Kategori Berita

Blogger Jateng

6 Proyek 'Gila' Arab Saudi di Tangan MBS, Ada Kakbah Baru!

Faisol abrori
Sabtu, 25 Februari 2023


Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS, adalah pemimpin de facto Arab Saudi yang sering dianggap kontroversial karena proyek-proyek ambisius yang dilakukannya. Yang terbaru, MBS mengumumkan rencana pembangunan Kakbah baru yang diberi nama The Mukaab yang banjir kecaman. Tak berhenti sampai di situ saja, berikut adalah 6 proyek gila MBS dalam pembangunan Saudi:


Baca: Umumkan Proyek "Gila" Pembangunan Kakbah Baru, Pangeran MBS Tuai Kecaman


NEOM


NEOM adalah proyek mega kota futuristik yang dicanangkan oleh Pangeran MBS. Kota ini diharapkan menjadi pusat teknologi, industri, dan pariwisata di Arab Saudi dengan luas mencapai 26.500 kilometer persegi. Proyek ini diyakini akan membawa perubahan besar dalam sektor ekonomi dan teknologi di Arab Saudi.


Vision 2030


Proyek ini merupakan sebuah rencana besar untuk memperbaiki infrastruktur dan layanan publik di Arab Saudi serta meningkatkan perekonomian negara melalui diversifikasi sumber pendapatan. Rencana ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Arab Saudi dan mengurangi ketergantungan negara pada minyak mentah sebagai sumber utama pendapatan.


Red Sea Project


Red Sea Project adalah proyek pembangunan destinasi pariwisata eksklusif di pantai Laut Merah. Proyek ini mencakup 50 pulau dan 34.000 kilometer persegi pantai, dengan berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan. Proyek ini diharapkan akan menarik sekitar satu juta pengunjung setiap tahunnya.


Qiddiya


Qiddiya adalah proyek taman hiburan dan olahraga terbesar di dunia. Proyek ini meliputi berbagai fasilitas seperti wahana air, olahraga ekstrem, bioskop, dan taman safari. Qiddiya diharapkan akan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di dunia dan menarik wisatawan dari seluruh dunia.


King Abdullah Financial District


Proyek ini adalah kawasan keuangan yang diharapkan akan menjadi pusat keuangan terbesar di Timur Tengah. Proyek ini mencakup gedung-gedung pencakar langit modern, hotel, pusat perbelanjaan, dan berbagai fasilitas keuangan lainnya.


Riyadh Metro


Riyadh Metro adalah proyek sistem transportasi publik terbesar di dunia. Proyek ini mencakup enam jalur kereta api bawah tanah dan 85 stasiun. Riyadh Metro diharapkan dapat membantu mengatasi masalah kemacetan di kota Riyadh dan mempermudah mobilitas masyarakat.


Namun, sebagian orang juga mengkritik proyek-proyek ini karena menghabiskan anggaran negara yang sangat besar dan kurang memperhatikan hak asasi manusia dan kebebasan sipil di Arab Saudi. Meski begitu, Pangeran MBS terus melanjutkan proyek-proyek ambisiusnya dan berharap dapat membawa perubahan besar bagi negaranya. 

gt;