Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Mengenal Apa Itu Software ERP, Fitur-fitur, dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Jumat, 24 Februari 2023


Berkembangnya bisnis di Indonesia, tentu tak lepas dari kehadiran ERP dengan berbagai manfaatnya untuk mempermudah berbagai aktivitas bisnis yang ada. Enterprise Resource Planning (ERP) sendiri adalah sebuah sistem perangkat lunak yang sangat penting bagi perusahaan modern. 


Dengan kemampuannya untuk mengintegrasikan dan mengelola berbagai fungsi bisnis seperti keuangan, persediaan, produksi, SDM, dan lainnya. Nah, pada artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang sistem ERP, cara kerjanya, dan manfaatnya bagi perusahaan.


Apa Itu Software ERP?


ERP (Enterprise Resource Planning) adalah jenis perangkat lunak untuk bisnis yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan dalam mengelola berbagai aspek operasional mereka secara terintegrasi dan terkoordinasi. ERP terdiri dari berbagai modul aplikasi yang saling terhubung dan memungkinkan perusahaan untuk mengelola semua proses bisnis mereka dari satu tempat yang terpusat.


Setiap modul aplikasi dalam sistem ERP dirancang untuk mengelola aspek bisnis yang berbeda-beda, seperti persediaan, produksi, keuangan, pemasaran, penjualan, dan sumber daya manusia. Dalam sistem ERP, setiap modul ini saling terhubung dan berbagi data dalam waktu yang bersamaan, sehingga perusahaan dapat memantau dan mengelola semua aspek bisnis mereka secara terintegrasi.


Bagaimana Software ERP Bekerja?



Nah, sistem ERP sendiri bekerja dengan mengumpulkan data dari berbagai departemen dalam perusahaan dan mengintegrasikannya menjadi satu sistem yang terpusat. Data tersebut kemudian diproses dan disajikan dalam bentuk informasi yang dapat digunakan oleh manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.


Secara umum, sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan mengurangi biaya operasional dan mempercepat pengambilan keputusan. Sistem ERP juga memungkinkan perusahaan untuk memiliki visibilitas yang lebih baik terhadap operasi bisnis dan mendorong kolaborasi antara departemen yang berbeda.


Apa Saja Fitur-fitur dalam Software ERP?


Software ERP dilengkapi dengan beragam fitur dan modul yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa fitur yang umumnya terdapat dalam perangkat lunak ERP:


  1. Manajemen keuangan: modul ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola anggaran, arus kas, pembayaran, hutang, piutang, dan laporan keuangan.
  2. Manajemen persediaan: modul ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola stok barang, pemesanan, dan pemenuhan pesanan pelanggan.
  3. Manajemen produksi/manufaktur: modul ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola proses produksi, rencana produksi, pengaturan mesin dan peralatan, dan lainnya.
  4. Manajemen SDM: modul ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola data karyawan, rekrutmen, pelatihan, absensi, gaji, dan lainnya.
  5. Manajemen proyek: modul ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola proyek, menetapkan anggaran, mengalokasikan sumber daya, dan memonitor kemajuan proyek.
  6. Manajemen hubungan pelanggan (CRM): modul ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan, mengelola basis data pelanggan, dan memantau penjualan dan pemasaran.
  7. Analitik dan laporan: modul ini memungkinkan perusahaan untuk membuat laporan keuangan, laporan inventaris, dan laporan kinerja lainnya.
  8. Integrasi sistem: fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan perangkat lunak ERP dengan sistem lain yang digunakan dalam perusahaan.
  9. Aksesibilitas: perangkat lunak ERP umumnya dapat diakses dari berbagai perangkat dan lokasi, termasuk komputer desktop, tablet, dan ponsel pintar.
  10. Modul Software Procurement: digunakan untuk mengelola proses pengadaan dan pengembangan perangkat lunak. Modul ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan memantau siklus hidup perangkat lunak, mulai dari permintaan pengadaan hingga pengembangan, pengujian, implementasi, dan pemeliharaan.

Fitur-fitur ini dapat bervariasi tergantung pada sistem ERP yang digunakan dan kebutuhan bisnis perusahaan. Namun, secara umum, sistem ERP dirancang untuk mengintegrasikan dan mengelola berbagai fungsi bisnis dalam satu sistem terpusat.


Manfaat Menggunakan ERP Bagi Bisnismu


Untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis, menggunakan ERP memiliki beragam manfaat yang bisa didapat, berikut antara lain:


  • Meningkatkan efisiensi: Dengan memanfaatkan fitur otomatisasi dan penggunaan data yang terpusat, ERP dapat membantu perusahaan mengurangi kegiatan yang tidak efisien dan mempercepat proses bisnis.
  • Meningkatkan visibilitas: ERP menyediakan informasi secara real-time yang memungkinkan manajemen dan karyawan mengakses data dan melihat gambaran keseluruhan dari bisnis perusahaan. Ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih tepat.
  • Meningkatkan pengambilan keputusan: ERP memberikan data yang diperlukan untuk membuat keputusan yang lebih baik. Data yang dapat diakses dalam ERP termasuk laporan keuangan, analisis penjualan, dan informasi persediaan.
  • Mengoptimalkan biaya operasional: Dengan mengurangi kegiatan yang tidak efisien, mempercepat proses, dan meningkatkan pengambilan keputusan, perusahaan dapat mengoptimalkan biaya operasional mereka.
  • Meningkatkan kualitas layanan: Dengan meningkatkan efisiensi dan mempercepat proses, perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih baik dan lebih cepat kepada pelanggan.


Dalam era digital yang semakin berkembang, penggunaan software ERP (Enterprise Resource Planning) menjadi semakin penting bagi perusahaan dalam mengelola bisnis mereka. Dengan menggunakan software ERP, perusahaan dapat mengintegrasikan dan mengotomatisasi berbagai fungsi bisnis, mulai dari manajemen sumber daya manusia, keuangan, persediaan, hingga produksi.


Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai hal terkait software ERP, mulai dari definisi dan manfaatnya, hingga faktor-faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih software ERP yang tepat. Dalam memilih software ERP, perusahaan harus mempertimbangkan berbagai hal seperti kebutuhan bisnis, biaya, keamanan, dan dukungan teknis.


Dengan memilih software ERP yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun, perlu diingat bahwa implementasi software ERP bukanlah hal yang mudah dan perusahaan perlu memperhatikan beberapa faktor untuk memastikan keberhasilannya.


Kesimpulannya, software ERP merupakan solusi yang penting bagi perusahaan untuk mengelola bisnis mereka. Namun, perusahaan harus memilih software ERP yang tepat dan memperhatikan faktor-faktor yang terkait dengan implementasinya untuk memastikan kesuksesan penggunaannya.

>