Kategori Berita

Blogger Jateng

Unik, Ini 4 Desain Rumah Jepang yang Bisa Ditiru

Faisol abrori
Rabu, 25 Januari 2023

Pexels


Pinjaman bank dapat menjadi solusi tepat dan cepat untuk merenovasi rumah sesuai keinginan, terutama rumah bergaya Jepang! Nah, apakah Anda adalah salah satu orang yang ingin mewujudkan impian ini?


Rumah bergaya Jepang merupakan salah satu desain rumah yang sedang populer. Karakteristiknya yaitu penggunaan elemen yang sederhana dan minimalis, serta terlihat nyaman dengan unsur alam yang natural. Apakah Anda tertarik dengan gaya rumah tersebut? 


Rumah bergaya Jepang memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan gaya lain. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tentang karakteristik dan beberapa jenis rumah bergaya Jepang yang bisa diterapkan untuk merenovasi rumah sesuai yang diinginkan.


Karakteristik Rumah Bergaya Jepang


Masyarakat Jepang memiliki konsep tersendiri dalam membangun rumah sejak dulu, yaitu kesederhanaan dan dekat dengan alam. Konsep ini pun telah diterapkan di berbagai negara, terutama Indonesia. Adapun karakteristik rumah Jepang yang menjadi ciri khasnya yaitu sebagai berikut :


Mengutamakan Space Saving


Salah satu ciri dari rumah Jepang adalah desain yang mengutamakan space saving atau memaksimalkan fungsi ruangan yang relatif sempit. Hal ini dikarenakan harga tanah di Jepang yang mahal sehingga masyarakat Jepang perlu memaksimalkan fungsi ruang yang ada. 


Salah satu contoh space saving yaitu penggunaan shoji, yaitu pintu kayu geser khas rumah Jepang. Selain menghemat ruang, pintu geser tersebut juga berfungsi agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah secara maksimal.


Memberikan Nuansa yang Hangat


Penggunaan material dari alam seperti kayu, rotan, hingga batu alam menghadirkan kesan yang hangat dalam ruang. Salah satu yang menonjol dari rumah Jepang adalah lantai yang menggunakan material kayu. 


Kayu yang memiliki tone warna coklat membuat ruang terlihat hangat. Bukan itu saja, pada dasarnya elemen kayu memang dapat membuat temperatur ruang menjadi lebih hangat dan sangat berfungsi saat musim dingin tiba.


Furniture Minimalis


Kesederhanaan sangat dijunjung tinggi pada rumah Jepang. Elemen hingga furniture pun memiliki tampilan yang minimalis dengan dominasi material kayu. Hal ini juga berkaitan dengan prinsip less is more sehingga ruangan tidak terlihat sumpek dan penuh.


Dekat dengan Alam


Rumah Jepang identik dengan nuansa alami dan menenangkan sesuai prinsip Zen. Beberapa tanaman indoor diaplikasikan dalam ruang untuk menambah kesan sejuk dan tenang. Selain itu, halaman rumah juga dimanfaatkan untuk membuat kolam atau kebun kecil yang membuat rumah lebih asri.


Beberapa Pilihan Rumah Bergaya Jepang yang Dapat Anda Jadikan Referensi


Pexels


Seiring berjalannya waktu, rumah Jepang memiliki beberapa gaya walaupun pada dasarnya konsep menyatu dengan alam masih dipertahankan. Berikut beberapa inspirasi rumah bergaya Jepang yang bisa Anda jadikan inspirasi dan wujudkan dengan pinjaman bank!


Gaya Rumah Jepang Scandinavian


Gaya Jepang scandinavian identik dengan penggunaan warna dasar putih pada keseluruhan rumah khas gaya Scandinavian. Kemudian, unsur natural seperti elemen-elemen alam dalam rumah Jepang dijadikan aksen pelengkap pada rumah.


Rumah bergaya Jepang Scandinavian adalah perpaduan yang tepat untuk Anda yang menginginkan rumah nyaman, menyatu dengan alam, tetapi masih terlihat modern.


Gaya Minimalis Jepang


Gaya ini berkaitan dengan masalah harga tanah yang mahal di Jepang. Karakteristik gaya minimalis ini yaitu rumah yang memiliki bentuk geometris sederhana, dan cenderung dibuat beberapa lantai untuk memaksimalkan tanah. 


Perbedaan dari gaya Jepang secara umum yaitu penggunaan warna monokrom dan jendela yang tidak terlalu banyak.


Rumah Jepang dengan Sentuhan Batu Alam


Sentuhan batu alam akan membuat tampilan rumah semakin natural dan terkesan lebih tradisional. Gaya ini juga cocok diterapkan pada rumah dengan halaman yang luas. Anda dapat mengaplikasikan batu alam pada dinding atau lantai.


Gaya Rumah ‘Country’


Gaya ini banyak ditemukan di pegunungan dan desa-desa Jepang. Karakteristiknya adalah tampilan yang tradisional dengan penggunaan warna yang menenangkan seperti coklat pada dindingnya. Warna earth tone yang diterapkan serta tampilan tradisional membuat gaya ini tampak nyaman dan terkesan luas.


Itulah rekomendasi gaya Jepang yang dapat Anda terapkan dalam rumah. Walaupun gaya Jepang terkesan sederhana dan minimalis, tetapi merenovasi rumah dengan gaya tersebut membutuhkan dana yang besar. 


Mengapa begitu? Rumah Jepang didominasi oleh elemen kayu. Elemen-elemen tersebut tentunya haruslah berkualitas agar awet saat diterapkan dalam rumah. Selain itu, elemen kayu juga harus diperhatikan perawatannya agar tetap kuat dan tidak lapuk. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan dana sekitar 200 hingga 300 juta untuk renovasi rumah dengan gaya Jepang.


Wujudkan Desain Rumah Jepang dengan Pinjaman Bank DBS KTA!


Budget yang Anda keluarkan tentunya sebanding dengan hasil renovasi yang akan diterima. Tidak perlu risau untuk dana renovasi karena Anda dapat mengajukan pinjaman online dengan bunga rendah dari DBS KTA. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui keunggulan yang ditawarkan yaitu:


  • Pinjaman yang diajukan dapat cair hingga Rp300 juta
  • Cicilan dapat Anda lakukan hingga 36 bulan
  • Bunga yang dikenakan flat mulai 0.88% per bulannya
  • Approval hanya butuh 3-5 hari kerja
  • Persyaratan mudah dan anti ribet karena tidak memerlukan dokumen fisik
  • Syarat pengajuan cukup memerlukan Anda berdomisili di Jabodetabek, memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan minimal Rp5 juta, dan memiliki kartu kredit bank lain dengan limit pinjaman Rp10 juta


Itulah keunggulan yang ditawarkan oleh DBS KTA. Rumah adalah tempat kita melepas penat. Mewujudkan rumah yang nyaman dengan gaya Jepang tentunya harus segera direalisasikan. 


Tidak perlu ragu mengajukan pinjaman bank dari DBS KTA untuk menunjang renovasi rumah impian Anda. Anda bisa mengakses informasi lebih lengkap mengenai DBS KTA dengan klik link https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page. Wujudkan rumah bergaya Jepang yang Anda inginkan.

shoope
gt;