Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Menarik Supaya Dilirik HRD

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 26 Maret 2023


Membuat surat lamaran kerja yang menarik, menjadi satu hal yang sangat urgent di era yang kompetitif ini bagi seorang jobseeker. Seperti yang kita ketahui, dalam beberapa tahun terakhir saja, angka pelamar pekerjaan semakin meningkat secara signifikan. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya orang yang membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu, semakin bertumbuhnya jumlah penduduk juga turut berperan dalam peningkatan angka pelamar pekerjaan.


Fenomena ini semakin terasa di masa pandemi COVID-19, di mana banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja atau merumahkan karyawan akibat kondisi yang tidak stabil. Akibatnya, jumlah pencari kerja semakin meningkat dengan persaingan yang semakin ketat untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan.


Meningkatnya angka pelamar pekerjaan juga membawa dampak pada persaingan yang semakin ketat dalam dunia kerja. Calon pekerja dituntut untuk meningkatkan kualitas dirinya dan menyusun surat lamaran kerja yang menarik agar dapat bersaing dengan pelamar lainnya.


Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips dan strategi untuk meningkatkan peluang sukses dalam mencari pekerjaan, terlebih di tengah persaingan yang semakin ketat.


Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik


Melamar pekerjaan merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh orang yang sedang mencari pekerjaan. Pada umumnya, calon pekerja akan menawarkan diri dan kemampuan yang dimilikinya kepada perusahaan yang ingin dituju atau tempat ia ingin bekerja. Proses ini dilakukan melalui pengiriman surat lamaran kerja yang resmi dan dapat diikuti dengan tahap wawancara.


Namun, meskipun sudah banyak orang yang mencoba untuk melamar pekerjaan, tidak semua berhasil mendapatkannya. Beberapa faktor seperti kendala dalam proses melamar atau kualitas surat lamaran kerja yang kurang baik mungkin menjadi salah satu penyebabnya.



Oleh karena itu, penting untuk menyusun surat lamaran kerja yang menarik dan memiliki informasi yang berkualitas. Hal ini dapat meningkatkan nilai jual seseorang dan menunjukkan karakter serta kualitas yang dimilikinya kepada pihak perusahaan. Sebagai contoh, dalam kasus Grameds yang belum pernah bertemu dengan calon pekerja, maka pembuatan contoh surat lamaran kerja yang lebih baik dan berkualitas dapat membantu calon pekerja untuk memperoleh kesempatan lebih besar dalam proses seleksi.

 

Melamar pekerjaan adalah salah satu tahapan penting dalam mencari pekerjaan. Salah satu hal yang sangat penting dalam melamar pekerjaan adalah membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah surat formal yang digunakan untuk mengajukan diri sebagai calon karyawan di sebuah perusahaan.


Dalam membuat surat lamaran kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar surat lamaran kerja  dapat dilirik oleh HRD dan memperoleh panggilan wawancara kerja. Berikut adalah beberapa tips unik untuk membuat surat lamaran kerja yang efektif.


Jangan Membuat Surat Lamaran Kerja Biasa


Hal yang paling penting dalam membuat surat lamaran kerja yang efektif adalah jangan membuat surat lamaran kerja yang biasa. Buatlah surat lamaran kerja menjadi lebih menarik dan berbeda dari surat lamaran kerja pada umumnya. Kamu bisa mencoba menggunakan format atau layout yang berbeda dari biasanya. Misalnya, gunakan font yang berbeda atau tambahkan gambar atau grafik yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar.


Tuliskan Informasi yang Relevan dengan Posisi yang Dilamar


Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja adalah mencantumkan informasi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jangan menuliskan informasi yang tidak relevan dengan posisi tersebut. Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan sebagai programmer, jangan menuliskan informasi tentang pengalaman kerja di bidang keuangan.


Jangan Mengulang Informasi pada Resume


Sebagai pelengkap dari resume, surat lamaran kerja seharusnya tidak mengulang informasi yang sudah tercantum pada resume kamu. Surat lamaran kerja sebaiknya digunakan untuk menjelaskan mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana pengalaman kerja atau pendidikan kamu dapat membantu kinerja perusahaan menjadi lebih positif.


Tunjukkan Kepedulian pada Perusahaan


Dalam surat lamaran kerja, tunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik dengan perusahaan yang sedang kamu lamar. Cobalah untuk melakukan riset tentang perusahaan tersebut dan jelaskan mengapa kamu tertarik bekerja di perusahaan tersebut. Tunjukkan bahwa kamu memahami visi dan misi perusahaan dan ingin berkontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan.


Hindari Kesalahan Penulisan


Terakhir, pastikan bahwa surat lamaran kerja kamu bebas dari kesalahan penulisan. Jangan mengirimkan surat lamaran kerja yang masih terdapat kesalahan tata bahasa atau ejaan. Kesalahan penulisan dapat merusak kesan positif yang telah dibangun sebelumnya.


Itulah beberapa tips unik untuk membuat surat lamaran kerja yang efektif. Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan surat lamaran kerja kalian dapat dilirik oleh HRD dan memperoleh panggilan wawancara kerja. 


Jika kamu sedang mencari referensi atau acuan dalam menulis surat lamaran kerja, kamu bisa melihat contoh surat lamaran kerja di https://berita.99.co/contoh-surat-lamaran-kerja/. Di situs tersebut, kamu dapat menemukan berbagai contoh surat lamaran kerja yang beragam jenis pekerjaan dan tingkat pengalaman. Dengan melihat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu dapat mengambil inspirasi dan membuat surat lamaran kerja yang lebih menarik perhatian calon pemberi kerja.

>