Kategori Berita

Blogger Jateng

Tertarik Buka Toko Kelontong Kecil-kecilan, Simak Daftar Barang yang Bisa Dijual Berikut!

Faisol abrori
Selasa, 13 Desember 2022


Punya keinginan untuk membuka toko kelontong kecil-kecilan patendo.com di rumah tapi masih bingung ingin menjual barang apa saja? Tenang, Anda tidak perlu khawatir lantaran di artikel kali ini akan merekomendasikan barang-barang yang bisa Anda jual di toko tersebut yang pastinya bakal laris manis diburu pelanggan.


Apa yang Dimaksud dengan Toko Kelontong?


Secara umum, toko kelontong merupakan sebuah toko yang menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari. Di Indonesia sendiri, toko kelontong dikatakan sebagai salah satu usaha yang masuk dalam kategori Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Meskipun masuk dalam ranah ekonomi mikro, akan tetapi pengaruh toko kelontong terbilang sangat besar dalam menunjang ekonomi Indonesia di masa lalu.


Bahkan bisa dikatakan bahwa karakter toko kelontong juga unik dengan harga yang ditawarkan penjualan lebih terjangkau dibandingkan harga pasar atau toko modern. Selain itu, para pembeli bahkan bisa melakukan interaksi langsung dengan penjual untuk menawar harga barang yang akan dibelinya. Sehingga dalam hal ini dikatakan bahwa toko kelontong termasuk jenis usaha kerakyatan yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi di Tanah Air.


Daftar Barang yang Bisa Dijual di Toko Kelontong Kecil-kecilan


Berikut ini ada beberapa daftar barang yang bisa dijual di toko kelontong yang selalu diburu orang-orang sehingga potensi barang laris terjual lebih besar dan dapat memberikan keuntungan besar bagi pelaku usahanya.


Sembako


Pertama ada sembako yang sudah pasti selalu dicari oleh masyarakat. Dalam hal ini, Anda bisa menjual barang sembako seperti misalnya beras, gula, minyak goreng, telur, bawang merah, mie dan lain sebagainya.


Makanan Ringan


Bisa dikatakan bahwa makanan ringan menjadi barang wajib yang harus ada di toko kelontong lantaran menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak kecil. Anda bisa menjual aneka makanan ringan bercita rasa manis, asin dan pedas dari berbagai merk dengan harga yang pastinya terjangkau.


Perlengkapan Rumah Tangga


Demi memenuhi kebutuhan rumah tangga para pembeli, Anda juga bisa menyediakan barang dagangan di toko kelontong seputar perlengkapan rumah tangga. Di antaranya seperti ember, pel, sapu, sikat gigi dan lain-lain.


Peralatan Mandi dan Mencuci


Tidak hanya sembako saja, Anda juga bisa menjual berbagai peralatan mandi dan mencuci yang pastinya sering diburu oleh masyarakat. Seperti misalnya sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, shampoo, detergen dan lain sebagainya.


Obat-obatan


Lokasi apotek yang terlalu jauh dari tempat tinggal tak jarang membuat masyarakat enggan pergi jauh. Karena itulah, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menjual produk obat-obatan yang sering dicari seperti obat sakit kepala, obat batuk, vitamin dan lain-lain.


Minuman


Selain bahan makanan, minuman juga menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu, Anda bisa menjual berbagai minuman kemasan, baik itu berukuran kecil maupun besar seperti kemasan galon.


Gas


Penting bagi Anda yang ingin membuka toko kelontong untuk menyediakan barang berupa gas yang satu ini. Sebab, penggunaan gas di kalangan masyarakat begitu dicari demi memudahkan untuk memasak makanan sehari-hari.


Peralatan Tulis Menulis


Pada dasarnya, banyak sekali toko kelontong yang sering kali menjual produk berupa peralatan tulis menulis sekolah seperti buku, pensil, bolpoin, penghapus, penggaris dan lain-lain. Anda bisa menjual barang-barang ini untuk memudahkan para pelajar menemukan barang yang dicari.


Selain beberapa daftar barang yang bisa dijual di toko kelontong kecil-kecilan tersebut, Anda juga bisa menambahkan barang-barang lain yang memang banyak dicari oleh masyarakat nantinya.

shoope
gt;