Kategori Berita

Blogger Jateng

Simak Kelebihan dan Kekurangan Usaha Bengkel Motor Sebelum Anda Memulainya

Faisol abrori
Selasa, 13 Desember 2022



Daya tarik akan usaha bengkel motor patendo.com motor di Indonesia memang terbilang begitu tinggi. Terlebih lagi, tak sedikit orang yang mengatakan bahwa bisnis perbengkelan sebagai usaha yang menawarkan peluang keuntungan menjanjikan. Akan tetapi bagi Anda yang mungkin ada rencana memulai bisnis ini, ada baiknya menyimak beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis perbengkelan sebagai bahan pertimbangan.


Kelebihan Bisnis Usaha Bengkel Motor



Banyaknya orang tertarik memulai bisnis bengkel motor bukan tanpa alasan yakni karena menawarkan banyak sisi kelebihan di dalamnya. Adapun beberapa kelebihan dari bisnis bengkel antara lain sebagai berikut.


Selalu Diburu Masyarakat


Rata-rata, kebanyakan masyarakat Indonesia memiliki minimal 1 motor di rumahnya untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Maka dari itulah, peluang usaha ini selalu diburu masyarakat luas. Sebab selain melakukan perbaikan motor, ada juga penggantian oli, perbaikan kelistrikan dan lain-lain yang disediakan usaha perbengkelan ini.

Bisnis yang Sifatnya Tidak Musiman


Kelebihan dari bisnis bengkel motor yakni sifatnya tidak musiman alias berlaku sepanjang waktu sehingga Anda bisa membukanya setiap hari. Meskipun demikian, pastikan Anda yang ingin memulai bisnis bengkel juga harus menerapkan strategi usaha tertentu agar bisnis bengkel tetap diburu oleh para pelanggan.

Peluang Keuntungan Relatif Besar


Banyaknya orang yang tertarik membuka bisnis bengkel motor bukan tanpa alasan yakni karena menawarkan keuntungan yang relatif besar di dalamnya. Sebab bengkel motor dikatakan hampir setiap saat selalu dibutuhkan oleh kalangan masyarakat. Baik itu untuk membantu masalah perbaikan motor, penggantian oli dan berbagai masalah lain yang terjadi pada kendaraan roda dua tersebut.

Dapat Dijadikan Sebagai Usaha Sampingan


Bagi orang-orang yang memiliki usaha utama, maka bisnis bengkel motor bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Hal ini lantaran usaha perbengkelan bisa dijalankan dari jauh. Yang paling penting disini adalah jangan sampai Anda salah dalam memilih karyawan dalam menghandle usaha perbengkelan motor tersebut.

Memiliki Potensi Cepat Berkembang


Kelebihan lain jika Anda membuka bisnis bengkel motor ini yakni memiliki potensi untuk lebih cepat berkembang lantaran dinilai sebagai usaha yang prospektif. Dengan demikian, maka Anda dapat mengembangkan usaha ini dengan relatif lebih cepat dan bahkan menawarkan omzet yang cukup menjanjikan per harinya. 


Kekurangan Bisnis Bengkel Motor



Selain menawarkan sisi kelebihan, bisnis bengkel motor juga menawarkan kekurangan yang perlu dijadikan bahan pertimbangan bagi para pelaku usaha. Beberapa kekurangan dari bisnis bengkel motor di antaranya yakni sebagai berikut.

Persaingan Bisnis Tinggi


Salah satu kekurangan dari bisnis usaha perbengkelan motor yakni tingkat persaingan bisnis yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan, banyak sekali bengkel-bengkel motor di pasaran yang menawarkan layanan perbaikan motor dengan keunggulan masing-masing. Agar supaya bisnis Anda tidak kalah saing dengan para kompetitor bisnis bengkel motor lain, maka usahakan memberikan pelayanan terbaik bagi para calon pelanggan sehingga mereka merasa puas dan berpotensi datang kembali ke tempat Anda.

Butuh Sumber Daya Manusia yang Ahli


Tidak hanya karena faktor persaingan bisnis yang tinggi, bisnis bengkel motor juga biasanya membutuhkan sumber daya manusia / teknisi yang ahli di bidangnya. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk menggunakan teknisi bengkel yang benar-benar ahli di bidang perbengkelan motor agar dapat menunjang kualitas bisnis bengkel motor Anda nantinya. Sebab ketika sudah salah memilih sumber daya manusia, hal ini akan dapat berdampak buruk bagi bisnis bengkel motor Anda.

Jadi, itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis usaha bengkel motor yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk memulainya.
shoope
gt;