Kategori Berita

Blogger Jateng

Rekomendasi Usaha Franchise Non Makanan dengan Potensi Menjanjikan

Faisol abrori
Kamis, 22 Desember 2022


 

Jika membicarakan usaha waralaba (franchise), banyak orang terpikirkan bisnis makanan. Padahal, ada banyak usaha franchise non makanan dengan potensi menjanjikan dan mengusung harga yang bersahabat. Bagi yang hendak mencoba usaha franchise namun tidak ingin menjual makanan, mari simak rekomendasi berikut:


1. The Quick Clean


Mendengar namanya yang menarik, mungkin banyak orang menebak bahwa ini adalah usaha laundry. Benar bahwa ini usaha laundry, namun berfokus pada tas dan sepatu. Sebab, kedua barang ini memerlukan cara khusus untuk membersihkan dan merawatnya.


Hingga sekarang, usaha ini sudah ada di Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, dan Semarang. Jargonnya yakni membersihkan dalam 30 menit saja. Cocok untuk menyasar pelanggan dengan kesibukan padat. Paket kemitraan The Quick Clean seharga 15 jutaan, bisa sudah mendapatkan peralatan serta booth.


2. JNE


Usaha franchise non makanan yang sedang meningkat pesat adalah jasa kurir, contohnya JNE. Nama perusahaan ini sudah familiar di kalangan masyarakat, terutama yang sering berbelanja online. Terutama sejak masa pandemi, bisnis online semakin banyak dan dapat ditemukan di berbagai e-commerce.


Pangsa pasar di waralaba bidang ini tidak pernah habis, apalagi nama JNE sudah banyak dikenal orang. Berkas-berkas persyaratan untuk menjadi mitra pun tidak sulit. Dengan biaya mulai 7 jutaan (termasuk uang jaminan agen serta biaya administrasi), sudah dapat menjalankannya.


3. Bimba Rainbow Kids


Bagi yang memiliki passion dalam bidang pendidikan terutama mengajar anak-anak, bimbingan belajar bisa menjadi pilihan. Bermitra bersama Bimba Rainbow Kids merupakan misalnya. Bimbingan belajar ini berada dalam naungan Bintang Solusi Mandiri, yayasan yang berfokus dalam bidang pendidikan anak.


Bimbel ini memiliki berbagai program pembelajaran anak. Mulai dari bimbingan berhitung dan menulis, membaca, pembentukan kreativitas, karakter, serta Bahasa Inggris. Untuk menjalankan kemitraan ini, perlu menyiapkan modal sekitar 8 jutaan.


Modal tersebut cukup terjangkau jika dibandingkan bimbel lainnya yang bisa mencapai ratusan juta. Bila tertarik, bisa segera mengakses situs resminya agar bisa mendapatkan informasi selengkapnya.


4. Galaxy Pertamini


Bidang usaha franchise non makanan yang tidak kalah terkenal adalah tempat untuk mengisi bahan bakar, disebut juga SPBU. Bukan hanya menjual bensin, namun juga memiliki tempat untuk cuci motor. Banyak yang berkata bahwa modal untuk mendirikan SPBU tidaklah sedikit.


Namun ada opsi lain yakni bermitra dengan versi mininya. Sesuai namanya, Galaxy Pertamini merupakan kios yang menjual bensin eceran. Bukan asal menjual, namun juga terdapat perangkat untuk mengisi BBM seperti SPBU.


Pelaku usaha perlu menyiapkan modal sekitar 9 juta untuk bisa menjalin kemitraan ini. Sudah lengkap mendapatkan booth, BBM 210 liter, selang, alat ukur, serta listrik. Disarankan membuka tempat ini di daerah yang jauh dari keberadaan SPBU.


5. Auto Clean Waterless


Tempat untuk mencuci mobil secara otomatis masih terbilang jarang, sehingga peluangnya cukup tinggi. Usaha franchise non makanan selanjutnya adalah jasa mencuci mobil, namun tanpa menggunakan air. Sebab, air tersebut sudah digantikan dengan cairan khusus untuk membersihkan dengan maksimal.


Modalnya memang terbilang besar yaitu 30 juta. Namun, nilai tersebut sangat sesuai dengan manfaat yang didapatkan. Tidak hanya itu, potensi untuk mendapatkan keuntungannya pun tinggi. Jika menjalin kemitraan ini, pelaku usaha akan mendapatkan paket lengkap.


Mulai dari alat-alat untuk cuci mobil, printer mini untuk kebutuhan kasir, bahkan ada pelatihan empat hari untuk tim kerjanya. Selain itu juga mendapatkan software yang digunakan untuk menginput data, informasi stok, laba, dan sebagainya.


Itulah beberapa pilihan usaha franchise non makanan yang bisa menjadi alternatif. Tentu usaha tersebut bisa memberikan hasil optimal bila dijalankan dengan tekun dan fokus. Baik pemula maupun yang sudah berpengalaman, waralaba termasuk opsi praktis dan terstruktur sehingga bisa mengoptimalkan usaha.

shoope
gt;