Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Pentingnya Literasi Keuangan Syariah dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 15 Juni 2023

 


Pernahkah Anda merasa kesulitan dalam mengelola keuangan pribadi? Apakah Anda pernah terjerumus pada praktik riba yang sebenarnya bertentangan dengan prinsip-prinsip keuangan syariah? Jika iya, maka Anda membutuhkan literasi keuangan syariah.


Berdasarkan data dari Bank Indonesia, literasi keuangan di Indonesia masih rendah, terutama pada literasi keuangan syariah. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami pentingnya keuangan syariah dalam mengelola keuangan pribadi.


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan pentingnya literasi keuangan syariah dalam pengelolaan keuangan pribadi.


Definisi Literasi Keuangan Syariah


Literasi keuangan syariah adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan mengelola keuangan secara syariah. Prinsip-prinsip keuangan syariah meliputi penghindaran dari riba, mencegah penyalahgunaan aset, menghindari risiko yang tidak dibenarkan syariah, serta mempromosikan keadilan sosial.


Pentingnya Literasi Keuangan Syariah dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi



1. Mencegah Terjerumus Pada Riba


Salah satu prinsip keuangan syariah adalah penghindaran dari riba. Dengan literasi keuangan syariah, seseorang dapat memahami lebih dalam tentang riba dan cara mencegah terjerumus pada praktik riba. Sebagai contoh, seseorang dapat memilih untuk menggunakan produk keuangan syariah seperti tabungan syariah atau investasi syariah.


2. Meningkatkan Pemahaman Tentang Investasi Syariah


Investasi syariah merupakan investasi yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Dengan literasi keuangan syariah, seseorang dapat memahami tentang jenis-jenis investasi syariah yang tersedia dan cara memilih investasi syariah yang sesuai dengan kebutuhan.


3. Meningkatkan Efektivitas dalam Mengelola Keuangan


Dengan memiliki literasi keuangan syariah, seseorang dapat memahami tentang bagaimana cara mengelola keuangan secara efektif dan efisien. Misalnya, seseorang dapat memahami tentang cara membuat anggaran, memilih produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan, serta memperhitungkan risiko dalam mengambil keputusan keuangan.


4. Memperoleh Manfaat dalam Mengelola Keuangan Secara Syariah


Pengelolaan keuangan yang dilakukan secara syariah dapat memberikan manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan pengelolaan keuangan yang dilakukan secara konvensional. Misalnya, penggunaan produk keuangan syariah seperti tabungan syariah dapat memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan konvensional.


Cara Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah


1. Membaca Literatur Keuangan Syariah


Seseorang dapat meningkatkan literasi keuangan syariah dengan membaca literatur keuangan syariah yang tersedia. Literatur tersebut bisa berupa buku, artikel, atau website yang membahas tentang keuangan syariah.


2. Mengikuti Kursus atau Seminar Tentang Keuangan Syariah


Kursus atau seminar tentang keuangan syariah juga bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan literasi keuangan syariah. Dalam kursus atau seminar tersebut, seseorang dapat mempelajari tentang prinsip-prinsip keuangan syariah, jenis-jenis investasi syariah, serta cara mengelola keuangan secara syariah.


3. Berkonsultasi Dengan Ahli Keuangan Syariah


Seseorang juga dapat berkonsultasi dengan ahli keuangan syariah untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang keuangan syariah. Ahli keuangan syariah dapat memberikan saran atau rekomendasi produk keuangan syariah yang sesuai dengan kebutuhan seseorang.


4. Berpartisipasi dalam Program Literasi Keuangan Syariah


Terdapat berbagai program literasi keuangan syariah yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga keuangan atau organisasi masyarakat. Seseorang dapat berpartisipasi dalam program tersebut untuk meningkatkan literasi keuangan syariah dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang keuangan syariah.


Tantangan dalam Mengembangkan Literasi Keuangan Syariah


A. Tantangan internal


Tantangan internal yang dihadapi dalam mengembangkan literasi keuangan syariah adalah kurangnya motivasi dan kesadaran masyarakat untuk mempelajari tentang keuangan syariah. Selain itu, kebiasaan dan pola pikir konvensional juga bisa menjadi penghambat dalam mengembangkan literasi keuangan syariah.


B. Tantangan eksternal


Tantangan eksternal yang dihadapi dalam mengembangkan literasi keuangan syariah adalah minimnya akses terhadap literatur dan informasi keuangan syariah. Selain itu, kurangnya dukungan dari lembaga-lembaga keuangan juga bisa menjadi penghambat dalam mengembangkan literasi keuangan syariah.



Dalam dunia keuangan modern saat ini, literasi keuangan syariah menjadi semakin penting untuk dipahami dalam pengelolaan keuangan pribadi. Mengetahui prinsip-prinsip syariah dalam pengelolaan keuangan tidak hanya membantu seseorang untuk meminimalisir risiko kerugian finansial, tetapi juga membantu seseorang untuk memperoleh keuntungan dengan cara yang halal.


Dengan memiliki pemahaman tentang literasi keuangan syariah, seseorang dapat memahami pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam setiap transaksi keuangan. Selain itu, seseorang juga dapat memahami cara-cara untuk menghindari riba dan praktik keuangan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.


Pentingnya literasi keuangan syariah juga terkait dengan aspek sosial dan moral. Dalam pengelolaan keuangan pribadi, seseorang dapat memilih untuk berinvestasi dalam produk-produk syariah yang mempromosikan keadilan sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.


Dengan demikian, literasi keuangan syariah bukan hanya tentang memperoleh keuntungan finansial, tetapi juga tentang memperoleh keuntungan moral dan sosial. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk memperoleh pemahaman yang baik tentang literasi keuangan syariah dan menerapkan prinsip-prinsip ini dalam pengelolaan keuangan pribadi.


Sharia Knowledge Centre atau SKC, didirikan oleh PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah), sebagai sebuah platform yang menyediakan informasi, inovasi, dan kolaborasi dalam konteks ekonomi syariah di Indonesia. Prudential Syariah secara aktif berperan dalam pengembangan industri ekonomi syariah dengan mempercepat inovasi dan kerja sama dengan berbagai pihak yang berkepentingan.


source image: pexels 

>