Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Jurus Ampuh Tingkatkan Omset Penjualan UMKM di Era Digital

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Jumat, 16 Juni 2023

 


Seikat Buket Wisuda dan Gelora Semangat Pebisnis Muda


Bahagia, luar biasa. Ketika musim wisuda tiba, mahasiswa dari kampusku begitu kegirangan mengenakan toga sambil berfoto ria bersama keluarga dengan mengenakan pakaian yang begitu stylish nan modis.Yang aku lihat, banyak sekali atau bahkan hampir semua mahasiswa sehabis berwisuda "menenteng" seikat buket, ada yang berisikan bunga-bunga dengan boneka kecil lucu di tengah, tak sedikit juga berisi uang-uang beragam nominal tersusun rapi. Menarik.


Di kampusku, jarang sekali terlihat penjual buket berlalu-lalang, palingan hanya ketika musim wisuda seperti ini, mereka baru muncul. Namun, ketika hari-hari biasa, tidak ada yang menjual buket di area kampus, padahal banyak sekali teman-temanku yang membutuhkan buket untuk keperluan lain, misal ketika selesai sidang skripsi, atau setelah seminar proposal.  


Melihat adanya peluang bisnis, hal ini lantaran langsung "diserobot" oleh salah satu kakak tingkatku, Robiatul Adawiyah namanya, atau akrab kusapa mbak Robi. Maklum, ia anak prodi sebelah, yakni Hukum Ekonomi Syariah, sehingga perihal melihat peluang di bidang bisnis dan ekonomi, tak perlu diragukan lagi. 


Menurut analisisnya, terdapat ketimpangan supply dan demand untuk bisnis buket wisuda ini. Bagaimana tidak, untuk sekelas memesan buket saja, susahnya minta ampun. Apalagi melihat sangat sedikitnya kompetitor, membuat mbak Robi bersama temannya, yakni Halimatus Sakdiyah mantap untuk mendirikan sebuah brand bisnisnya, yang ia beri nama Skysi Hampers.


Dalam merintis usahanya, tentu nggak mudah dong, apalagi ketika harus memulainya dari "nol". Perjuangannya dalam mengembangkan nama Skysi Hampers begitu luar biasa, mulai dari survei untuk memilih supplier yang berkualitas dengan harga terjangkau, hingga bagaimana tim mereka menciptakan konsep marketing yang up-to-date, jujur itu semua membuatku speechless. Begitu semangat dan kompak!


Baginya, memilih bisnis buket dan hampers bukan tanpa alasan. Bahan bakunya sendiri berupa benda-benda yang tahan lama, seperti bunga sintetis, maupun snack yang expired date-nya masih lama, sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan jangka panjang dan tidak mudah rusak.


Untuk produknya sendiri bervariasi banget lho, mulai dari buket uang, buket kerudung, buket snack, ada juga bunga sintetis, hampers, hingga beragam kado unik untuk cowo maupun cewe. Sangat lengkap, bukan? Sedangkan terkait harga, masih sesuai kok dengan kantong mahasiswa, yakni dibanderol mulai dari 15 ribuan saja. 



Iseng-iseng aku tanya mbak Robi, kira-kira berapa sih penjualan tertinggi dari bisnis buket wisuda ini? "Untuk penjualan harian, paling tinggi terjual 30 buket, sedangkan untuk pesanan sebulan tertinggi mencapai 131 buket" katanya. Beberapa bahkan ada yang repeat order, karena memang se-berkualitas itu. Aku sendiri pernah order buket pink untuk keperluan kelulusan adikku, dan semuanya tersusun dengan rapi, apalagi bonekanya lucu banget. Jadi nggak heran jika banyak konsumen yang sangat menyukai produk-produk dari Skysi.


Bahkan, beberapa waktu lalu, di postingan instagram Skysi terlihat tim sedang mengatur ekspedisi untuk pesanan buket dari luar Jember. Wah, ini melampaui ekspektasi awal yang rencananya hanya menerima untuk pemesanan sekitar kampus UIN KHAS Jember, namun kini sudah tersedia pengiriman buket dan hampers ke seluruh Indonesia.


Tingginya antusias pemesan untuk beragam produk Skysi tidak terlepas dari keberhasilan digital marketing yang dilancarkan tim melalui berbagai platform. Salah satunya dengan mengadakan inovasi teknik marketing dengan cara membuat postingan-postingan menarik nan kreatif, kadang juga diisi quotes, hingga mengadakan giveaway yang turut meramaikan akun tersebut.


Di Skysi sendiri, terdapat promo bulanan dan promo hari-hari besar, sehingga menaikkan penjualan buket dan hampers. Karena pasti konsumen sedang membutuhkan buket di momen yang pas, seperti momen Hari Guru, atau peringatan Hari Ibu, ditambah ada promo, jadi gimana nggak banjir orderan, coba? 


5 Jurus Ampuh Naikkan Omset Penjualan di Era Digital


Nah, dari cerita kesuksesan mbak Robi, ternyata pemasaran digital berperan begitu penting, ya. Mengingat kita sekarang tengah hidup di zaman yang "apa-apa serba digital", mulai dari ojek online hingga munculnya dompet digital, jadi turut berdampak pada teknik marketing saat ini yang juga berbasis digital. Hal ini tidak mengejutkan, lantaran Indonesia menduduki peringkat ke 6 sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia.



Menurut data statista, angka pengguna internet di Indonesia tahun 2017 hingga 2028 diperkirakan akan selalu naik setiap tahunnya. Tentu peningkatan ini merupakan sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk melakukan pemasaran digital.


Sebagai pengusaha UMKM, era digital menjadi era yang sangat kompetitif dengan persaingan yang tinggi, sehingga diperlukan berbagai upaya untuk sukses menjajakan bisnis di zaman ini. Ada 5 hal yang bisa dijadikan senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan, apa saja? Check it out!


Jurus #1 : Kenali Peluang dan Pahami Pola Konsumen


source image: canva


Jika bercita-cita ingin meningkatkan omset penjualan di era digital, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenal peluang dan target market-nya. Mulailah dari analisis sederhana terkait usaha apa yang sesuai dengan keinginan kamu. Lalu, cari satu alasan "mengapa bisnismu berbeda dengan kompetitor?"


Kemudian buatlah sebuah konsep bisnis yang kreatif, sehingga akan terbentuk "brand image" yang kuat di benak konsumen. Sehingga dapat dikenali seperti apa pola konsumen dalam merespon pasar kamu.


Berbicara pola konsumen, kamu bisa melakukan survei kecil-kecilan nih, terkait kebutuhan pasar dan tentu haruslah responsif ketika terdapat masukan maupun kritikan yang membangun untuk bisnis tersebut, dari situ akan terlihat kira-kira produk seperti apa yang diharapkan oleh targetmu. Sehingga, kamu bisa berfokus pada jurus selanjutnya, yakni menciptakan produk yang berkualitas.


Jurus #2 : Perhatikan Kualitas Produk Jualan


Tak dapat dipungkiri, kualitas produk tetaplah yang utama. Ketika kamu hendak terjun di dunia bisnis, maka perhatikan kualitas produk yang dijual. Karena banyak sekali pebisnis yang gagal dalam mengembangkan bisnisnya, karena kualitas produknya yang semakin menurun, inilah pentingnya konsistensi untuk menjaga produk agar tetap sesuai standar kualitas yang ditetapkan.


Jurus #3 : Optimalkan Sosial Media


source image: canva


Sosial media menjadi salah satu senjata digital paling ampuh untuk meningkatkan omset penjualan, karena hampir mayoritas calon pembeli melakukan action melalui kanal sosial media. Tak heran, jika banyak bisnis yang mulai go digital dan eksis di berbagai platform sosmed.


Hal ini, lantaran terdapat pasar yang begitu massive dari kanal sosial media. Apalagi, Indonesia duduk di peringkat ke 4 di dunia dengan pengguna instagram terbanyak di dunia, yakni 89,15 juta pengguna aktif di awal 2023 ini. Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia pada periode yang sama dengan total 109,9 juta pengguna. 


Bisa dibayangkan, jika kita berhasil menarik perhatian 1 persennya saja dari keseluruhan pengguna, kira-kira berapa keuntungan yang bisa didapatkan? Tentu fantastis, bukan?


Jurus #4 : Tarik Calon Pembeli Baru dengan Giveaway dan Promo


source image: canva


Giveaway dan promo, menjadi dua hal yang tak bisa dilepaskan dari proses digital marketing saat ini. Rasanya, belum afdhol jika akun jualanmu belum mengadakan giveaway bagi para followers setia. Kamu bisa mulai dengan diskon promo saat launching produk, atau bisa juga dengan mengadakan giveaway untuk perayaan anniversary bisnismu. Ini merupakan senjata digital yang ampuh untuk menarik minat calon konsumen baru.


Jurus #5 : Bangun Website Profesional Agar Usaha Makin Dikenal


Agar bisnis atau usahamu bisa naik level, kamu harus mengimplementasikan jurus yang kelima, yakni membuat website profesional. Bagi pelaku UMKM, kehadiran website dalam suatu bisnis, dapat membawa pengaruh yang signifikan dalam proses pemasaran digital.


Pertama, kehadiran website membuat bisnismu lebih profesional, sehingga calon konsumen menaruh "trust" atau rasa percaya, bahwa bisnismu adalah bisnis yang real, bukan abal-abal. Hal ini semakin diperkuat jika kamu membangun website berbayar, bukan gratisan, dimana laman tersebut menunjukkan keseriusan dan tidak main-main.


Kedua, website dapat menjadi alat promosi yang tepat. Seperti yang kita ketahui, website merupakan salah satu senjata digital UMKM yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan. Bagaimana tidak, suatu situs yang muncul di internet, dapat menjangkau hingga ke seluruh penjuru negeri, bahkan ke ujung dunia. Dengan demikian, jika pelaku UMKM memiliki website sendiri, tentu dapat mengalokasikan dana promosi menjadi lebih efektif.


Ketiga, laman website juga dapat menampilkan items dengan maksimal. Pada dasarnya, website dapat dikelola secara pribadi maupun tim, sehingga untuk tampilannya dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan. Layaknya etalase toko, kamu bisa menampilkan sebanyak apapun items yang kamu mau, jadi calon konsumen bisa dengan mudah mengetahui, produk apa saja yang sedang dijual.


Keempat, website bisa mempermudah proses transaksi pembelian maupun penjualan di toko kamu. Tak dapat dipungkiri, banyak sekali fitur yang membantu menyederhanakan transaksi jual beli seperti fitur keranjang, checkout, ataupun bisa juga livechat yang dapat menghubungkan antara pembeli dan penjual secara langsung untuk bertanya-tanya.


Nah, untuk mewujudkan website impianmu, aku rekomendasikan Exabytes Indonesia, salah satu penyedia web hosting Indonesia terbaik dengan harga terjangkau. Exabytes sendiri telah berpengalaman 21 Tahun melayani kebutuhan hosting website, dan telah dipercaya lebih dari 160.000 pelanggan di dunia, sehingga bisa diandalkan untuk keperluan websitemu.



Dengan memilih layanan web hosting murah Exabytes, kamu dapat menciptakan website dengan kecepatan yang wus.. cepet banget, bahkan loadingnya 5x lebih cepat. Ya, web kamu akan dihosting di Server Web LiteSpeed Exabytes dengan didukung NVMe SSD barunya yang membuat kinerja website jauh lebih baik.


Kerennya lagi, kamu bisa dapat gratis domain seumur hidup lho, jika menggunakan paket hosting tahunan Exabytes. Hal ini akan mempermudah terkait annual billing, karena Exabytes akan membantu untuk urusan memperpanjang domain kamu, jadi kamu cukup fokus pada pengembangan konten dan update inovasi produk tentunya.


Selain itu, yang bisa kalian jadikan pertimbangan dalam memilih wordpress hosting terbaik, yakni Exabytes menyediakan backup harian secara gratis, jadi tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena semua data yang ada dalam websitemu, pasti aman terkendali. Apalagi, dengan dukungan Tim Profesional ISO 27001 yang standby 24/7 untuk mendeteksi dan menggagalkan aktivitas yang mencurigakan.




Web hosting Exabytes sangat cocok untuk berbagai kebutuhan pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan berbagai kemudahannya seperti kecepatan website yang optimal, gratis domain, hingga full support 24/7, bikin hati mantap bahwa inilah senjata digital UMKM yang tepat untuk menaikkan omset penjualan. 


Itulah kelima jurus ampuh versi aku pribadi yang bisa diterapkan oleh pelaku UMKM agar mendapatkan omset penjualan yang maksimal. Jadi, kini tidak ada alasan untuk tidak memaksimalkan potensi UMKM di Indonesia, bukan


Sumber: 


https://www.statista.com/statistics/254456/number-of-internet-users-in-indonesia/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/04/jumlah-pengguna-instagram-indonesia-terbanyak-ke-4-di-dunia

https://news.schmu.id/indonesia-pengguna-tiktok-terbanyak-ke-2-di-dunia-pada2023/

 

>