Kategori Berita

ZMedia

Seberapa Penting Insight Pelanggan Baru Perusahaan Retail?

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Jumat, 31 Maret 2023


Pelanggan perusahaan retail adalah pelanggan yang memiliki bisnis dengan melibatkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah eceran memiliki pengaruh yang besar dalam penyebaran produk perusahaan kepada konsumen. Jika perusahaan mampu menambah pelanggan retail, maka perusahaan pun dapat meningkatkan penjualan. Maka dari itu, perusahaan tidak boleh melewatkan insight dari pelanggan retail terutama pelanggan baru.


Insight dalam bisnis merupakan proses mencari tahu secara lebih dalam mengenai latar belakang perbuatan, pemikiran, dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan komunikasi iklannya sehingga nantinya akan bermanfaat bagi perusahaan. 


Insight pelanggan terutama pelanggan baru sangat penting untuk dianalisis oleh perusahaan agar perusahaan dapat menentukan peluang bisnis baru melalui penyesuaian produk yang lebih dibutuhkan, lebih diinginkan, serta lebih dinantikan oleh pelanggan. Dengan bertambahnya pelanggan baru, maka proses analisis insight pelanggan juga harus dilakukan kembali agar hasil analisis dapat sesuai dan tepat sasaran.


Beberapa alasan mengapa insight pelanggan baru perusahaan retail penting adalah : 


1. Dapat Meningkatkan Performa Perusahaan 


Data yang didapatkan dari pelanggan perusahaan retail dapat membantu perusahaan untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan sehingga dapat membantu perusahaan untuk terus meningkatkan performanya demi memberikan yang terbaik kepada pelanggan. 


2. Dapat Meningkatkan Jumlah Pelanggan Loyal


Pelanggan baru terkadang tidak dapat diprediksi apakah akan menjadi pelanggan yang loyal kepada perusahaan atau hanya melakukan percobaan. Dengan menggunakan Insight, maka perusahaan dapat mengetahui cara untuk menjadikan pelanggan tersebut menjadi pelanggan yang loyal dengan memberikan apa yang mereka ekspektasikan di awal. 


3. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan


Pelanggan baru yang merasa bahwa ekspektasinya telah terpenuhi dan memberikan respon baik kepada perusahaan dapat dengan alami mengajak orang sekitarnya untuk menggunakan produk yang sama. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan insight dari pelanggan baru. 


4. Membantu Tim Pemasaran Dalam Membaca Tren Bisnis Saat Ini 


Pelanggan perusahaan ritel yang baru dapat memberikan pandangan dari kacamata pelanggan yang baru mengenai tren yang ada di masyarakat sehingga hal tersebut dapat membantu tim pemasaran untuk membaca tren bisnis dan melakukan pembaruan atau penyesuaian dengan tren yang ada. 


5. Membantu Perusahaan Menyusun Demand Planning Yaitu Ketika Merencanakan dan Menyusun Keinginan Pelanggan 


Keinginan pelanggan dapat berubah dalam rentang waktu satu quarter. Insight yang didapatkan dari pelanggan perusahaan retail baru dapat memberikan insight yang baru kepada perusahaan dan dapat membantu tim perusahaan dalam menyusun demand planning yaitu merencanakan keinginan pelanggan. 


Beberapa alasan mengenai pentingnya Insight pelanggan baru perusahaan retail yang telah dijelaskan di atas memperlihatkan seberapa pentingnya insight tersebut bagi perusahaan. Bagi perusahaan yang ingin mengetahui insight dari pelanggan baru perusahaan retail, Anda dapat mencoba menggunakan layanan dari salah satu BUMN di Indonesia yaitu MSIGHT dari Telkom. 


MSIGHT memiliki fitur fitur yang dapat membantu perusahaan untuk melihat insight pelanggan baru perusahaan retail diantaranya adalah Interest untuk mengecek ketertarikan pelanggan dalam beberapa bulan terakhir, socio economic status untuk mengecek kemampuan pembelian berdasarkan pengeluaran, credit balance, dan lainnya. 

>