Kategori Berita

ZMedia

Cara Menjadi Investor yang Cerdas, Ingat 5 Prinsip Ini!

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 26 Februari 2023

Pexels


Banyak orang mengatakan bahwa cara investasi Reksadana saat ini terasa semakin mudah. Reksadana memang jadi salah satu instrumen investasi yang relatif mudah karena dana akan dikelola oleh Manajer Investasi yang berpengalaman. Namun, tahukah Anda bahwa jenis investasi ini juga tetap butuh strategi dari investornya. 


Bicara soal strategi, dalam investasi memang Anda membutuhkan strategi yang tepat. Jika ingin mendapatkan untung optimal dan mencapai target finansial sesuai ekspektasi maka Anda harus jadi seorang investor yang cerdas. Kira-kira apa saja yang harus diperhatikan jika Anda ingin menjadi investor cerdas dan sukses? 


Prinsip untuk Menjadi Investor yang Cerdas


Sebelum mulai berinvestasi, Anda memang harus paham dulu seperti apa prinsipnya. Jika tidak paham prinsip investasi, sebaiknya jangan memulai karena bisa jadi Anda hanya terbawa tren dan tidak berinvestasi dengan baik. Berikut adalah 5 prinsip penting yang harus diingat jika ingin menjadi investor yang cerdas:


1. Miliki Tujuan Investasi


Pertama-tama, Anda harus selalu memiliki tujuan investasi. Untuk apa dana tersebut Anda investasikan? Tujuan apa yang ingin dicapai dari hasil investasi tersebut? Ini sangat penting untuk Anda ketahui sejak awal sebelum memulai investasi. Pada akhirnya investasi tersebut harus bisa memberikan manfaat kepada Anda jadi memang harus ditentukan dulu apa tujuan awalnya. 


Setiap orang berhak menentukan tujuan investasi mereka. Jangan asal terbawa tren investasi, lakukan investasi karena Anda memang punya tujuan finansial yang ingin dicapai. Tujuan investasi ini juga akan mempermudah Anda untuk memilih instrumen yang akan dipakai. Misalnya, Anda ingin berinvestasi untuk persiapan dana pensiun berarti letakkan dana ke instrumen yang sifatnya jangka panjang seperti saham. 


Saat memiliki target dan tujuan investasi, maka Anda juga bisa menentukan berapa banyak uang yang harus diinvestasikan secara rutin. Anda juga bisa membuat perhitungan profit yang bisa didapat lalu jangka waktu investasi yang harus ditempuh agar target terpenuhi. 


2. Selalu Pahami Profil Risiko


Pastikan untuk mengenali profil risiko Anda sendiri sebelum mulai investasi. Ini juga sangat penting dan menjadi salah satu prinsip investasi yang tidak boleh ditawar. Pilihlah instrumen investasi yang paling sesuai dengan profil risiko Anda. Jika memang profil risiko Anda rendah maka pilih instrumen yang risikonya rendah begitu juga sebaliknya. 


Perlu dipahami bahwa setiap jenis instrumen investasi memiliki peluang profit yang berbeda-beda. Profit yang diberikan sepadan dengan risikonya. Jadi semakin tinggi peluang profit maka semakin tinggi juga risikonya. Anda jangan hanya melihat potensi profitnya tapi perhatikan juga risikonya. Jangan ambil investasi yang risikonya tinggi padahal profil risiko Anda masuk ke konservatif. 


Pexels


3. Gunakan Uang Dingin


Ingat baik-baik, jangan pernah memakai uang panas untuk investasi. Pakailah uang dingin untuk diinvestasikan ke instrumen yang tepat. Uang dingin merupakan uang yang tidak Anda gunakan dan bukan merupakan hasil utang. Jenis uang seperti ini paling cocok untuk diinvestasikan karena tidak memiliki beban apapun dan bebas untuk digunakan. 


Nilai investasi Anda bisa jauh lebih besar jika Anda menggunakan uang dingin. Bayangkan saja jika Anda memakai uang hasil pinjaman, profit investasi tidak akan terasa karena habis untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Lain halnya jika Anda menggunakan uang dingin, profit investasi benar-benar bisa dinikmati sesuai tujuan finansial Anda. 


4. Lakukan Manajemen Risiko


Seorang investor yang cerdas akan selalu ingat untuk melakukan manajemen risiko. Dalam setiap jenis langkah investasi pasti akan selalu ada risiko jadi Anda harus bersiap untuk hal tersebut. Setiap investor bisa menyusun manajemen risiko masing-masing sesuai kemampuan finansial dan aset atau instrumen investasi yang dimiliki. 


Manajemen risiko akan membantu Anda menyesuaikan jenis investasi dengan kondisi finansial yang dialami saat ini. Di sini Anda juga bisa mencegah terjadinya kerugian yang terlalu besar. Anda tahu kapan harus berhenti dan kapan harus melanjutkan langkah investasi sesuai risiko yang bisa dihadapi. 


5. Terapkan Diversifikasi


Demi mengoptimalkan profit investasi, Anda sangat disarankan untuk melakukan diversifikasi. Diversifikasi investasi juga menjadi prinsip penting yang diikuti oleh para investor sukses. Diversifikasi merupakan langkah meletakkan dana ke berbagai jenis instrumen investasi. Jadi Anda tidak hanya menyimpan dana di satu jenis instrumen. 


Jika Anda hanya mengandalkan satu jenis instrumen, maka saat instrumen tersebut nilainya turun Anda akan merugi. Namun jika Anda punya cadangan instrumen lain maka ada peluang profit yang bisa diharapkan. Itulah mengapa penting untuk memiliki pengetahuan yang memadai tentang jenis Reksadana dan aset atau instrumen investasi lain supaya bisa lebih mudah diversifikasi. 


Mulai Investasi Reksadana bersama digibank by DBS


Mari mulai terapkan prinsip-prinsip penting investor cerdas tadi dan dapatkan profit yang optimal demi mencapai tujuan finansial Anda. Bersama digibank by DBS Anda bisa mulai berinvestasi lewat aset Reksadana. Cara investasi Reksadana di sini sangat mudah. Anda juga bisa menikmati beberapa keuntungan berikut ini:


  • Bisa investasi dengan modal terjangkau mulai dari Rp100 ribu. 
  • Pembelian Reksadana secara berkala sangat mudah dan nominalnya fleksibel. 
  • Terdapat 3 fitur kategori Reksadana yaitu scoring terbaik, terpopuler dan kinerja terbaik 
  • Ada lebih dari 50 jenis produk Reksadana. 
  • Transaksi sangat praktis melalui Aplikasi digibank by DBS


Ada banyak jenis Reksadana yang bisa Anda temukan di Aplikasi digibank by DBS. Segera susun strategi investasi Anda dan jangan ragu untuk memulai. Semakin cepat memulai investasi maka akan semakin cepat target finansial Anda tercapai. 


Tidak ada alasan untuk menunda. Anda bisa menjadi investor cerdas dan sukses mulai dari sekarang bersama Aplikasi digibank by DBS. Cara investasi Reksadana sangatlah mudah. Langsung saja klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

>