Kategori Berita

Blogger Jateng

Manfaat Teknologi Pangan dan Prospek Kerjanya di Masa Depan

Faisol abrori
Senin, 02 Januari 2023

 


Lagi mau kuliah tapi bingung ambil jurusan apa? Jurusan teknologi pangan bisa nih jadi salah satu jurusan yang harus kamu pertimbangkan. Karena belum banyak yang tahu tentang jurusan satu ini, yuk kita bahas lebih lanjut apa manfaat teknologi pangan dan prospek kerjanya di masa depan kaya apa sih?


Mengenal Jurusan Teknologi Pangan


Secara umum, ilmu ini mempelajari tentang segara proses pengolahan bahan pangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Ada serangkaian proses yang harus dilakukan, mulai dari sortasi, pengawetan, pengemasan, distribusi, menjaga dan memastikan hasil akhir aman untuk dikonsumsi dan tetap bergizi. Salah satu kampus yang menyediakan Program Studi Teknologi Pangan (S1) adalah IKOPIN University 

Dalam mempelajari bidang ini, berkaitan dengan beberapa mata pelajaran yang cukup rumit nih. Seperti fisika, kimia, biologi sampai ilmu teknik. Misalnya saja, ketika akan meneliti tentang kandungan suatu makanan maka mahasiswa teknik pangan harus tahu tentang kimia dan biologi untuk meneliti makanan tersebut lebih jauh.


Manfaat Teknologi Pangan


Teknologi pangan saat ini memberikan dampak besar dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Ada beberapa manfaat teknologi pangan yang paling umum, berikut ini diantaranya:


1. Teknologi Pengawetan Pangan


Makanan alami yang berasal dari hewan dan tumbuhan biasanya ada batas masa konsumsi, dan masanya ini tidaklah lama. Sehingga banyak orang yang kesulitan mendapatkan makanan alam ini, misalnya di suatu wilayah kering dan membutuhkan sayuran.


Untungnya hadir teknik pengawetan, sehingga bahan pangan bisa disimpan lebih lama dan terhindar dari pembusukan. Cara ini sangat bermanfaat dalam mendistribusikan bahan makanan hewan dan tumbuhan di berbagai wilayah, walaupun di tempat yang jauh sekalipun.


2. Mencegah Sumber Penyakit dari Makanan


Kenapa ya orang sekarang gizinya lebih tercukupi sedangkan zaman dulu tidak? Hal ini bersumber dari teknologi pangan yang memastikan kualitas makanan dan minuman yang beredar. Hal ini untuk menjamin makanan dan minuman tersebut bebas dari berbagai sumber penyakit.


Oleh karenanya makanan menjadi lebih sehat, karena bakteri dan mikroba dalam makanan tidak bisa berkembang dengan leluasa.


Sebagai contoh, dalam pembuatan susu kemasan dengan teknologi pasteurisasi. Teknologi ini membuat susu lebih steril dan mengurangi resiko ancaman penyakit sehingga susu lebih aman untuk diminum.


3. Meningkatkan Nutrisi pada Makanan


Kadang seseorang sudah makan banyak makanan namun gizi hariannya belum terpenuhi. Untungnya adanya teknologi pangan membantu seseorang mendapatkan gizi harian yang cukup, dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan nutrisi pada makanan. Sehingga kadar gizinya lebih sempurna dan lebih sehat ketika dimakan.


Salah satu hasilnya adalah fortifikasi yang membantu mengatasi permasalahan kekurangan gizi di masyarakat. Contoh dari pemanfaatan fortifikasi adalah penambahan yodium pada garam dapur untuk mencegah penyakit gondok. Juga fortifikasi kalsium pada olahan jus dan susu untuk memperkuat tulang.


4. Mempermudah Menyantap Makanan


Manfaat yang selanjutnya adalah menghadirkan efisiensi dalam menyantap makanan. Bukti dari manfaat ini adalah banyaknya makanan instan yang dijual dipasaran, semuanya untuk mempermudah manusia dalam melengkapi kebutuhan makanan. Seperti mie instan, bubur instan, hingga kopi instan dan lainnya.


Kini seseorang tidak perlu membuat bubur atau kopi dengan proses yang panjang. Cukup dengan menambahkan air panas kemudian bubur atau kopi tersebut disajikan.


Untuk kopi kemasan saat ini tanpa ampas sehingga praktis dan siap konsumsi. Biasanya sudah dilengkapi dengan kandungan susu, gula dan penambah rasa lainnya.


5. Memanfaatkan Sisa Bahan Pangan


Terakhir, manfaat teknologi pangan adalah memanfaatkan sisa bahan pangan secara efektif. Dengan teknologi ini membuat kita bisa mengolah kembali sisa bahan pangan menjadi produk lain yang bermanfaat sehingga limbah dari industri makanan bisa dikurangi dan menjaga keberlanjutan sumber daya alam.


Prospek Kerja Teknologi Pangan di Masa Depan


Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok sehingga prospek kerja teknologi pangan cukup menjanjikan untuk jurusan teknologi pangan ini. Seorang lulusan teknologi pangan bisa bekerja di industri produk makanan. Perlu diketahui bahwa banyak sekali industri yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang membutuhkan lulusan teknologi pangan. Baik makanan cepat saji, makanan kaleng, olahan susu dan lainnya.


Seorang lulusan teknologi pangan biasanya ditempatkan di bagian QC atau quality control. Dengan tugas memeriksa dan melakukan pengecekan terhadap kualitas bahan baku, alat dan produk yang dihasilkan. Seorang QC juga bertugas mengembangkan produk agar mampu menghasilkan inovasi baru untuk produk lainnya.


Karena saat ini masyarakat mulai sadar dan peduli terhadap makanan yang mereka konsumsi. Bahwa apa yang dimakan sangat berpengaruh pada kesehatannya. Karena banyak yang selektif dalam memilih makanan sehingga produsen makanan perlu memikirkan bagaimana cara menghasilkan makanan yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.


Bukankah cukup prospektif jurusan ini? Kalau kamu gak ada halangan dalam mempelajari ilmu fisika, kimia dan biologi bisa ambil jurusan satu ini.

shoope
gt;