Kategori Berita

Blogger Jateng

Wah, Ini Dia Nama Kopi Terkenal di Dunia, Ada Kopi Arabika dan Robusta!

Faisol abrori
Sabtu, 03 Desember 2022



Saat ini kopi banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat. Untuk menikmati kopi yang sesuai dengan selera Anda, maka Anda perlu mengenal nama kopi populer di dunia. Dengan demikian, Anda dapat menemukan kopi dengan cita rasa yang tepat sekaligus ikut serta dalam menikmati tren kopi yang ada di dunia.


Nama Kopi Populer Di Dunia


Sebagai penikmat kopi, mungkin Anda telah memiliki pilihan kopi tertentu yang wajib untuk Anda konsumsi setiap saat. Meskipun demikian, perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa kopi yang ternama baik di Indonesia ataupun di dunia. Kopi yang dimaksud adalah sebagai berikut


1. Kopi Arabika


Arabika adalah jenis kopi yang populer di dunia. Kopi arabika ini tersedia hampir di semua negara. Kopi ini pertama kali ditemukan di Etiopia yang kemudian disebar luaskan ke penjuru dunia oleh bangsa Arab. Oleh sebab itu, kopi ini diberi nama arabika.


Jenis kopi ini umumnya tumbuh di ketinggian 3000 sampai 4000 kaki di atas permukaan laut. Daerah yang ideal untuk menanam jenis kopi ini adalah daerah subtropis. Hal ini dikarenakan daerah subtropis. Kopi arabika memiliki ukuran biji yang lebih kecil dari pada biji kopi dari jenis robusta. Kopi arabika ini memiliki kafein yang cukup rendah dan memiliki aroma serta rasa yang nikmat. Kopi ini memiliki warna yang cukup ringan. 


2. Kopi Robusta


Kopi robusta berasal dari wilayah Afrika Barat yang tumbuh di dataran lebih rendah yang memiliki suhu lebih tinggi. Kopi robusta memiliki tekstur yang lebih kasar dan memiliki rasa yang manis seperti cokelat. Biji dari kopi ini tidak mudah rusak oleh hama. Maka dari itu, proses produksi kopi ini membutuhkan biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi yang lain.


Kopi robusta ini memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Sehingga cocok apabila dikonsumsi ketika Anda membutuhkan suntik energi dengan segera. Secara umum, kopi ini memiliki gambaran rasa yang pahit dan tajam yang memiliki karakteristik seperti kayu ataupun karet. Rasa pahit dari kopi ini dikarenakan tingginya kandungan kafein. 


3. Kopi Liberika


Asal dari kopi liberika adalah Liberia, Afrika Barat. Kopi jenis ini tumbuh 9 meter di atas permukaan tanah. Ukuran pohon dari kopi liberika ini cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran pohon dari jenis kopi arabika dan robusta. Namun demikian, kopi ini cukup rentan terkena penyakit karat daun. Pohon kopi ini dapat berbuah sepanjang tahun dengan kualitas buah yang relatif rendah dan ukuran dari kopi liberika lebih besar dari kopi arabika dan robusta. 


Kopi Terbaik Di Dunia


Masing-masing kopi memiliki cita rasa dengan keunikan sendiri-sendiri. Meskipun demikian, beberapa kopi diyakini sebagai kopi terenak di dunia. Adapun salah satu kopi yang dianggap sebagai kopi terenak di dunia adalah kopi tanzania peaberry. Kopi ini ditanam di Gunung Kilimanjaro dan Gunung Meru, Tanzania. Kopi ini merupakan jenis kopi arabika dengan rasa yang kaya dan mendalam. Sering keluar kismis hitam dari dalam kopi ini yang mana kismis hitam ini akan melunak hingga menjadi cokelat yang kemudian akan menyatu dengan cita rasa akhir kopi yang manis.


Demikian informasi mengenai nama kopi populer di dunia. Semoga dengan menyimak artikel ini, Anda dapat mencoba semua kopi yang sedang populer ataupun memilih satu kopi yang paling cocok dengan selera lidah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

shoope
gt;