Kategori Berita

ZMedia

Ini Alasannya Mengapa Kamu Harus Memiliki Asuransi Mobil 

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 23 Februari 2023

 

asuransi mobil

Beberapa orang mungkin masih belum begitu tertarik karena masih belum menemukan alasan harus memiliki asuransi mobil yang pas. Padahal kenyataannya asuransi seperti ini banyak menawarkan manfaat. Meski tentu harus tepat waktu dalam membayar polis. 


Apalagi bagi yang memiliki resiko lebih atas pekerjaan yang menggunakan mobil sebagai kendaraannya. Maka dari itu kali ini akan diulas mengenai beberapa alasan mengapa harus memiliki asuransi. Meski tentu hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan. 


Alasan Kenapa Harus Memiliki Asuransi Mobil


Jadi kali ini akan disebutkan mengenai beberapa hal yang mengharuskan atau sebagai alasan seseorang harus memiliki asuransi. Entah itu dari segi manfaat yang akan didapatkan atau hal lainnya. Untuk lebih jelas, berikut ulasannya:


1. Mendapatkan Perlindungan Kendaraan Dan Resiko Kecelakaan


Alasan pertama yang dapat membuat lebih yakin untuk memiliki asuransi adalah mendapatkan perlindungan kendaraan dan juga kecelakaan. Semua orang tentunya tahu tentang resiko dari kecelakaan ini. Dimana musibah ini bisa kapan saja terjadi. 


Dengan membeli asuransi, maka saat hal tersebut terjadi, pihak asuransi dapat mengcover biaya yang dikeluarkan. Meski tentunya harus melakukan proses klaim terlebih dahulu. Tapi setidaknya biaya perbaikan mobil akibat kecelakaan akan ditanggung pihak asuransi. 


2. Akan Mendapatkan Proteksi Saat Mobil Dicuri


Kemudian manfaat selanjutnya yang juga menjadi alasan adalah mendapatkan proteksi saat mobil dicuri. Ini akan sangat berguna bagi yang berada di wilayah rawan. Namun tentunya manfaat ini akan didapatkan disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. 


Untuk mendapatkan proteksi ini pun pemegang polis asuransi harus memiliki bukti yang akurat mengenai kejadian tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan rekaman CCTV. Juga bisa digunakan untuk melapor ke pihak yang berwajib.


3. Bebas Dari Tanggungan Pihak Ketiga


Jika saja terjadi kecelakaan, dan di sini pemegang polis yang bersalah, maka tentu ada pertanggungan pihak ketiga. Jika memiliki polis asuransi Mak bisa akan terbebas dari tanggungan ini. Sebab pihak asuransi yang akan mengcovernya. 


Jadi asuransi ini pun bukan hanya memberikan perlindungan pada pemegang polis. Namun juga memberikan pertanggungan pihak ketiga yang terlibat. Meski ini hanya berlaku untuk produk asuransi tertentu. 


4. Memiliki Asuransi Adalah Hal Yang Diwajibkan


Jika di Indonesia sendiri, memiliki asuransi bukanlah hal wajib bagi setiap warganya yang memiliki kendaraan. Namun berbeda dengan negara Eropa salah satunya di Inggris raya. Di sana memiliki asuransi adalah keharusan.


Kecuali apabila sudah menyatakan bahwa mobil yang dikendarai tersebut keluar dari jalur jalan raya. Jadi wajar jika asuransi sangat penting bagi orang di negara tersebut. Karena jika tidak, maka bisa kena tilang. 


Jika sampai ditilang maka nanti akan ada denda yang harus dibayarkan. Lebih-lebih saat sampai masuk ke persidangan maka dendanya pun semakin tinggi dan juga tak terbatas. Berbeda dengan Indonesia yang hanya mengutamakan manfaat asuransi.


Jenis-jenis Asuransi Mobil


jenis-jenis asuransi mobil


Setelah mengetahui alasan harus memiliki asuransi mobil maka kali ini akan diulas mengenai jenis-jenis dari asuransi yang bisa digunakan. Untuk jenis pertama adalah asuransi komprehensif. Dimana dalam asuransi ini akan memberikan perlindungan secara menyeluruh. 


Lalu untuk jenis kedua adalah asuransi yang hanya akan memberi perlindungan pada pihak ketiga, pencurian dan kebakaran saja. Tapi tidak akan menanggung biaya kerusakan saat kecelakaan. Kemudian yang terakhir adalah hanya saat disebabkan oleh pihak ketiga. 


Demikian adalah ulasan mengenai beberapa alasan memiliki asuransi mobil yang harus diketahui. Sedang untuk mengetahui tentang produk-produk asuransi yang lebih spesifik maka bisa lihat website penyedianya. Sehingga informasi yang didapat lebih detail. 

>