Kategori Berita

ZMedia

Ekspedisi Cepat, Aman dan Nyaman dengan IoT

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Senin, 22 Mei 2023

 

ekspedisi cepat aman

Perusahaan ekspedisi konvensional seringkali mengalami banyak kendala di lapangan. Beberapa kendala tersebut di antaranya adalah barang datang tidak tepat waktu karena terjebak kemacetan, tertunda di gudang, barang dicuri, kesulitan dalam melakukan prediksi kedatangan barang, kesulitan dalam pengawasan serta pelacakan lokasi. Kendala-kendala tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi perusahaan terutama berkaitan dengan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. 


Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, perusahaan ekspedisi konvensional banyak yang melakukan transformasi digitalisasi seiring dengan teknologi yang semakin hari terus berkembang. Transformasi ke arah digital tersebut dilakukan dengan cara mengadaptasi Internet of Things (IoT) Platform. Internet of Things secara sederhana adalah konsep yang menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya. Secara lebih luas IoT adalah konsep dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi antarmanusia atau manusia ke komputer. 


Internet of Things pada perusahaan ekspedisi memiliki manfaat diantaranya adalah : 

1. Meningkatkan Kecepatan dan Ketepatan Pengiriman Barang 

IoT dapat membantu pengemudi ekspedisi untuk menemukan jalur yang lebih cepat dan bebas dari kemacetan sehingga dapat mempercepat pengiriman. 

2. Mengurangi Biaya Operasional 

Dengan penggunaan IoT, manajemen yang digunakan juga akan lebih efisien karena menggunakan sistem yang terintegrasi. 

3. Memberikan Kemudahan Bagi Pengelola Ekspedisi 

Pengelola ekspedisi dapat melakukan pengawasan terhadap barang dari mulai pengiriman, pengawasan selama di perjalanan hingga sampai ke tangan pelanggan. 

4. Meningkatkan Kualitas Layanan Kepada Pelanggan 

Melalui IoT, pelanggan dapat melakukan pengecekan secara berkala mengenai lokasi barang dan keamanan barang sehingga pelanggan tidak perlu khawatir akan kehilangan barang. Selain itu IoT juga dapat menghubungkan aplikasi yang digunakan oleh pengemudi, pelanggan, dan pihak distributor sehingga ketiga pihak dapat saling terkoneksi. 

5. Mempermudah Pengelolaan Gudang 

IoT dapat mempermudah pengelola gudang untuk melakukan pendataan dan mengorganisir barang yang akan dikirimkan. 


IoT pada perusahaan ekspedisi memiliki peranan penting sebagai alat untuk membantu kelancaran bisnis, meningkatkan keamanan barang serta kenyamanan pelanggan. Manfaat-manfaat yang telah dijelaskan di atas menunjukan bahwa perusahaan ekspedisi yang menggunakan IoT memiliki keunggulan dibandingkan dengan perusahaan ekspedisi konvensional. Maka dari itu, penggunaan IoT pada perusahaan ekspedisi dapat menjadi langkah awal untuk semakin meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan. Untuk mendapatkan IoT dengan layanan terbaik, Anda dapat menggunakan IoT dari Telkom. IoT Telkom memiliki layanan berupa identifikasi fisik dan digital, autentikasi, jaminan kualitas serta sistem dukungan pengambilan keputusan yang tentunya dapat menjembatani Anda untuk mencapai ekspedisi yang cepat, aman dan nyaman. 

>