Kategori Berita

Blogger Jateng

Perlu Pertimbangan Investasi Emas atau Obligasi? Simak di Sini

Faisol abrori
Sabtu, 21 Januari 2023

investasi emas atau obligasi

Pexels


Obligasi dan emas termasuk dua jenis investasi yang banyak dipilih investor pemula karena dianggap rendah risiko. Berbeda dengan emas, jenis Obligasi lebih beragam sehingga Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Lalu, mana yang lebih berisiko antara Obligasi dan emas? 


Setiap investasi pasti memiliki risiko namun dengan tingkatan yang berbeda-beda sehingga Anda harus bersiap untuk menghadapinya. Di tengah isu resesi seperti sekarang, banyak investor bingung memilih salah satu dari dua investasi tersebut. Supaya Anda tidak dilema sebaiknya simak perbandingan investasi Obligasi dan emas berikut ini. 


Perbandingan Investasi Obligasi dan Emas, Mana yang Lebih Untung?


Jika dilakukan perbandingan, perbedaan utama antara Obligasi dan emas terletak pada besaran keuntungannya. Produk investasi berupa Obligasi memberikan bunga sesuai kesepakatan setiap tahunnya sementara emas tidak memiliki kelebihan tersebut. 

Harga emas mengikuti kondisi pasar sehingga lebih rentan naik turun, hal tersebut membuatnya tidak bisa memberikan jaminan keuntungan yang pasti. Supaya tidak salah pilih sebaiknya pahami perbandingan investasi jenis Obligasi dan emas pada penjelasan berikut ini.


1. Investasi Emas


Investasi emas termasuk hal yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang tanpa persyaratan khusus. Berikut ini kelebihan investasi emas yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan:


  • Mudah dipahami karena termasuk jenis investasi umum yang dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. 
  • Emas tergolong investasi yang aman dan rendah risiko sehingga banyak dipilih para investor pemula
  • Dapat dijadikan sebagai aset fisik yang bisa dengan mudah dijual-belikan. 
  • Memiliki regulasi yang jelas bahkan sudah menjadi salah satu komoditas di bursa berjangka. 


Setelah membahas kelebihan investasi emas, selanjutnya Anda harus tahu kekurangannya untuk dijadikan sebagai pertimbangan:


  • Walaupun termasuk jenis investasi yang aman, keuntungan yang didapat dari penjualan emas relatif terbatas. Sehingga keuntungan yang akan didapatkan cenderung kurang maksimal untuk investasi jangka pendek. 
  • Kurang praktis karena membutuhkan tempat penyimpanan yang aman (brankas) dan rawan terjadi pencurian. Biaya penyimpanan emas di Safe Deposit Box (SDB) juga tergolong mahal.


Sebelum menginvestasikan dana Anda untuk membeli emas, sebaiknya pikirkan matang-matang agar uang tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. 


2. Investasi Obligasi


Banyak investor yang lebih memilih menanamkan modalnya di Obligasi karena menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan investasi Obligasi yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan:


  • Sama seperti emas, Obligasi juga termasuk investasi yang aman dan rendah risiko bila dibandingkan dengan investasi lain. Jika Anda memilih penerbit Obligasi dari kalangan pemerintah, maka risikonya semakin rendah. 
  • Mendapatkan keuntungan ganda karena Obligasi tidak hanya menawarkan suku bunga, tapi juga ada potensi capital gain. Capital gain bisa Anda dapatkan dari keuntungan selisih harga jual dan harga beli Obligasi. 
  • Menawarkan kupon tetap yang akan berikan imbal hasil dalam jumlah tetap sesuai dengan nilai pokok investasi. 
  • Kupon yang ditawarkan umumnya lebih tinggi dari rata-rata bunga produk Deposito maupun Tabungan sehingga keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal.


Investasi Obligasi memang memiliki banyak kelebihan sehingga cukup diminati masyarakat sebagai tempat untuk mengembangkan keuangannya. Berikut ini kekurangan investasi jenis Obligasi yang perlu Anda jadikan sebagai pertimbangan:


  • Berbeda dengan investasi emas yang bisa dimulai dengan modal kecil, investasi Obligasi  hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu karena biasanya minimal penempatan dana investasinya mulai dari Rp1 juta. 
  • Risiko capital loss jika Anda menjualnya di pasar sekunder ketika nilainya turun sebelum tanggal jatuh tempo berakhir.


Jadi, itulah tadi kelebihan dan kekurangan investasi Obligasi yang perlu dipahami. Jika dinilai secara keseluruhan, Obligasi cenderung lebih menguntungkan di tengah kondisi isu resesi seperti sekarang karena menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dari Deposito dan Tabungan.


Supaya terhindar dari risiko gagal bayar, sebaiknya pilihlah penerbit Obligasi dari pemerintahan. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan risiko tersebut karena pemerintah sudah menjamin keamanan dan pelunasannya. 


pertimbangan investasi emas atau obligasi

 Pexels


Mulai Investasi Obligasi yang Tepat Melalui DBS Treasures


Jika, ingin mengembangkan dana dengan proses yang mudah dan praktis Anda bisa mendaftarkan diri menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures. Anda akan didukung melakukan langkah investasi tepat untuk mewujudkan keuangan mapan di masa depan.


Anda bisa mengandalkan DBS Treasures sebagai mitra finansial untuk melakukan investasi di Obligasi Pemerintah maupun korporasi. Anda akan didukung agar yakin mengambil keputusan investasi yang akurat di waktu yang tepat dengan bantuan tim ahli finansial. 


Mau tahu apa saja keuntungan menjadi Nasabah DBS Treasures? Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan:


  • Anda akan mendapat kupon reguler yang diberikan secara rutin oleh penerbit selama masa investasi Obligasi berlangsung. 
  • Dapatkan potensi keuntungan dari capital gain yang bisa Anda dapatkan pada beberapa produk Obligasi ketika harga penjualannya naik sebelum tanggal jatuh temponya berakhir.
  • Tidak hanya itu, Anda juga akan memperoleh kupon yang kompetitif dengan nilai di atas rata-rata suku bunga Deposito.
  • Anda tidak perlu khawatir dengan biaya-biaya tertentu karena ketika melakukan investasi Obligasi Anda tidak dibebankan biaya tambahan.
  • Jual-beli Obligasi dan transaksi investasi lainnya bisa Anda lakukan dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS selama 24 jam penuh. Di aplikasi tersebut juga tersedia beragam pilihan produk Obligasi yang bisa Anda pilih sesuai tujuan investasi. 


Wujudkan finansial yang lebih mapan di masa depan dengan diversifikasi investasi di beberapa jenis Obligasi untuk meminimalisir risiko. Dapatkan kemudahan dalam berinvestasi dengan mendaftarkan diri menjadi Nasabah DBS Treasures. Untuk informasi selengkapnya tentang investasi Obligasi dan produk investasi lainnya bisa Anda lihat di sini.  

shoope
gt;