Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Kesalahan Pemasangan CCTV yang Menurunkan Akurasi

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 29 Juni 2023

https://www.freepik.com/free-photo/house-automation-with-camera_15056483.htm#query=camera%20cctv%20indoor&position=3&from_view=search&track=ais


Kamera CCTV merupakan perangkat keamanan yang saat ini mudah dijumpai di mana-mana. Anda pasti melihat kamera keamanan ini di tempat-tempat publik seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, sekolah, hingga ruang terbuka seperti jalan raya dan lingkungan perumahan. Penggunaan merek CCTV terbaik telah terbukti meningkatkan sistem keamanan dan mencegah terjadinya tindak kejahatan. Manfaat CCTV sudah tidak perlu diragukan lagi serta menjadi kebutuhan utama yang harus disediakan di suatu lingkungan atau bangunan.


Meski terlihat mudah dan sederhana, namun pemasangan CCTV tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda harus mempelajari tata urutan pemasangan yang benar agar CCTV rumah terbaik mampu berfungsi menjaga keamanan rumah dan sekitarnya. Pemasangan dengan tepat dan benar juga untuk menghindari kerusakan pada perangkat atau akibat tangan jahil yang berniat jahat. Hindari kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi saat pemasangan kamera keamanan sehingga bisa berakibat menurunnya akurasi dan fungsi CCTV tidak bisa bekerja optimal.


https://www.pexels.com/photo/a-round-white-cctv-camera-7508684/

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pemasangan CCTV 

Pemasangan kamera CCTV bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi, tentunya dengan berhati-hati dan mengikuti cara yang benar. Untuk melakukannya, Anda harus menghindari kesalahan yang sering terjadi saat pemasangan, seperti beberapa contoh berikut ini.

  1. Memilih Kamera Berkualitas Rendah

Kamera keamanan berkualitas rendah cenderung memiliki banyak kekurangan yang membuat Anda lebih sering menemui kendala saat pemakaian, seperti produk mudah rusak dan masalah lainnya. 


Memiliki merek CCTV terbaik merupakan investasi untuk sistem keamanan bangunan dan lingkungan tempat tinggal Anda. Produk berkualitas tinggi seringkali diiringi dengan  harga yang juga tinggi. Namun begitu, jika Anda memikirkan perangkat yang lebih awet hingga pemakaian dalam jangka panjang, serta biaya maintenance yang lebih hemat, Anda tentu tidak akan memilih produk  dengan harga murah dan terlihat menguntungkan di awal pemakaian saja.  

  1. Meletakkan Kamera pada Posisi yang Tidak Tepat

Kamera keamanan harus diletakkan pada posisi yang tepat agar dapat berfungsi secara optimal. Jika posisi kamera tidak tepat akibat terjadi pergeseran atau akibat cara pasang yang salah, maka jangkauan kamera CCTV rumah terbaik menjadi terbatas. Jika hal ini terjadi, maka akan ada banyak blind spot yang menjadi celah menguntungkan pelaku kejahatan melakukan aksinya. Untuk pemasangan di rumah atau lingkungan sekitar, pastikan Anda sudah mengetahui tempat-tempat strategis sebagai lokasi peletakkan CCTV. Pastikan pula posisi kamera tepat dan aman, jauh dari jangkauan tangan-tangan yang berniat merusaknya. Hindari juga meletakkan CCTV di luar batas wilayah Anda dan melanggar hak privasi orang lain. Perhatikan faktor hukum dan etika sosial agar tidak menimbulkan masalah bagi Anda di kemudian hari.

  1. Jarang Melakukan Maintenance

Kesalahan yang sering terjadi pada pemasangan kamera keamanan adalah jarang melakukan maintenance. Meskipun merek CCTV terbaik tidak dalam kondisi yang rusak, Anda tetap harus melakukan pengecekan berkala, seperti membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan lensa atau memeriksa apakah fokus kamera sudah tepat. 


Perhatikan pula perangkat masih dalam posisi yang tepat dan aman. Periksa semua kabel dan pastikan dalam kondisi yang baik, tidak longgar, terputus, atau rusak akibat gigitan binatang. Pengecekan rutin sering diabaikan banyak orang, bukan hanya menurunkan akurasi saja dan justru menimbulkan masalah yang lebih besar serta biaya perbaikan yang lebih mahal.

  1. Lalai Meninjau Hasil Rekaman secara Berkala

Banyak orang hanya meninjau hasil rekaman saat terjadi insiden saja. Padahal dengan rutin memeriksa hasil rekaman Anda bisa mendeteksi gerakan yang mencurigakan sebelum insiden terjadi. Dengan rutin meninjau hasil rekaman, Anda juga bisa mengetahui apakah kamera keamanan masih berfungsi dengan benar atau terjadi gangguan. 


Jika CCTV dirusak oleh pelaku kejahatan, Anda bisa mengetahui lebih cepat dengan rutin melakukan pemeriksaan hasil rekaman. Dengan begitu, Anda bisa segera melakukan perbaikan agar sistem keamanan  tidak terganggu dan tatap berjalan seperti semula.

Hikvision ColorVu, Rekomendasi Merek CCTV Rumah Terbaik

Rekomendasi merek CCTV terbaik untuk pemasangan di rumah Anda dan lingkungan sekitar hadir dari brand Hikvision ColorVu. Produk ini telah terbukti berkualitas tinggi dari hasil teknologi canggih yang mendukungnya. Penggunaannya sangat mudah, begitu pula pemasangan yang bisa Anda lakukan secara mandiri tanpa bantuan teknisi. 


Teknologi kecerdasan Hikvision ColorVu menghasilkan fitur-fitur canggih dengan banyak fungsi dan manfaat. Keunggulan yang ditawarkan kamera CCTV rumah terbaik ini, antara lain:

  • Memiliki kemampuan merekam momen dalam warna terang

  • Hasil rekaman Kamera menghasilkan tampilan gambar dalam warna cerah , bahkan dalam kondisi minim cahaya

  • Memiliki resolusi tinggi hingga 4K

  • Didukung oleh teknologi kecerdasan canggih pada kamera ColorVu


Dengan menggunakan kamera merek CCTV terbaik, sistem keamanan dalam rumah Anda dan lingkungan sekitar menjadi lebih aman. Teknologi kecerdasan canggih pada Hikvision ColorVu meminimalisir gangguan yang dilakukan oleh hackers yang berniat membobol sistem keamanan rumah Anda. 


Lakukan pemasangan pada lokasi yang tepat dan selalu lakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah penurunan akurasi dan fungsi pemasangan CCTV. Tingkatkan sistem keamanan rumah dan lingkungan tempat tinggal Anda dengan menghadirkan Hikvision ColorVu. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

>