dirasakan ketika perusahaan menggunakan software distribusi adalah membantu perusahaan untuk memantau proses pengiriman dan melacak barang secara real time. Untuk itu, berikut penjelasan dari berbagai manfaat software distribusi untuk perusahaan, simak ulasannya berikut ini.


Manfaat Software Distribusi 


Software distribusi merupakan sebuah perangkat lunak yang membantu para pelaku bisnis untuk mengelola seluruh kegiatan penjualan. Mulai dari proses pengelolaan pesanan, pemantauan harga pasar, pengiriman barang, serta penagihan pembayaran.


Software distribusi biasanya memiliki fitur dengan fungsionalitas yang tinggi, yaitu seperti pemrosesan pesanan barang, pembelian, manajemen inventaris dan akuntansi keuangan perusahaan.


Selain itu, ada beberapa tantangan yang dihadapi perusahaan jika tidak menggunakan software distribusi antara lain: 


  • Banyaknya distributor berskala kecil yang tidak terorganisir dengan baik
  • Pengeluaran biaya ekstra akibat barang yang dikirim ke daerah pelosok harus melewati beberapa level mata rantai distribusi
  • Data order barang tidak tersedia secara real time sehingga tidak dapat memantau kelebihan maupun kekurangan stok.


Jika perusahaan Anda menggunakan software distribusi, maka akan mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:


  • Mencegah human error
  • Dapat mengelola distribusi dan menganalisis data secara real time
  • Membantu dalam melakukan pemantauan segala operasional bisnis
  • Mampu meningkatkan kepuasan konsumen
  • Pengelolaan distribusi menjadi mudah dan praktis
  • Membantu manajemen proyek menjadi lebih rapi
  • Meningkatkan hubungan kerjasama antar karyawan menjadi lebih baik


Rekomendasi Sistem Distribusi untuk Bisnis


Sampai saat ini, sudah banyak software distribusi yang menawarkan berbagai fitur unggulannya. Berikut beberapa rekomendasi software distribusi, antara lain:


1. RedERP


RedERP merupakan aplikasi ERP terbaik di Indonesia yang sangat cocok untuk segala jenis industri, mulai dari skala bisnis kecil, menengah hingga besar. RedERP memiliki berbagai macam fitur yang dimana fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.


Sementara itu, jika Anda menggunakan RedERP maka Anda hanya memerlukan satu aplikasi untuk segala  lini bisnis, mulai dari pengadaan, produksi, distribusi, akuntansi hingga manajemen inventaris.


Seperti dalam modul distribusi dan inventaris dari RedERP, Anda dapat melakukan pengelolaan distribusi secara efisien dan memantau pengiriman barang secara real time. Barang yang keluar dan masuk bisa dicatat secara otomatis.


2. Abas Distribution


Abas distribution merupakan suatu perangkat lunak yang ditujukan bagi distributor kecil hingga menengah. Terdapat 3 aplikasi yang ditawarkan oleh Abas Distribution, yaitu ERP, Abas Distribusi, dan Abas eB.


Ketiga fitur tersebut dapat membantu perusahaan dalam melakukan pemantauan pengiriman barang kepada vendor dan pemesanan barang. Selain itu, perusahaan dapat merancang dan mengubah alur kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


3. Blue Link ERP


Blue Link ERP adalah suatu perangkat lunak yang ditujukan bagi distributor kecil hingga menengah. Fitur manajemen inventaris yang dimiliki, memungkinkan perusahaan untuk melacak kualitas barang sehingga tidak ada barang yang kadaluarsa atau barang yang rusak.


Selain itu, ada juga fitur akuntansi yang dilengkapi dengan pencatatan keuangan perusahaan secara otomatis.


4. Fishbowl Software


Software ini memiliki fitur manajemen inventaris untuk bisnis kecil sampai menengah. Menariknya, pengelolaan inventaris dengan software ini dapat menggunakan sistem barcode, yang tentunya memudahkan penggunanya. Selain itu, perusahaan dapat melakukan pengadaan serta memprediksi kebutuhan inventaris berdasarkan tren penjualan.



Demikianlah artikel ini dibuat, semoga artikel dari RedERP ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda. Terimakasih telah membaca sampai akhir.

shoope
gt;