Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Rekomendasi Jasa Pengiriman Barang ke Dalam Negeri (Impor)

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Sabtu, 11 Februari 2023


 

Di Era yang serba digital ini, kebutuhan hidup banyak orang semakin kompleks. Banyak orang memikirkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa harus mengabaikan kualitas produk. Alhasil, banyak orang mengandalkan barang impor untuk memenuhi ekspektasinya, baik perorangan maupun para pengusaha besar untuk memperoleh bahan baku.


Bukan semata-mata karena kualitas, para pebisnis mendatangkan barang dari luar negeri juga memiliki alasan lainnya. Misalnya, harga barang dari luar negeri tergolong lebih murah dari harga lokal atau memang barang yang dibutuhkan tidak tersedia di dalam negeri. Karenanya, impor barang perlu dilakukan, meski membutuhkan proses yang cukup panjang.


Prosedur yang dilakukan untuk pengiriman barang ke dalam negeri perlu ketelitian dan kehati-hatian, terlebih jika pebisnis merupakan pemain baru dalam perdagangan ekspor impor. Maka dari itu, sebelum memulainya, diperlukan pemahaman mengenai pengiriman barang ke dalam negeri agar setiap tahapnya dapat dilalui dengan lancar. Mari simak penjelasan cara kirim barang ke dalam negeri (impor) agar tidak salah langkah!


Bagaimana Proses Pengiriman Barang ke Dalam Negeri (Impor)?


Sebelum melakukan pengiriman barang ke dalam negeri, penting untuk mempersiapkan terlebih dahulu segala dokumen yang disyaratkan. Dokumen yang perlu disiapkan sesuai dengan persyaratan yang diatur oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, yaitu meliputi NPWP, TDU, SIUP, API, NIK atau SRP, TDI/IUI, dan surat rekomendasi teknis. Setelah dokumen dipersiapkan, berikut langkah-langkah yang perlu dijalani:


1. Penentuan barang yang akan di impor


Setelah dokumen dipersiapkan, selanjutkan segera tentukan barang yang akan menjadi komoditas impor. Barang yang bisa menjadi komoditas impor ini harus sesuai dengan standar atau peraturan Kemendag. Hal ini dapat diketahui melalui website resmi Kementerian Perdagangan.


Setiap jenis barang memiliki regulasi berbeda-beda pada setiap negara tujuan. Karenanya, sebelum mengirim barang ke dalam negeri, ketahui terlebih dahulu jenis barang apa yang akan dibeli. Begitu juga dengan volume dan dimensi barang yang mempengaruhi proses perdagangan impor. Sehingga, selain mengetahui jenis barang, penting juga untuk memastikan ukuran barang. 


2. Pahami prosedur impor


Prosedur impor juga perlu dipahami dengan cermat, seperti berikut:

Memastikan legalitas barang dan perizinan dari pemerintah dalam maupun luar negeri.

Pastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah siap dan lengkap.

Mengetahui biaya bea masuk dan pajak impor.


3. Memilih jasa pengiriman barang


Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih jasa pengiriman barang ke dalam negeri (freight forwarder) yang tepat dan profesional. Sebab, freight forwarder bukan hanya berperan dalam membantu pengiriman barang saja. Tugasnya juga meliputi pengurusan dan pemenuhan segala persyaratan dokumentasi hingga pengurusan kepabeanan.


Bahkan, freight forwarder juga mengurusi seluruh kebutuhan logistik, negosiasi tarif angkut, klaim asuransi, distribusi barang ke alamat tujuan. Sehingga, penting untuk pengusaha memilih freight forwarder yang sudah memiliki pengalaman dan terpercaya.


4. Mengetahui cara pengiriman barang yang sesuai


Ada beragam cara pengiriman barang impor, di antaranya ocean freight (melalui laut) dan air freight (melalui udara). Keduanya memiliki perbedaan lama waktu pengiriman. Cara mana yang akan dipilih, sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika barang yang akan dikirim ke dalam negeri berukuran besar dan jumlah yang banyak, tetapi tidak butuh waktu cepat, ocean freight bisa menjadi solusi. 


5. Pembayaran biaya pengiriman


Setelah langkah-langkah di atas sudah dijalani, selanjutnya tinggal menjumlahkan seluruh biaya. Barulah kemudian menentukan cara pembayarannya. Biasanya jasa freight forwarding sudah menghitung langsung biaya pengiriman Namun, untuk hal ini, freight forwarder perlu data yang akurat, mulai dari ketentuan perdagangan, hingga bobot dan dimensi barang.


Jika biaya sudah dikonfirmasi, terms of trade dari supplier sudah didapat, dan jumlah biaya-biaya terkait pengiriman sudah deal dibayarkan, pembayaran kepada supplier bisa langsung dilakukan. Caranya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kesepakatan, mulai dari transfer bank, kartu kredit, Letter of Credit (L/C), wesel inkaso, dan sebagainya


6. Menentukan jadwal pengiriman barang


Proses yang tidak kalah penting dari cara impor barang dari luar negeri adalah penentuan jadwal pengiriman barang. Informasi ini menjadi hal yang krusial untuk diketahui. Tujuannya, agar proses pengiriman bisa dilacak dan memastikan barang yang dikirim dalam keadaan aman hingga sampai ke tujuan yang tepat.


Andalin Sebagai Jasa Pengiriman Barang ke Dalam Negeri


Memilih jasa pengiriman barang ke dalam negeri yang tepat memang perlu kehati-hatian. Salah pilih freight forwarder, bisa jadi barang yang akan diimpor justru tidak sampai tujuan dengan selamat. Penting untuk memilih freight forwarder terpercaya dan berpengalaman seperti Andalin.

 

Sejak didirikan pada 2016 silam, Andalin masih mempertahankan posisinya sebagai perusahaan freight forwarding unggulan. Namanya sudah sangat dikenal baik di kalangan eksportir dan importir besar tanah air maupun luar negeri. Jaringan yang dimiliki Andalin dalam bidang bisnis ekspor impor sangat luas dan kokoh.


Andalin telah membantu ratusan klien dari berbagai perusahaan besar dan multinasional untuk melakukan pengiriman barang ke dalam dan luar negeri. Perusahaan terkenal, seperti Electrolux, Wingsfood, Baskin Robbins, Fuji Seal International, Sinarmas, dan masih banyak lagi, pernah menggunakan jasa freight forwarder yang satu ini.


Pengalaman Andalin sebagai jasa kirim barang impor dan ekspor sudah cukup matang, meski perjalanan Andalin belum sampai berpuluh-puluh tahun dalam bidang ini. Hal ini karena tim Andalin mampu mengembangkan infrastruktur logistik yang kokoh, serta memiliki jaringan global yang masih terus mempercayakan jasanya. Andalin juga unggul karena telah memiliki platform digital untuk mempermudah kliennya dalam melakukan pengiriman barang ke dalam negeri maupun luar negeri. 


Saat ini, Andalin telah melakukan ekspansi ke beberapa wilayah di Indonesia, di antaranya Surabaya dan Semarang. Hal ini dilakukan guna memperluas bidang bisnis dan target kliennya. Dengan begitu, layanan freight forwarding miliknya juga senantiasa bisa dinikmati oleh lebih banyak lagi klien di kota-kota tersebut.


Jasa yang Ditawarkan Andalin


Andalin sendiri sebenarnya memiliki 5 layanan, yaitu Andalin Shipping, Andalin Flex, Andalin Protect, Andalin Agency dan Andalin Trade Service. Untuk jasa kirim barang impor, Andalin Shipping menawarkan 4 layanan unggulan, yaitu pengangkutan laut, pengangkutan udara, project shipment, dan Andalin GET yang merupakan produk teranyarnya. Dengan Andalin GET para eksportir dapat dengan mudah mengatasi kelangkaan pengiriman laut jenis Full Container Load (FCL) dengan beralih ke jenis Less than Container Load (LCL).


Jasa yang ditawarkan Andalin ini bisa diakses secara digital melalui aplikasi Andalin Go. Pada platform digitalnya, Andalin menggabungkan layanan pengiriman, pengurusan bea cukai, klaim asuransi, dan yang termasuk tugas freight forwarder lainnya, di dalam satu aplikasi. Sehingga, para penggunanya dapat dengan mudah menentukan sendiri jadwal pengiriman hingga negosiasi harga secara instan di aplikasi tersebut.


Platform digital Andalin Go bisa diunduh di Play Store. Untuk memulai aplikasinya, penggunanya hanya perlu login dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan di website Andalin. Sementara, untuk melakukan pengiriman barang, para penggunanya tinggal memilih opsi “request quotation”. Kemudian, ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga mendapatkan harga dan menyelesaikan transaksi.


Jika pengiriman sudah berjalan, pemantauan status barang bisa dilakukan secara real time melalui opsi “track shipment” pada aplikasi. Untuk berkonsultasi secara langsung dengan tim ahli Andalin guna membicarakan detail teknis operasional pengiriman, bisa dilakukan melalui fitur “chat”. Lebih jauh lagi, aplikasi ini juga merangkum seluruh transaksi pengiriman barang pelanggan dalam satu tampilan dasbor yang bisa diakses secara mudah.


Dengan peluncuran aplikasi Andalin Go, pelayanan yang diberikan Andalin menjadi semakin luas dan mudah dijangkau banyak pebisnis. Diluncurkannya aplikasi ini juga bertujuan untuk memangkas proses birokrasi logistik yang cukup rumit. Selain itu, tentu saja guna meningkatkan efisiensi ekspor dan impor di Indonesia. Harapannya, para pengguna jasa freight forwarding dari Andalin dapat senantiasa meningkatkan profit pada bisnisnya dengan tetap menghemat waktu dan tenaga, serta bisa melakukan pengiriman barang ke dalam negeri maupun luar negri kapanpun dibutuhkan.


>