Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

10 Jenis Tepung Untuk Kue Kering, Pilih yang Mana?

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Jumat, 28 Juli 2023

 


Tepung untuk Kue Kering


Membuat kue adalah seni yang membutuhkan sentuhan khusus untuk menciptakan hidangan manis yang lezat. Salah satu faktor kunci dalam proses pembuatan kue adalah pemilihan tepung yang tepat. Berbagai jenis tepung tersedia di pasaran, masing-masing dengan karakteristik yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail terkait 10 jenis tepung untuk kue kering, mulai dari tepung serbaguna hingga tepung premix. Mari kita eksplorasi masing-masing tepung dengan lebih detail.


1. Tepung Serbaguna


Tepung serbaguna, adalah jenis tepung yang paling sering digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Tepung ini memiliki kandungan protein sedang, biasanya sekitar 9-11%. Protein inilah yang memberikan struktur pada adonan dan membantu kue mengembang dengan baik. Tepung serbaguna cocok untuk berbagai jenis kue, roti, dan makanan panggang lainnya. Anda juga bisa menggunakannya untuk menggantikan tepung roti dalam beberapa resep.


Sriboga menawarkan pilihan tepung serbaguna berkualitas tinggi, seperti Sriboga Ninja yang merupakan tepung premium dengan tekstur sangat lembut. Selain itu, tersedia juga tepung serbaguna "Beruang Emas" dengan teknologi fusion yang cocok digunakan untuk berbagai macam produk. Anda juga dapat menjelajahi koleksi lain seperti Beruang Biru dan Stupa Hijau.


2. Tepung Kue (Tepung Cake)


Tepung kue memiliki kandungan protein yang lebih rendah, sekitar 6-8%. Kandungan rendah ini membuat kue menjadi lebih ringan, lembut, dan empuk. Tepung kue sering digunakan untuk membuat kue yang memiliki tekstur halus dan remah-remah yang lembut. Kue-kue jenis ini biasanya memiliki sedikit serat dan nutrisi jika dibandingkan dengan tepung terigu biasa.


3. Tepung Roti (Tepung Bread)


Tepung roti memiliki kandungan protein yang tinggi, sekitar 12-14%. Kandungan protein yang tinggi ini menyebabkan kue atau roti memiliki tekstur kenyal dan struktur yang kokoh. Tepung roti juga menghasilkan kandungan gluten yang mencukupi untuk membuat roti yang mengembang dengan baik dan resep yang menggunakan ragi sebagai bahan pengembang.


4. Tepung Kue Kering (Tepung Pastry)


Tepung kue kering dibuat dari gandum yang lembut dengan kandungan protein lebih rendah daripada tepung serbaguna. Hal ini menghasilkan tekstur kue yang lembut, rapuh, dan ringan. 


Tepung kue kering memiliki cukup protein untuk memberikan struktur yang dibutuhkan untuk menyatukan kue. Untuk hasil yang lebih ringan dan lembut pada kue kering, merk tepung yang bagus untuk kue kering dan sangat kami rekomendasikan adalah Pita Merah, yang juga dapat menyerap kelembapan dan gula, ideal untuk kulit pai, kue lapis, kue kering, dan biskuit renyah.


5.Tepung Premix (Tepung Multiguna)


Tepung premix adalah campuran dari berbagai tepung dan bahan, seperti perasa, baking powder, dan garam, yang diformulasikan untuk menyederhanakan proses pemanggangan dan memastikan hasil yang dapat diandalkan. Tepung premix hadir dalam berbagai rasa, sehingga cocok untuk membuat berbagai jenis makanan yang dipanggang.


6. Tepung Termodifikasi Panas


Tepung yang harus dipanaskan adalah jenis tepung khusus untuk memanggang yang mengalami proses pemanasan untuk menghilangkan bakteri berbahaya. Tepung ini aman digunakan dalam resep yang menggunakan tepung mentah atau setengah matang, seperti adonan kue.


7. Tepung Almond


Tepung almond terbuat dari kacang almond yang telah direbus dan digiling halus. Tepung ini bebas gluten secara alami dan memiliki rasa kacang yang lembut. Tepung almond cocok sebagai pengganti tepung serbaguna dalam berbagai resep kue dan makanan panggang lainnya.


8. Tepung Kecambah


Tepung kecambah terbuat dari biji-bijian yang berkecambah dan merupakan alternatif yang populer dan bergizi untuk membuat kue yang lebih sehat. Tepung kecambah menawarkan peningkatan vitamin dan mineral, serta mengurangi kandungan gula dalam kue.


9. Tepung Tapioka


Tepung tapioka berasal dari akar singkong dan memiliki tekstur halus seperti tepung. Tepung ini cocok untuk memanggang berbagai macam hidangan, memberikan tekstur yang menyenangkan dan mengikat, sehingga menghasilkan hidangan yang ringan dan mengembang.


10. Tepung Khusus dan Tepung Tertentu


Selain jenis tepung standar yang telah disebutkan di atas, ada juga tepung khusus dan tepung tertentu yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan memanggang yang lebih spesifik. Misalnya, ada tepung bebas gluten untuk memanggang yang cocok bagi mereka yang memiliki intoleransi gluten. Beberapa produsen juga menyediakan tepung dengan formulasi khusus untuk meningkatkan elastisitas adonan atau memberikan warna yang cerah pada produk akhir.


Kesimpulan


Pemilihan tepung yang tepat memainkan peran penting dalam menciptakan kue yang sempurna. Setiap jenis tepung memiliki karakteristik uniknya, dan memahami perbedaan di antara mereka akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat sesuai dengan resep yang ingin Anda buat. Jika Anda menginginkan kue yang ringan dan lembut, gunakanlah tepung kue. Untuk roti yang kenyal dan mengembang dengan baik, pilihlah tepung roti. 


Dan jika Anda mencari alternatif bebas gluten, tepung almond atau tepung kecambah bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan menguasai berbagai jenis tepung ini, Anda akan menjadi ahli dalam seni memanggang kue yang lezat dan menggugah selera. Selamat memasak!

>