Kategori Berita

ZMedia

Asus Vivobook 14X vs HP 14s: Berikut Perbandingan Spesifikasinya

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Rabu, 10 Mei 2023

Asus Vivobook 14X vs HP 14s

source image: Gawai Mikro

 

Sebelum membeli laptop tentunya Anda harus menimbang dan membandingkannya terlebih dulu agar mendapatkan perangkat sesuai kebutuhan dengan harga sesuai. Sebagai pilihan, Anda bisa mempertimbangkan antara Asus Vivobook 14X M1403 vs HP 14s karena keduanya mempunyai spesifikasi handal. 


Untuk berbagai keperluan, jenis laptop yang sesuai berbeda. Bagi yang butuh untuk pekerjaan ringan, spesifikasi biasa sudah cukup. Berbeda jika untuk pekerjaan multimedia dan game online, membutuhkan laptop dengan spek mumpuni. Begitu juga dengan desainnya, ada yang cocok menggunakan layar lebar, ada yang sesuai dengan layar kecil. 


Perbedaan spesifikasi Asus Vivobook 14X M1403 dengan HP 14s


Kedua perangkat ini kabarnya sama-sama mempunyai spesifikasi handal yang mumpuni untuk pekerjaan ringan maupun berat. Dengan performa yang cukup mampu diandalkan, kedua perangkat ini dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Agar tidak bingung memilihnya, bandingkan spesifikasi Asus Vivobook 14X M1403 vs HP 14s berikut ini. 


1. Asus Vivobook 14X M1403 


Asus Vivobook 14X vs HP 14s
source image: gizmologi


Produsen satu ini terkenal dengan produk berteknologi tinggi yang selalu mengikuti perkembangan pasar dan kebutuhan pengguna. Tidak heran jika penggunanya terus menanti setiap seri baru yang dikeluarkan. Untuk Asus Vivobook 14X M1403 mempunyai spesifikasi sebagai berikut


  • Desain


Bagi yang suka dengan laptop simpel tapi bertenaga, produk ini merupakan pilihan yang tepat. Desainnya sederhana namun terkesan elegan dan tidak ketinggalan jaman. Untuk ketebalannya juga cukup tipis, hanya 1,99cm saja. Beratnya juga masih nyaman untuk dibawa kemana-mana. 


  • Performa


Dari performa, ASUS Vivobook 14X (M1403) mengusung AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor, yang biasa untuk laptop gaming. Performanya pasti tidak diragukan lagi. Konfigurasi 6 core dan 12 thread, prosesor dengan TDP 45W yang diusungnya mampu dipacu hingga 4.2 Ghz sehingga menjadikannya perangkat yang powerfull. 


Karena dilengkapi chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ Vega 7 Graphics membuatnya semakin bertenaga. Apalagi penyimpanan berjenis SSD NVMe PCIe 3.0 berkapasitas 512GB yang lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. 


  • Fitur


Fitur perangkap ini sangat lengkap. Ada 3 buah port USB Type-A, 1 USB Type-C, 3.5mm Combo Jack Audio, dan port HDMI. Untuk konektivitas juga tersedia Wi-Fi 6 dan. Bluetooth 5. Untuk mendukung webcam, terpasang kamera kamera HD 720p


  • Layar 


Ukuran layar Vivobook 14X cukup lega, 14 inch, mempunyai aspek rasio 16:10. Tingkat kecerahannya mencapai 300 nits, menggunakan panel IPS dengan resolusi WUXGA 1920 x 1200 pixel atau setara dengan resolusi full HD. 


  • Harga 

Soal harga, ini menjadi pertimbangan banyak orang sebelum membeli. Jika Anda mencari laptop powerfull yang ramah dikantong, Vivo 14X bisa menjadi pilihan tepat, produk ini dijual sekitar Rp 8 jutaan, sangat sesuai dengan spek yang diusungnya. 


2. HP 14s (dengan prosesor AMD Ryzen 5 5625U)


Asus Vivobook 14X vs HP 14s


HP juga merupakan produsen yang mempunyai segmen pasar tersendiri untuk produk laptop dengan berbagai kelas. Bagi yang mencari laptop dengan harga terjangkau namun mempunyai performa keren, HP 14s (dengan prosesor AMD Ryzen 5 5625U) bisa menjadi pilihan tepat. keunggulannya adalah: 


  • Desain


Bagi Anda yang mencari laptop berdesain elegan, ini merupakan pilihan tepat. Warna natural silver membuatnya semakin berkelas. Beratnya pun terbilang tidak seberapa, hanya 1,45 kg saja. Bahan cover yang digunakan juga berkualitas sehingga membuat pengguna semakin merasa nyaman ketika bekerja. 


  • Performa


Berbicara mengenai performa, dengan mengusung prosesor AMD Ryzen 5 5625U generasi Barcelo yang ditandemkan RAM 8GB dual-channel membuat kemampuan kerjanya tidak diragukan lagi. Laptop ini juga dibekali fitur pengisian daya dengan cepat. 


Untuk sistem windows yang diusung 11 Home Edition + Microsoft Office Home & Student 2021 pre-installed di dalamnya, jadi sangat mumpuni. Selain itu juga mampu bekerja sampai kecepatan 2,3GHz dengan Turbo maksimal 4,3GHz. 


  • Fitur


Fitur yang diusung laptop keren ini juga tidak main-main, media penyimpanan dengan SSD (Solid State Drive) PCIe M.2 NVMe berkapasitas 512GB guna menampung data. Sedangkan untuk konektivitas Realtek RTL8822CE 802.11a/b/g/n/ac (2x2), Bluetooth 5 Combo, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen1 Type-C (Data transfer only, 5 Gb/s signaling rate), Port HDMI, card reader, dan port combo audio. 


  • Layar


Sama dengan Asus Vivobook 14X, HP 14s juga berukuran layar 14 inch dengan tingkat kecerahan yang sesuai untuk bekerja. Kecerahannya mencapai 250 nits. Terdapat backlight di keyboard yang membantu ketika harus mengetik dalam kondisi minim cahaya. 


  • Harga


Produk keren ini dipasarkan dengan kisaran harga harmpir Rp. 10 juta. Bagi yang mencari jenis perangkat berteknologi tinggi, laptop ini bisa dipertimbangkan dengan membandingkan harga dan spesifikasinya. 


Asus Vivobook 14X vs HP 14s, Mana yang Lebih Bagus


Ketika membandingkan kedua perangkat ini, calon pembeli harus cukup teliti karena masing-masing mempunyai keunggulan. Namun secara keseluruhan produk Asus Vivobook 14X bisa menjadi pilihan terbaik. 


Selain performa, kehandalan prosesor, kemampuan kerja, fitur lain yang diusung, dan harganya pun cukup terjangkau. Selisih kisaran Rp 2 juta dibanding dengan HP 14s menjadikan Asus seri ini pilihan terbaik. harga yang dibayar oleh pembeli sebanding dengan kualitas dari laptop tersebut.

>