Kategori Berita

Blogger Jateng

Suara Mesin Mobil Suka Mendengung? Ini 5 Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Faisol abrori
Rabu, 14 Desember 2022

 


The Faisol Times - Hampir setiap pemilik kendaraan roda empat pastinya pernah mengalami suara mesin mobil mendengung yang cukup mengganggu saat berkendara. Umumnya disebabkan karena sejumlah faktor yang berkaitan dengan komponen dari kendaraan itu sendiri. Namun, sebagian pemilik mobil bukanlah atau tidak mempunyai dasar otomotif maka inilah yang membuat kekhawatiran.


Oleh karena itu, dibutuhkan informasi terkait penyebab suara mesin mobil mendengung beserta cara mengatasinya. Silahkan simak ulasan singkat di bawah ini dengan seksama agar tidak merasa penasaran dan khawatir apabila masalah terkait kembali muncul:


1. Gangguan pada Power Steering 


Masalah pertama yang sering menimbulkan dengungan di mesin, yaitu adanya gangguan pada power steering. Ini terjadi biasanya dengan mobil yang menggunakan power steering berjenis hidrolik, disebabkan komponen atau bantalan yang sudah aus. Untuk itu, bagi pemilik disarankan agar rutin dalam melakukan pemeriksaan.


Berbeda dengan mobil yang menggunakan power steering model EPS, suara dengungan mungkin jarang terdengar. Pemilik kendaraan berjenis EPS tidak perlu terlalu khawatir akan mengalami hal yang sama seperti tipe hidrolik.


2. Gangguan dari Ban yang Sudah Bergelombang


Masalah selanjutnya, yang menyebabkan suara mesin mobil mendengung adalah ban dalam kondisi bergelombang. Terlebih saat pengendara melaju dengan kecepatan 60 km per jam atau diatasnya. Atas alasan ini, pemilik kendaraan harus benar-benar memperhatikan kondisi ban sebelum dikendarai.


Namun, apabila ban sudah terlalu bergelombang lebih baik segera tukar ban dengan yang baru agar tidak terjadi sesuatu saat berkendara. Jangan karena kelalaian dapat membahayakan diri sendiri apalagi orang lain yang sedang berada di jalan yang sama.


3. Gangguan pada Bearing


Selain power steering, masalah pada laher roda atau dikenal dengan bearing juga memberikan pengaruh dalam menghasilkan suara yang mengganggu. Biasanya bunyi dengungan akan muncul saat kendaraan dibawa dengan kecepatan 40 km per jam hingga intensitas yang semakin tinggi.


Agar permasalahan bearing tidak berlanjut, pemilik yang sudah mulai mendengar dengungan bisa langsung membawa kendaraan pribadi ke bengkel otomotif. Pilihlah tempat perbaikan dengan standar kualitas terbaik yang direkomendasikan supaya mobil pribadi terus memiliki performa yang baik.


4. Gangguan pada Kompresor AC 


Masalah berikutnya, dalam menyebabkan suara mesin mobil mendengung yakni gangguan pada kompresor AC yang diakibatkan karena gesekan. Bunyi akan semakin terdengar apabila pemilik memutar kontrol AC ke posisi yang tinggi. Namun, kalau diatur pada tingkat rendah atau sedang maka suara kemungkinan tidak terlalu terdengar.


Kondisi gangguan pada kompresor AC ini termasuk harus segera ditangani karena bisa saja membuat freon tersumbat yang berdampak pada kerusakan. Tentu kendala tersebut apabila dibiarkan berlama-lama malah membuat pemilik membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.


5. Gangguan pada Joint Kopel karena Usia


Bagi kendaraan roda empat yang memiliki penggerak roda belakang masalah pada joint kopel sebagai alat penghubung cukup sering muncul. Apabila peredam yang terdapat pada perangkat tersebut mulai fungsinya hilang maka itulah menjadi sumber utama suara muncul.


Untuk itu, bagi pemilik kendaraan sebaiknya lakukan pemeriksaan dini saat sudah mulai merasakan ada perubahan berbentuk suara. Gangguan juga bisa menimbulkan getaran yang cukup dapat mengurangi rasa nyaman dari si pengendara terlebih waktu kecepatan diatas rata-rata.


Bagaimana? Sudah cukup mengerti bukan terkait penyebab suara mesin mobil mendengung dan langkah-langkah yang terbilang ampuh dalam mengatasinya. Meskipun demikian, sebaiknya pahami setiap kebutuhan kendaraan pribadi sebelum terjadi kendala yang berarti. Agar saat berkendara tetap nyaman lagi aman terlebih bersama orang terdekat.

shoope
gt;