Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Luncurkan Katalog Online UMKM, DOKU siap dukung digitalisasi UMKM

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Senin, 28 Agustus 2023

 

Luncurkan Katalog Online UMKM DOKU siap dukung digitalisasi UMKM

The Faisol Times - Pertumbuhan bisnis di era digital semakin memperoleh dukungan baru yang mengesankan, terutama dengan inovasi terbaru dari DOKU. Dengan fitur katalog online yang disajikan, pelanggan kini mendapatkan kemudahan dalam menjelajahi produk melalui katalog online. Tidak hanya itu, kehadiran aplikasi Juragan DOKU juga membuka pintu bagi pengusaha dan UMKM untuk mengembangkan jangkauan produk dan membuka peluang dalam berjualan secara online.


Hal ini sejalan dengan program Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, telah mengumumkan rencana pemerintah untuk merilis platform katalog online pada tanggal 24 Maret 2022. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk memperkuat pengadaan dari UMKM oleh pemerintah pusat dan daerah, dengan harapan meningkatkan pembelanjaan di sektor tersebut.


Sebagai bagian dari komitmen mendukung inisiatif pemerintah dalam memajukan sektor UMKM dalam dunia perdagangan yang lebih mudah dan efisien, DOKU  telah memperkenalkan fitur terbaru, yaitu katalog online. Fitur katalog online ini dirancang untuk membantu pelaku usaha dalam membuat katalog online yang berisi daftar produk yang dijual. Setiap penjual akan memiliki tautan unik yang bisa dibagikan melalui media sosial atau grup WhatsApp, sehingga calon pelanggan memiliki kesempatan untuk melihat produk-produk yang tersedia sebelum melakukan pembelian.


Bagi para pengusaha dan terutama para pelaku UMKM yang ingin menjajaki ranah bisnis online, saat ini adalah saat yang sangat tepat. Dengan hadirnya fitur katalog online dari DOKU, peluang untuk mengembangkan bisnis semakin terbuka lebar. Fitur ini memberikan solusi yang kuat untuk memperluas jangkauan bisnis, menarik pelanggan baru, dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.


Dalam rangka memperluas ekosistemnya, DOKU telah memulai upaya untuk memberikan dukungan khusus kepada para pelaku UMKM melalui program pendampingan. Selain fitur produk yang dapat diakses melalui platform web dan aplikasi Juragan DOKU yang tersedia di Play Store dan Apple Store, langkah ini menandai langkah awal DOKU dalam mengembangkan ekosistemnya. 


Tips Menggunakan Katalog Online /  e Katalog DOKU 


DOKU memberikan beberapa panduan yang akan membantu penjual dalam memajang produk mereka dengan lebih mudah. Berikut adalah rincian dari setiap tips tersebut:


1. Unggah dan sesuaikan berbagai variasi produk atau jasa yang ingin dijual. Ini berarti penjual dapat mengunggah foto, deskripsi, dan detail lainnya tentang produk yang berbeda atau variasi jasa yang ditawarkan. Dengan melakukan ini, penjual dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada calon pembeli dan memberikan mereka lebih banyak pilihan.


2. Lakukan promosi katalog online Anda melalui media sosial dengan mudah. DOKU menyediakan fitur yang memungkinkan penjual membagikan katalog produk mereka langsung ke platform media sosial. Hal ini mempermudah penjual dalam memperluas jangkauan promosi mereka dan mencapai lebih banyak calon pembeli melalui saluran yang populer dan efektif.


3. Sambungkan dengan mitra jasa pengiriman terpercaya. DOKU menyediakan integrasi dengan mitra jasa pengiriman yang terpercaya dan terkenal. Hal ini memungkinkan penjual untuk dengan mudah mengatur pengiriman produk kepada pelanggan dengan cepat dan aman. Menghubungkan dengan mitra jasa pengiriman terpercaya juga memberikan kepercayaan tambahan kepada calon pembeli, karena mereka tahu bahwa produk mereka akan dikirim dengan baik.


4. Pantau dan terima notifikasi transaksi yang berhasil melalui dashboard. DOKU menyediakan dashboard yang memungkinkan penjual melacak transaksi yang berhasil secara real-time. Dengan adanya notifikasi, penjual akan mendapatkan pemberitahuan segera setiap kali ada transaksi yang berhasil dilakukan. Hal ini memudahkan penjual dalam mengelola pesanan dan memastikan tidak ada transaksi yang terlewatkan.


Jika Anda merasa tertarik untuk lebih mendalam dalam memahami konsep dan manfaat dari katalog online yang ditawarkan oleh DOKU, saya mengundang Anda untuk mengunjungi situs web mereka sekarang. Di situs tersebut, Anda akan dapat menemukan informasi yang lebih rinci tentang bagaimana fitur ini bekerja, keunggulannya, serta panduan langkah demi langkah untuk memanfaatkannya secara optimal sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan mengakses situs web DOKU, Anda akan mendapatkan wawasan lebih lengkap tentang bagaimana katalog online ini dapat menjadi alat yang kuat dalam mengembangkan dan memajukan bisnis Anda dalam era digital saat ini.

>