Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Tips Bayar Invoice Tepat Waktu Menggunakan Invoice Digital

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 06 Juli 2023


Dalam era bisnis yang semakin berkembang, mengelola keuangan perusahaan menjadi hal yang sangat penting. Salah satu aspek penting dalam pengelolaan keuangan adalah melakukan pembayaran invoice penagihan. Sayangnya, banyak perusahaan menghadapi kesulitan dalam melunasi tagihan tepat waktu. Isu ini tidak hanya mempengaruhi perusahaan itu sendiri, tetapi juga berdampak pada hubungan bisnis, reputasi, dan kelangsungan operasional, lho


Bahkan, keterlambatan pembayaran invoice dapat memberikan dampak negatif, mulai dari timbulnya kerenggangan bisnis, keuangan perusahaan menjadi kacau, hingga yang paling parah dapat menimbulkan ancaman hukum jika mitra bisnis merasa dirugikan karena terdapat tagihan yang belum dibayar atau melanggar kontrak yang telah disepakati sebelumnya.


Lalu bagaimana sih, caranya membayar invoice tepat waktu? Lakukan beberapa tips di bawah ini:


1. Memprioritaskan Invoice yang Paling Urgent


 Coba mulai dengan mengurutkan invoice sesuai dengan skala prioritas. Cara ini bisa kamu terapkan apabila ada banyak invoice yang harus dibayarkan. kamu bisa mengurutkan berdasarkan deadline pembayaran dan kepentingan jenis barang yang dibayarkan. Selain itu, agar hubungan perusahaan dengan klien tetap baik, usahakan membayar invoice yang dekat dengan jatuh tempo.


Apabila pembayaran invoice dilakukan tepat waktu maka bisa meminimalisir terjadinya denda atau konsekuensi lainnya yang merugikan. Dengan membayar invoice tepat waktu arus kas perusahaan akan tetap lancar.


Contoh sederhananya, kamu bisa membuat tabel maupun kalender invoicing yang diurutkan berdasarkan deadline terdekat, sehingga tim finance dapat memproses pembayaran lebih cepat dan mudah.


2. Memanfaatkan Layanan Pembayaran Invoice Digital


 Daripada menggunakan metode manual yang menghabiskan banyak waktu, coba beralih ke layanan pembayaran digital akan lebih cepat.


layanan pembayaran digital menyediakan berbagai metode mulai dari pembayaran dengan kartu kredit, transfer, dan lainnya. Selain menghemat waktu, kamu juga bisa mengurangi risiko terjadinya kesalahan dalam pembayaran atau human error hingga 100%


Contohnya ketika kamu akan melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menambah atau mengatur batas jatuh tempo pembayaran. Penambahan batas waktu tempo biasanya 30 hingga 45 hari.


Menggunakan layanan pembayaran digital bisa memudahkan kamu untuk melihat history pembayaran. Biasanya layanan pembayaran digital akan merekam semua aktivitas transaksi yang dilakukan oleh pengguna sehingga kamu bisa mengeceknya kapan saja.


3. Cobalah Menggunakan Aplikasi Invoice Agar Lebih Mudah


Kamu bisa pertimbangkan menggunakan aplikasi invoice agar lebih mudah. Aplikasi invoice biasanya memiliki fitur untuk melacak dan mengelola invoice menjadi lebih rapi. Tenang saja, ada banyak aplikasi invoice digital yang memiliki sistem keamanan tinggi, kok.


Semua invoice yang kamu input akan saling terhubung sehingga mudah dalam melakukan pelacakan. Tidak hanya itu, pertimbangkan juga memilih aplikasi invoice yang sudah terintegrasi dengan manajemen stok, terintegrasi dengan sistem akuntansi sederhana, dan sebagainya.


Lalu, bagaimana jika ingin membayar invoice tetapi harus dibubuhi dengan  meterai? kamu bisa mengunduh aplikasi invoice yang sudah bekerja sama dengan PERURI. Dengan aplikasi tersebut kamu bisa menambahkan e-meterai ke dalam invoice.


Agar tidak lupa dalam melakukan pembayaran, pertimbangkan juga pilih aplikasi yang memiliki fitur  payment reminder dan otomatisasi. Nantinya ketika sudah dekat dengan tanggal jatuh tempo aplikasi akan memberikan “pengingat”dan kamu bisa melunasi invoice saat itu juga.


4. Jaga Komunikasi dengan Mitra Bisnis


Dalam proses invoicing, menjaga hubungan yang baik dengan mitra bisnis sangat penting untuk memastikan kelancaran transaksi dan kerjasama jangka panjang. Pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan jelas dan tepat waktu terkait dengan invoice yang diterima.


Penting juga untuk tetap mematuhi kesepakatan kontrak yang telah ditetapkan dengan mitra bisnis. Pastikan untuk mengikuti jangka waktu pembayaran, persyaratan pembayaran, dan ketentuan lainnya yang telah disepakati. Dengan mematuhi kesepakatan kontrak, Anda membangun kepercayaan dan menjaga profesionalisme dalam hubungan bisnis. 


Jika ada perubahan dalam persyaratan atau perincian pembayaran, atau terdapat masalah yang harus diselesaikan, segera komunikasikan kepada mitra bisnis. Hal ini membantu menghindari kebingungan atau kesalahpahaman yang dapat merusak hubungan dan memperlambat proses pembayaran.


Manfaat Bayar Invoice secara Digital (Photo by ecosio)


Agar perusahaan kamu terhindar dari berbagai dampak negatif yang bisa ditimbulkan karena keterlambatan membayar invoice, kamu dapat menggunakan sistem yang saling terintegrasi untuk membuat, mengirim, ataupun melacak invoice perusahaan, apakah invoice sudah atau belum dibayar.


Nah, dengan menggunakan invoice digital, kamu tidak perlu repot lagi terkait proses manajemen bisnis, karena sistem di dalamnya memungkinkan untuk membuat invoice dan mengirimkannya kapanpun dimanapun, sehingga lebih mudah dalam melacak keuangan perusahaan. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan invoice digital?


Semoga artikel ini bermanfaat..

>