Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Mengenal e-Learning: Belajar Interaktif Berbasis Internet

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Jumat, 10 Maret 2023


Mengenal e-Learning: Belajar Interaktif Berbasis Internet

e-Learning merupakan terobosan di era digital yang tidak hanya memberikan kesan positif bagi para pelajar tapi juga pada tenaga pendidik. Kedatangannya cukup memberikan solusi untuk tetap dapat mengakses media pembelajaran dengan lebih mudah dan dikemas dengan sangat menyenangkan.


Pengertian e-Learning


e-Learning merupakan gabungan dari electronic dan learning. Singkatnya, e-learning adalah sistem kegiatan belajar mengajar yang menggunakan media elektronik dan dapat diakses secara daring.


Jenis e-Learning


Clark dan Mayer pada Klinger (2008:179) mengklasifikasikan e-Learning menjadi dua jenis, yakni : 


1. Pelajaran Sinkron


Jenis pelajaran ini adalah dimana guru dan murid hadir di waktu yang sama sesuai dengan jadwal pelajaran. 


Contoh dari kegiatan pelajaran sinkron (synchronous e-Learning) adalah pelajaran daring yang dilakukan menggunakan video konferensi, percakapan atau diskusi online maupun video real time.


2. Pelajaran Asinkron


Sedangkan pelajaran asinkron memungkinkan guru dan murid untuk melakukan kegiatan belajar di waktu yang berlainan. 


Contoh dari kegiatan pembelajaran ini adalah di mana guru memberikan paket materi dalam file tertentu, bisa berupa file daring, email maupun tugas dalam situs blog. 


Media Digital dari IndiHome sebagai Tambahan Materi Belajar dari Internet bagi Anak


Saat ini, IndiHome dari Telkom Indonesia adalah salah satu internet service provider dengan layanan yang lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Jadi, kalau Anda jadi pengguna internet cepat IndiHome, Anda bisa menyediakan berbagai materi belajar tambahan untuk anak.


Beberapa media digital yang tersedia, antara lain: 


  • IndiHome Edukasi adalah layanan yang menawarkan akses online ke konten pendidikan dari SD hingga SMA, yang memungkinkan anak bisa mengakses materi belajar kapan saja. Fitur yang tersedia, seperti video pembelajaran, latihan soal, dan ulangan online.
  • IndiHome Study dirancang khusus untuk memudahkan proses belajar anak. Fitur-fitur yang ada dalam layanan ini antara lain Online Class, Virtual Library, dan Online Exam.
  • Fitur Online Class dalam IndiHome Study memungkinkan anak dapat mengikuti kelas online dengan mudah melalui layanan video conference. 
  • Fitur Virtual Library yang ada pada IndiHome Study akan membantu anak mengakses berbagai buku dan materi pembelajaran secara online. 
  • Fitur Online Exam memungkinkan anak-anak untuk melakukan ujian secara online dan mengetahui hasilnya dengan cepat.
  • IndiHome Kids adalah layanan yang menyediakan konten edukasi berbentuk video pembelajaran, lagu anak, dan permainan edukasi. Dalam IndiHome Kids, para orang tua dapat memantau aktivitas belajar anak-anak dengan mudah dan memastikan mereka mendapatkan konten edukasi yang sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka.


Selain media digital di atas, pelanggan IndiHome juga bisa mendapatkan akses untuk mengikuti proses belajar di platform belajar online. Beberapa platform pembelajaran online yang direkomendasikan salah satu situs teknologi, antara lain Zenius, Ruangguru, Khan Academy, dan masih banyak lagi. 


Penggunaan e-Learning sebagai salah satu cara pembelajaran tidak hanya memberikan pengalaman yang berbeda, menarik dan berkesan bagi anak-anak. Namun juga memberikan kesempatan kepada orang tua untuk membantu anaknya belajar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket bundling IndiHome, bisa langsung Anda cek di website IndiHome.


>