Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Langkah Mudah Klaim Asuransi Mobil Jika Terjadi Kecelakaan

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Rabu, 22 Februari 2023

 


cara klaim asuransi mobil
 

Klaim asuransi mobil bisa dilakukan saat mobil mengalami masalah dan butuh perbaikan. Jenis asuransi yang ada berbeda-beda dan penanganan yang dilakukan pun demikian. Untuk menggunakan asuransi, ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi. Dengan memenuhi semua syaratnya, maka asuransi bisa diklaim serta kendaraan dapat diperbaiki. 


Cara Membuat Pengajuan Klaim Asuransi Mobil


Mengalami kecelakaan pastinya akan menimbulkan berbagai dampak termasuk pada mobil. Disinilah asuransi bisa berguna untuk menangani mobil yang rusak tersebut. Dengan adanya asuransi biaya bisa dikurangi dan juga beban penanganan pasca kecelakaan bisa ditekan. Cara yang perlu dilakukan untuk mengambil asuransi adalah:


  • Berikan informasi pada pihak perusahaan asuransi sebelum 24 jam.
  • Berikan data diri berupa nama, saksi, pengemudi lain, dan beberapa data lainnya.
  • Tulis apa saja kerusakan yang dialami dan bisa juga disertai bukti foto.
  • Periksa kembali dokumen yang dikirimkan, mungkin korban tersebut bisa mendapat kendaraan pengganti atau beberapa keringanan lainnya. 


Itu adalah tata cara klaim asuransi mobil bila terjadi kerusakan karena kecelakaan. Setelah ada laporan, biasanya pihak perusahaan meminta mobil dibawa ke garasi untuk dilihat. 


Waktu yang Dibutuhkan Untuk Klaim Asuransi 


berapa lama proses klaim asuransi mobil


Sebenarnya, lama dan sebentarnya proses klaim asuransi tergantung dari kasus kecelakaan itu sendiri. Jika pihak lain mengaku melakukan kesalahan dan membuat kecelakaan tersebut, maka asuransi bisa cepat dicairkan. 


Namun Jika masih belum ada yang mengaku bersalah dan masih dilakukan penyelidikan, dana asuransi akan ditahan terlebih dahulu. Untuk itu, persiapkan bukti agar nanti saat diperlukan bisa digunakan. 


Apalagi jika kasusnya lebih rumit, pihak perusahaan asuransi bisa menghubungi saksi lain yang melihat kejadian tersebut. Itulah penyebab lama proses pencairan asuransi tidak sama. 


Sebaiknya Melakukan Klaim Asuransi Atau Tidak?


Pastinya setiap orang memiliki pemikiran masing-masing untuk menggunakan asuransi mobilnya atau tidak. Itu semua tergantung dari banyaknya faktor yang menyebabkan asuransi ingin di klaim atau tidak. Biaya asuransi pastinya akan sangat membantu apalagi jika kerusakan yang dialami sangat berat dan juga memakan banyak dana. Untuk itu, jika dirasa biaya sudah sangat besar bisa saja langsung gunakan asuransi. 


Tidak masalah juga jika dinilai kerusakan yang didapat hanya ringan dan tidak memerlukan klaim asuransi mobil. Namun, jika tidak menggunakan asuransi mobil maka pemegang asuransi tetap harus melaporkan pada pihak perusahaan atas kerusakan yang ada. 


Apakah Pengajuan Klaim Asuransi Mengurangi Bonus Tanpa Klaim?


Jika terbukti bersalah dalam sebuah kecelakaan, maka bisa saja bonus klaim bisa dikurangi. Klaim juga bisa mengurangi poin jika tidak bersalah, namun terjebak dan tidak bisa melakukan klaim terhadap asuransi mobil pelaku. 


Apabila klaim dilakukan dengan status bukan kesalahan, maka tidak akan mempengaruhi bonus poin. Intinya, ada banyak kondisi dimana klaim asuransi mobil bisa mengurangi bonus poin yang sudah dikumpulkan. 


Apakah Melakukan Klaim Kecelakaan Bisa Meningkatkan Premi?


Biasanya, klaim asuransi kecelakaan juga akan berdampak dengan meningkatnya premi. Itu semua terlepas dari siapa yang salah, penyebab kecelakaan, dan hal lainnya. 


Kenaikan premi disebabkan karena pihak perusahaan beranggapan bahwa setelah terjadi kecelakaan, mungkin saja akan terlibat di kecelakaan kain. Itulah yang menyebabkan naiknya premi setiap melakukan klaim asuransi karena kecelakaan. 


Itulah beberapa informasi mengenai klaim asuransi mobil mulai dari cara melakukan klaim, kenaikan premi, dan lainnya. Asuransi memang diperlukan, namun sebaiknya berhati hati selama berkendara untuk menjaga keamanan penumpang di dalamnya. 

>