Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save (Simpan Otomatis) di Microsoft Word

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Sabtu, 11 Maret 2023

 


Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer dan sering digunakan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur berguna yang dapat membantu memudahkan pengguna dalam membuat dan mengedit dokumen, salah satunya adalah fitur Auto Save atau Simpan Dokumen Otomatis


Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu dan frekuensi simpan otomatis dokumen yang sedang di kerjakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengaktifkan fitur Auto Save di Microsoft Word.


  1. Buka dokumen yang ingin Anda kerjakan di Microsoft Word.
  2. Klik pada tab "File" yang berada di pojok kiri atas layar.
  3. Pilih "Options" pada menu di sebelah kiri.
  4. Pada jendela "Word Options" yang muncul, pilih "Save" pada menu di sebelah kiri.
  5. Pada bagian "Save Documents" di bawah "Save AutoRecover Information", pilih opsi "Save AutoRecover information every X minutes".
  6. Setelah itu, masukkan waktu interval dalam menit untuk menyimpan dokumen secara otomatis, misalnya setiap 5 menit. Anda juga dapat memilih opsi "Keep the last autosaved version if I close without saving" untuk menyimpan versi terakhir dari dokumen jika Anda keluar dari aplikasi tanpa menyimpan dokumen terlebih dahulu.
  7. Klik "OK" untuk menyimpan perubahan.


Setelah fitur Auto Save diaktifkan, Word akan secara otomatis menyimpan dokumen Anda dalam waktu yang ditentukan. Hal ini akan sangat membantu jika terjadi gangguan seperti listrik padam atau crash aplikasi yang dapat menyebabkan kehilangan data.


Namun, meskipun fitur Auto Save sangat membantu, ini tidak berarti bahwa Anda tidak perlu melakukan simpan manual secara berkala. Tetap disarankan untuk menyimpan dokumen Anda secara manual pada interval waktu tertentu. Anda juga dapat memilih lokasi penyimpanan untuk file, termasuk penyimpanan cloud seperti OneDrive atau SharePoint untuk memudahkan akses dokumen di berbagai perangkat.


Dalam kesimpulan, fitur Auto Save di Microsoft Word dapat membantu pengguna untuk menghindari kehilangan data akibat gangguan teknis. Aktivasi fitur Auto Save sangat mudah dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. 


Selalu disarankan untuk mengaktifkan fitur ini dan melakukan penyimpanan manual secara berkala untuk memastikan keamanan dokumen Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menggunakan Microsoft Word dengan lebih efektif.


Baca selanjutnya: 

5 Aplikasi Penambah Memori dengan Kapasitas Besar

>