Kategori Berita

ZMedia

Cara Membuat Cappucino Super Mudah dan Praktis

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Rabu, 22 Maret 2023

 


Apakah Anda berencana untuk menjalankan bisnis coffee shop? Jika iya, maka penting sekali untuk memahami cara membuat cappucino yang benar. Cappucino ini adalah salah satu jenis minuman kopi yang banyak diminati. 


Sebenarnya bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cappucino terbilang praktis untuk didapatkan. Anda juga bisa berkreasi sendiri sehingga cappucino yang Anda jual nanti punya daya tarik. 


Apa Itu Cappucino? 


Supaya Anda bisa membuat cappucino, maka harus paham dulu sebenarnya cappucino itu apa. Mungkin saja selama ini Anda hobi minum cappucino tapi tidak tahu definisinya dan tidak tahu seperti apa takaran kopi yang digunakan untuk membuat minuman tersebut. 


Cappucino adalah minuman kopi susu yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Jenis minuman kopi ini sangat digemari karena punya rasa yang jauh lebih light atau ringan dibandingkan kopi hitam atau espresso. 


Cappucino adalah jenis minuman yang terdiri dari espresso dan foaming milk. Kedua bahan tersebut memiliki perbandingan yang sama sehingga bisa menghasilkan cappucino yang enak. Dari sini Anda sudah bisa mengetahui apa saja bahan yang dibutuhkan jika ingin membuat cappucino. 


Cara Membuat Cappucino


Sebenarnya cappucino cukup mudah untuk dibuat dan ini bisa jadi salah satu menu andalan di coffee shop Anda. Pastikan cappucino yang Anda jual memiliki rasa yang enak dan tampilan estetik. Mari cari tahu seperti apa caranya!



1. Siapkan Espresso


Pertama-tama Anda harus membuat espresso terlebih dahulu karena ini adalah bahan utama untuk meracik cappucino. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut untuk meracik espresso:


  • Panaskan air sampai suhunya 90 derajat celcius kemudian diamkan 1-2 menit. 
  • Giling biji kopi 18-20 gram. 
  • Gunakan mesin press kopi untuk menghasilkan espresso. 
  • Jika Anda memakai press kopi maka gunakan takaran 60 ml air dan 18 g kopi. 
  • Jika Anda menggunakan mesin aeropress maka rasio air dan kopinya adalah 1:3. 
  • Tuang espresso ke cangkir. 


Anda sekarang bisa mendapatkan espresso yang siap seduh. Jadi tidak perlu melalui proses penggilingan biji kopi. Pilih produk espresso yang berkualitas supaya rasa cappucino yang dihasilkan lebih enak. 


2. Buat Foaming Milk


Lanjut buat foaming milk karena ini juga jadi salah satu kunci penting untuk menghasilkan cappucino yang enak. Di sini Anda bisa menggunakan Omela Foaming Milk Professional yang rasanya enak dan teksturnya pas untuk membuat cappucino. Produk foaming milk yang satu ini sangat mudah untuk digunakan. 


Omela Foaming Milk Professional ini bisa Anda dinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika ingin membuat cappucino, Anda bisa meletakkan Omela Foaming Milk Professional di kulkas lalu keluarkan saat ingin dipakai. Teksturnya pas dan Anda tidak perlu ribet membuat foaming milk dari susu cair. 


3. Racik Cappuccino Anda


Selanjutnya tinggal racik cappucino Anda. Silakan tuang foaming milk tadi ke espresso secara perlahan-lahan. Jangan sampai terlalu penuh supaya nanti tidak meluber kemana-mana. Kalau sudah ditambahkan foaming milk maka bisa ditaburi topping. Anda bisa memakai serbuk kayu manis sebagai topping supaya terlihat lebih estetik dan rasanya juga lebih enak. 


Kenapa Omela Foaming Milk Professional?


Omela Foaming Milk Professional sangat direkomendasikan bagi Anda yang hobi menikmati cappucino dan bisa digunakan jika Anda ingin berbisnis coffee shop. Susu foam satu ini memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Omela Foaming Milk Professional:


1. Shelf Life yang Panjang


Pertama dan utama, Omela Foaming Milk Professional memiliki keunggulan dari sisi umur simpang (shelf life). Hal ini karena Omela Foaming Milk dibuat dari fresh milk, sehingga dapat bertahan hingga 9 bulan lamanya. Tentunya, akan sangat cocok untuk pebisnis coffee shop. 


2. Memiliki Hasil Foam yang Pas


Produk Omela ini memiliki hasil foam yang sangat pas. Teksturnya pas untuk dijadikan sebagai bahan racikan cappucino. Selain itu foaming milk ini juga terlihat tebal dan berkilau. Teksturnya pun lembut dan bisa bertahan stabil sampai 30 menit. 


3. Cita Rasanya Pas


Dari segi rasa, Omela Foaming Milk Professional ini juga punya cita rasa yang pas. Manisnya tidak terlalu manis dan teksturnya creamy. Produk ini juga tidak memakai gula tambahan jadi memang memberi cita rasa yang enak. 


4. Warnanya Cantik


Salah satu daya tarik cappucino adalah tampilannya. Foaming milk yang digunakan harus punya tampilan yang cantik dan menarik. Omela Foaming Milk Professional ini memiliki foam yang warnanya pas, tidak terlalu putih tapi juga tidak gelap. Dari segi estetika bisa setara dengan cappucino yang dijual di coffee shop. 


5. Bisa Disimpan di Suhu Ruang


Omela Foaming Milk Professional juga sangat praktis untuk disimpan. Penyimpanannya bisa dilakukan di suhu ruang selama segelnya belum dibuka. Jika ingin menggunakannya, Anda bisa menyimpan Omela Foaming Milk Professional di lemari es terlebih dahulu. 


6. Harganya Terjangkau


Kelebihan lain dari Omela Foaming Milk Professional adalah harganya terjangkau, mulai dari RP 16,500. Ini bisa jadi pilihan tepat jika Anda baru memulai bisnis coffee shop. Modal untuk membuat cappucino bisa diminimalkan jadi margin keuntungan bisa lebih besar. 


Tunggu apa lagi? Langsung saja praktikkan cara membuat cappucino pakai Omela Foaming Milk Professional tadi! Caranya mudah sekali dan Anda bisa mulai meracik cappucino yang enak untuk disajikan kepada pelanggan. Membuat minuman memang #palingpasdenganOmela!

>