Sukseskan Marketing Campaign dengan Memanfaatkan Omni Channel

Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Sukseskan Marketing Campaign dengan Memanfaatkan Omni Channel

Faisol abrori
Selasa, 23 Mei 2023



Salah satu kunci keberhasilan bisnis terdapat pada kampanye marketing yang berhasil. Kampanye marketing atau marketing campaign merupakan sebuah kegiatan operasional yang direncanakan untuk mencapai suatu tujuan seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan feedback dari customers, atau untuk menjangkau konsumen yang dikemas dengan berbagai cara kreatif dan melibatkan banyak media. 


Beberapa ide marketing campaign untuk meningkatkan penjualan brand: 


1. Campaign Menggunakan Video 


Video terutama short video menjadi format konten yang sangat populer tahun ini. Anda bisa membuat kampanye berbasis video yang menarik dan kreatif untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Video bisa diunggah di platform media sosial seperti YouTube, TikTok, Instagram reels atau di situs Anda sendiri. Hal yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan campaign ini adalah durasi, isi konten dan format video yang disesuaikan dengan target audiens. 


2. Campaign Berkolaborasi dengan Influencer 


Influencer marketing terus menjadi tren dalam dunia digital marketing. Saat ini, influencer untuk marketing tidak terbatas pada selebritas atau selebgram saja. Anda bisa menjalin kerjasama dengan influencer yang relevan dengan industri Anda untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan brand awareness. Pastikan untuk mempelajari audiens dari influencer yang akan Anda gunakan, seperti demografi dan minat serta melakukan analisis tingkat engagement influencer sebelum Anda menentukan influencer yang akan bekerjasama dengan brand Anda. 


3. Campaign Berbasis Pengalaman Pengguna 


Menciptakan pengalaman pengguna yang unik dan menarik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda bisa menghadirkan kampanye yang berbasis pengalaman pengguna, seperti kontes, giveaway, atau kuis interaktif yang melibatkan pelanggan. Anda juga dapat menciptakan pengalaman pengguna yang personal sehingga akan terasa relevan kepada audiens. 


4. Campaign Berbasis Isu Sosial 


Kampanye yang berfokus pada isu sosial atau lingkungan dapat menjadi cara yang efektif untuk memperoleh dukungan dan menginspirasi pelanggan. Kampanye yang berhubungan dengan isu seperti keberagaman, lingkungan, atau kesehatan mental dapat memberikan dampak yang kuat.


5. Campaign Berbasis Kemitraan 


Menggandeng mitra strategis dapat menjadi cara yang efektif untuk memperluas audiens Anda dan mencapai pasar baru. Anda bisa menjalin kemitraan dengan merek atau organisasi yang sejalan dengan nilai dan tujuan Anda, dan membuat kampanye bersama yang saling menguntungkan. Anda dapat mengintegrasikan strategi promosi antara Anda dan mitra mencakup saluran pemasaran online dan offline termasuk media sosial, email marketing, iklan digital dan lainnya yang disesuaikan dengan karakteristik target audience. 


6. Campaign Berbasis Ulasan dan Rekomendasi 


Ulasan dan rekomendasi dari pelanggan dapat menjadi daya tarik yang kuat untuk mempengaruhi keputusan pembelian calon pelanggan. Anda bisa membuat kampanye yang mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan atau merekomendasikan produk atau layanan Anda, misalnya dengan memberikan insentif atau penghargaan bagi mereka yang memberikan ulasan positif. 


Ide-ide marketing campaign tersebut dapat disesuaikan dengan saluran yang digunakan oleh brand Anda, lebih baik lagi jika Anda menggunakan omni channel assistant sehingga setiap campaign dapat lebih terintegrasi dan konsisten di setiap salurannya. Anda dapat menggunakan layanan omni channel communication assistant atau  OCA, salah satu layanan milik Telkom Indonesia yang memiliki fitur lengkap untuk mensukseskan marketing campaign dan meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. 

gt;