Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Anymate Studio Sukses Produksi Video Musik Animasi 3D LoFi Pertama di Indonesia

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Sabtu, 11 Februari 2023

 


Teknologi yang kian berkembang telah membawa dampak positif dalam setiap bidang yang ada, tak terkecuali industri studio animasi. Di Yogyakarta ada studio animasi yang berhasil menciptakan karya video animasi 3D untuk Band indie SeteruSunyi dengan lagu "Cinta Pertama" yaitu Anymate Studio.


Animasi adalah metode di mana sebuah gambar atau objek dimanipulasi untuk menciptakan bentuk yang bergerak. Animasi diambil dari bahasa latin yaitu “anima” yang memiliki arti jiwa, hidup, semangat. Karakter animasi itu sendiri merupakan kumpulan gambar (tulisan, objek benda, warna, dan efek khusus) yang dibuat seolah–olah hidup.


SeteruSunyi merupakan band indie bergenre LoFi yang telah berkarya sejak 22 Januari 2020. Anggotanya yakni Irene Sampouw dan Novia Arifin. Untuk lagu berjudul "Cinta Pertama" ini mereka mempercayakan pengerjaan video animasi 3D kepada Anymate Studio. Hal ini berawal dari pemikiran untuk membuat sesuatu yang berbeda dari biasanya yakni video animasi sebuah lagu LoFi.


Irene Sampouw dan Novia Arifin pun membagikan cerita rumit di balik pembuatan video animasi tersebut. Karena sosok Irene dan Novia dibuat menjadi karakter animasi yang kemudian digunakan di dalam video musik animasi 3D itu. 


Adhitya Yogatama, produser SeteruSunyi dalam siaran persnya percaya, bahwa ide ini menjadikan SeteruSunyi sebagai band pertama yang memiliki anime karakter 3D personelnya. Sementara itu, Irene Sampouw merasa puas setelah melihat hasil dari kolaborasi SeteruSunyi bersama Anymate Studio yang menggarap gambar animasinya.


Novia Arifin yang tak mau kalah menambahkan bahwa proyek animasi SeteruSunyi bersama Anymate Studio ini tak akan berhenti di "Cinta Pertama." SeteruSunyi masih akan terus merilis beberapa karya lagu dan akan ada beberapa karya video animasi dengan Anymate Studio. 


Anymate Studio


Anymate Studio resmi menjadi studio animasi dan didirikan oleh sekumpulan orang kreatif yang berada di Yogyakarta pada tahun 2018. Tujuannya untuk menceritakan kisah tanpa batas kepada orang-orang melalui karya seni digital dalam segala jenis berbentuk animasi. 


Adapun tujuan lainnya yakni mengembangkan setiap imajinasi menjadi cerita, menganimasikannya untuk menempatkan jiwa dan kehidupan di dalam karya seni digital serta kisah-kisah yang penuh dengan ide-ide cemerlang agar lebih terhubung dengan masyarakat. 


Atas kreatifitasnya dalam mengubah ide klien menjadi motion yang luar biasa , Anymate Studio yang berlokasi di Jl. Plataran No.9,  Sembungan, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini berhasil membawa pulang banyak piala dari Pinasthika Award Craftmanship pada tahun 2021.


Tak hanya melayani pembuatan video animasi 3D yang keren, Anymate Studi juga menawarkan karya 2D, karya 3D, seperti Concept & Visual Art Development, Graphic Design, 2D & 3D Motion Graphics, 2D & 3D Illustrations, 2D Animation, Game Asset , Post Production hingga Augmented & Virtual Reality. 


Selain berhasil menciptakan karya video animasi untuk dijadikan video musik bergenre lofi dengan SeteruSunyi, Anymate Studio juga telah berhasil memuaskan hati pelanggan yakni Toyota Indonesia. Anymate Studio menciptakan video untuk kepentingan campaign Toyota; Toyota Lofi Drive Beats untuk unit mobil GR Supra dan Yaris GR.


Berikut deretan klien yang pernah bekerja sama dengan Anymate Studio, diantaranya : Peruri, BRI, Pertamina, Patra Logistik, TikTok, McDonalds ID, Matchamu, Happy Fresh, Rocket Chicken, Scopely, AVOSKIN, Glow Better, Lacoco, Grab, Kementerian Perindustrian RI hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Cipta Karya RI.

>