Kategori Berita

Blogger Jateng

Syarat Buka Franchise Alfamart, Cara Daftar dan Jenisnya

Faisol abrori
Kamis, 22 Desember 2022

 


Franchise Alfamart bisa menjadi pilihan bisnis yang sangat menjanjikan. Tersebarnya jaringan minimarketnya, dan tingginya minat masyarakat untuk berbelanja di minimarket ini. Dengan memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari dan pelayanan yang lengkap. 


Pihak Alfamart membuka kesempatan yang sebesar-besarnya pada para pelaku usaha yang ingin membuka cabang Alfamart. Sebelumnya, para pelaku harus memahami syarat apa saja yang harus dipenuhi. Cara mendaftar dan juga jenis kerja sama yang ditawarkan. 


Syarat yang Harus Dipenuhi 


Seperti pihak usaha yang membuka jaringan franchise lainnya. Alfamart memberikan sejumlah persyaratan tertentu bagi para pelaku usaha yang memang berminat. Persyaratan yang harus dipenuhi sebenarnya cukup standar. 


Berikut adalah berbagai syarat utama yang harus dipenuhi. Jika para pelaku usaha memang ingin membuka franchise minimarket ini. 


  • Memenuhi izin pendirian usaha yang ditetapkan di lingkungan. 
  • Memiliki tempat seperti ruko maupun bangunan yang digunakan sebagai outlet Alfamart nantinya.
  • Memiliki badan usaha yang resmi dalam bentuk CV maupun PT. 
  • Merupakan warga negara Indonesia yang bisa dibuktikan dengan data diri yang masih berlaku. 


Itulah persyaratan dasar yang harus dipenuhi jika para pelaku usaha memang berminat untuk membuka cabang dari Alfamart. Data-data yang diperlukan akan diminta oleh pihak Alfamart setelah proses pendaftaran yang lebih lanjut.


Cara Mendaftar Franchise Alfamart 


Untuk mendaftar jaringan franchise ini, para pelaku usaha bisa melakukannya secara online. Namun, hal ini hanya untuk prose pendaftarannya atau pengajuannya saja.


Jika memang diterima akan ada pertemuan lebih lanjut dengan pihak Alfamart. Berikut adalah cara untuk mendaftar jaringan franchise ini. Para pelaku usaha harus melalui tahap ini terlebih dahulu. 


  1. Buka website resmi dari Alfamart melalui perangkat, disarankan untuk menggunakan laptop atau komputer untuk tampilan lebih lega. 
  2. Kemudian, masuk ke opsi ‘Waralaba’ yang ada di tampilan utama. 
  3. Pilih opsi ‘Daftar’ yang ada pada tampilan opsi tersebut. 
  4. Para pelaku usaha akan dialihkan pada tampilan formulir pendaftaran. 
  5. Masukkan semua data yang diperlukan sesuai dengan kolomnya. 
  6. Pin lokasi yang akan dijadikan outlet Alfamart pada tampilan peta yang disediakan. 
  7. Kemudian, upload proposal persetujuan yang sudah disiapkan sebelumnya untuk bahan pertimbangan pihak Alfamart. 


Jika memang disetujui, pihak Alfamart akan melakukan pertemuan lebih lanjut dengan para pelaku usaha. Setelah beberapa survey langsung pada lokasi, maka para pelaku usaha bisa langsung membuka gerai Alfamart sesuai dengan perjanjian.


Jenis Franchise yang Bisa Dibuka 


Pada saat pengajuan membuka franchise, para pelaku usaha memiliki pilihan untuk membuka jenis franchise. Alfamart memang memiliki beberapa tipe kepemilikan oleh para pelaku usaha, berikut adalah penjelasan yang lebih lengkap:


1. Gerai Takeover 


Gerai Takeover adalah tipe kepemilikan di mana para pelaku usaha mengambil alih kepemilikan gerai Alfamart yang sudah berdiri. Jenis franchise ini ideal untuk para pelaku usaha yang memiliki modal besar. 


Modal yang diperlukan sekitar Rp800 juta. Hal ini, sudah termasuk dengan berbagai peralatan dan dukungan dari Alfamart. 


2. Gerai Konversi


Jika para pelaku usaha sudah memiliki toko kelontong sebelumnya. Kemudian, ingin mengembangkannya menjadi mini market. Bisa menggunakan jenis kerja sama konversi ini. Tipe kerja sama ini lebih hemat dibandingkan jenis yang lainnya.


Karena para pelaku usaha bisa memanfaatkan stok yang sudah ada untuk pembukaan outlet. Potensi pasar juga sudah cukup besar, karena sudah dikenal sebagai toko.


3. Gerai Baru Dibuka 


Gerai baru adalah tipe kerja sama untuk para pelaku usaha yang memang ingin membuka gerai Alfamart dari awal dan dari ruko kosong. Budget yang diperlukan sekitar Rp300 juta sampai dengan Rp 500 juta. 


Tentu saja, ada perbedaan fasilitas dari dua harga yang berbeda ini. Namun, dukungannya terbilang lengkap. 


Itulah informasi tentang syarat, cara daftar dan juga tipe kerjasama franchise Alfamart. Penting untuk memahami hal-hal ini sebelum memulai bisnisnya. 

shoope
gt;