Kategori Berita

ZMedia

Berkat Lister, Berbahasa Asing Tak Lagi Minder

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Selasa, 05 September 2023

 


Sewaktu kecil, aku memang terlihat tidak terlalu menonjol di bidang bahasa asing, terutama bahasa Inggris, karena kupikir pasti sangat sulit untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Belum lagi, lingkungan sekitarku juga terbiasa memakai bahasa daerah untuk mengobrol ataupun sekedar bercanda bersama. Jadi ketika waktu belajar bahasa Inggris tiba, tak jarang aku menangis demi "kabur" dari pelajaran tersebut. Aku takut.


 Ya, aku sangat "phobia" ketika mendengar apapun yang berhubungan dengan bahasa Inggris kala itu. Tak seperti anak kebanyakan yang mendapatkan les tambahan sepulang sekolah, bahkan teman karibku dileskan di tempat yang begitu eksklusif dan cukup mentereng di zamannya. Wajar, anak orang kaya, pikirku.


Bertahun-tahun kubiarkan "ketakutan" itu masuk ke dalam diri ini, namun bukannya semakin tenang, aku justru semakin bimbang dan kalut akan masa depan. Ya, aku takut tidak bisa melawan arus globalisasi kedepannya, apalagi guruku selalu mengingatkan agar bisa menguasai bahasa Inggris, karena ini adalah bahasa yang penting untuk digunakan di zaman yang akan datang. Aku hanya bisa menelan ludah ketika mendengarnya.


 Jujur, ada rasa minder melihat teman-teman di sekolah mulai bisa dan paham dengan bahasa Inggris, bahkan beberapa diantaranya ada yang tembus membawa nama baik sekolah untuk berbagai kejuaraan speech di tingkat kabupaten. Sedangkan aku, masih gelagapan ketika disuruh membaca teks berbahasa Inggris. 


Maklum saja, kala itu teknologi belum semaju sekarang, jadi aku harus benar-benar mengejar ketertinggalan. Effortku tidak main-main, aku mulai membeli berbagai buku bacaan seperti "PRACTICE AND PROGRESS" karya L.G. Alexander, serta buku kompetensi berbahasa lainnya, selain itu aku juga berusaha untuk keluar dari zona nyaman, dengan cara aktif berdiskusi dengan teman jika ada hal yang tidak aku mengerti. Semua aku lakukan, agar tak lagi ditertawakan di kelas, karena kesalahan mengeja kata dalam bahasa Inggris.


Alhasil, tak ada yang sia-sia, perasaan cintaku pada bahasa Inggris perlahan mulai tumbuh, bahkan manfaatnya tetap aku rasakan hingga di usia kepala dua, sekarang. Ya, dewasa ini aku mulai menyadari betapa pentingnya penggunaan bahasa Inggris untuk menunjang kegiatan bloggingku. 


Bagaimana tidak, setahun belakangan, terdapat sejumlah perusahaan luar negeri mengirimku email untuk berkolaborasi dalam kepenulisan artikel. Tentu saja dengan target Internasional, sehingga mau tidak mau, aku harus bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, dan menulis artikel dalam bahasa Inggris juga. 


Agar tidak minder, aku biasanya melakukan beberapa tips ketika harus berhadapan dengan klien luar negeri. Tipsnya apa saja kira-kira? Check these out...


5 Tips Anti Minder saat Berkomunikasi dengan Klien dari Luar Negeri



1. Cari Tahu Informasi Terkait Perusahaan


Pertama kali, penting bagi kita untuk mengetahui background terkait perusahaan yang akan berpartner, seperti; perusahaan apa? berbasis dimana? visi misinya bagaimana? dan hal-hal basic lainnya. Dengan begitu, kita akan lebih percaya diri untuk merespon ajakan kolaborasi secara tepat. Selain itu, riset sederhana ini juga biasa kulakukan untuk mengantisipasi terjadinya mispersepsi antara kedua belah pihak.


2. Tunjukkan Interest (Ketertarikan) dengan Visi Perusahaan


Menunjukkan ketertarikan kepada visi perusahaan, akan mengurangi grogi yang ada dalam diri kamu. Ya, karena ada suatu persamaan yang saling terhubung untuk mencapai sesuatu. Misalnya, ada persamaan terkait tujuan bisnis, seperti ketertarikan dengan sustainability project, dan lain sebagainya. Nantinya, perusahaan akan menilai kamu sebagai seorang kolaborator yang tepat bagi keberlangsungan perusahaan.


3. Siapkan Pertanyaan Terkait Proyek Tersebut


Disadari atau tidak, beberapa penjelasan memang terkadang dinilai masih kurang begitu gamblang. Sehingga, cobalah untuk mempertanyakan poin-poin yang dirasa kurang jelas. Misal terkait syarat dan ketentuan, ataupun berbagai hal teknis lainnya. Jika bisa, mintalah perjanjian tertulis berupa Memorandum of Understanding (MoU) guna memperkuat legalitas kerja sama tersebut.


4. Miliki Skill Komunikasi dan Negosiasi yang Baik


Untuk menghasilkan sebuah kesepakatan, diperlukan negosiasi yang baik antara kedua belah pihak. Karena saling membutuhkan, pastikan kamu mendapatkan benefit yang layak serta perusahaan mendapatkan insight yang diinginkan. Jika dirasa benefit kurang sesuai, cobalah lakukan negosiasi, dan berkomunikasi secara dua arah. 


5. Gunakan Bahasa Inggris yang Baik dan Benar


Karena kita sedang membicarakan klien luar negeri, maka "wajib" untuk bisa berbahasa Inggris yang baik dan benar, yakni mencakup penggunaan tata bahasa yang tepat, pengucapan yang jelas, serta pemahaman yang baik terhadap kosakata dan frasa yang relevan dengan industri atau bidang kerja kita. Ini akan membantu membangun hubungan yang kuat dengan klien luar negeri, meningkatkan komunikasi yang efektif, dan memberikan kesan profesional.


Selain itu, pemahaman yang baik terhadap bahasa Inggris juga akan membantu kita dalam memahami kebutuhan dan ekspektasi klien dengan lebih baik, sehingga kita dapat memberikan layanan yang lebih baik dan memenuhi harapan mereka. Oleh karena itu, dalam konteks ini, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar bukan hanya sebuah keharusan, melainkan juga aset berharga dalam menjalankan bisnis dengan klien internasional.


Namun pertanyaannya, bagaimana cara menguasai semua itu? Seperti apa menyusun respon, hingga bernego dengan perusahaan dalam bahasa Inggris? Apakah memungkinkan untuk dipelajari? Jawabannya TENTU BISA!


Yuk, Kenalan Dengan Business English Program by Lister



Bagiku, kemampuan berbahasa Inggris merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh generasi masa kini. Karena bagaimanapun, komunikasi global memegang peranan penting untuk kemajuan industri, sehingga tak ada lagi sesuatu yang membatasi kita untuk sukses di berbagai bidang kecuali ketidaktahuan kita sendiri. 


Nah, untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris khususnya business english, terdapat salah satu platform yang menyediakan berbagai program pelatihan dan bahasa Inggris, bahkan cocok untuk kita-kita yang ingin mempelajari basic dalam business english secara lengkap. Platform tersebut bernama Lister.


Dengan visi untuk memberdayakan setiap orang dalam menghadapi persaingan global, Lister menyediakan lebih dari 100 program yang bisa diikuti, baik untuk mengejar pendidikan tinggi maupun mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan. Setidaknya terdapat 5 program yang bisa dipelajari untuk meningkatkan kemampuan business english, yakni English For Job Interview, Business EnglishBusiness Conversation, Business Writing, dan Business Presentation. Yuk, kita bahas satu


1. English For Job Interview


Sebagian orang mungkin masih beranggapan bahwa job interview begitu misterius dan menegangkan. Padahal, jika paham akan polanya, kita bisa mendapatkan peluang yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan. Nah, dalam program English for Job Interview ini, kalian akan mendapatkan strategi dan kiat-kiat sukses job interview dalam seleksi pekerjaan, baik di perusahaan nasional, maupun multinasional yang diimpikan.


Program ini sangat membantu terkait bagaimana mengidentifikasi kemampuan diri, lalu menuliskannya dalam surat lamaran kerja berbahasa Inggris. Di dalamnya juga memuat materi terkait pembuatan curriculum vitae (CV), pertanyaan yang umumnya ditanyakan dalam sesi interview, hingga terkait salary negotiation, pokoknya semua yang kamu butuhkan agar job interview berjalan mulus, bisa didapatkan melalui program ini.


2. Business English


Bagi teman-teman pebisnis yang ingin melakukan ekspansi dalam bisnisnya, diperlukan banyak sekali bekal terkait komunikasi. Apalagi jika skalanya sudah internasional, maka dibutuhkan kemampuan yang lebih untuk mendapatkan jaringan di tempat yang dituju.


Kamu perlu join program Business English ini, karena kamu akan belajar mulai dari bagaimana cara memperkenalkan diri di depan klien, membuat dan menyusun presentasi company profile, dan masih banyak kompetensi yang bisa didapatkan untuk memperkuat bisnismu.


3. Business Conversation


Siapa di sini yang masih sulit melakukan percakapan bisnis menggunakan bahasa Inggris? Mungkin kebanyakan orang masih kebingungan untuk mempraktekkannya, karena wajar saja, business conversation dengan general conversation pada dasarnya berbeda. Mulai dari pemilihan kosa kata, hingga formalitas bahasanya, jauh berbeda. 


Nah, kalian bisa mempelajari semua hal itu dengan mudah melalui salah satu program Lister, yakni Business Conversation. Program ini dirancang khusus untuk meningkatkan kepercayaan diri serta membantu mengembangkan kompetensi dalam berkomunikasi, seperti ketika bersosialisasi, menelepon rapat, hingga bernegosiasi.


4. Business Writing


Di dunia kerja, banyak orang yang belum menyadari pentingnya menguasai skill kepenulisan untuk keperluan profesional. Padahal, fakta di lapangan banyak sekali permintaan dari perusahaan untuk merekrut orang-orang dengan skill di bidang tersebut. Misal saja untuk business email, laporan kerja, hingga pembuatan proposal. 


Lister menyediakan program yang solutif untuk kamu yang ingin meningkatkan kompetensi business writing secara komprehensif. Melalui program ini, kamu akan diajari banyak hal, mulai dari tips menulis untuk keperluan bisnis, formal letter, agenda, laporan, hingga berbagai bentuk kepenulisan lainnya.


5. Business Presentation


Disadari atau tidak, presentasi yang baik di depan calon klien akan membawa bisnis ke arah yang lebih positif. Namun, begitu gagal dalam menyampaikannya, maka hilang jugalah peluang dalam suatu bisnis, sehingga keberadaannya begitu penting. 


Nah, agar dapat berjalan dengan sempurna, kamu perlu menyiapkan diri dengan bekal terkait presentasi bisnis dalam bahasa Inggris. Dalam hal ini, Lister sebagai platform belajar bahasa Inggris yang lengkap, bahkan telah menyediakan program untuk itu. 


Melalui program Business Presentation, kita akan belajar bagaimana cara membangun kepercayaan diri saat melakukan presentasi di hadapan banyak orang, cara merancang presentasi yang menarik, jelas, dan efisien, serta berbagai teknik yang mendukung berhasilnya presentasi bisnismu.


Kelima program tersebut adalah bukti nyata bagaimana Lister dapat membantu para pebisnis, maupun orang yang akan terjun ke dunia bisnis, untuk mempelajari berbagai skill bahasa Inggris yang pastinya berguna kedepannya. 


Berbicara Lister, mungkin sempat terbersit pertanyaan, kenapa harus memilih Kursus Business English di Lister? Nah, ini dia alasannya..


Alasan Kenapa Harus Ikut Kursus Business English di Lister



Sebagai start-up edu-tech yang menyediakan pengalaman belajar bahasa berkualitas tinggi bagi siswanya, Lister.co.id menawarkan berbagai keunggulan, seperti kemudahan atur jadwal dengan fleksibel, materi yang relevan, tutor yang berpengalaman, dipercaya oleh ratusan perusahaan maupun lembaga, serta harga yang terjangkau, menjadikan Lister menjadi pilihan terbaik untuk mempelajari business english.


1. Bisa Atur Jadwal Kapan Saja Dimana Saja (Fleksibel)


Bagi para pebisnis, mungkin memiliki jadwal yang cukup padat dalam mengelola bisnisnya, harus mengurus ini-itu. Nah, di Lister sendiri kita bisa mengatur jadwal secara fleksibel, menyesuaikan kapan waktu kosong untuk memperdalam business english, jadi waktu yang kita miliki bisa dialokasikan secara maksimal.


2. Materi yang Relevan dengan Kebutuhan Industri


Tidak perlu khawatir materi yang diajarkan ketinggalan zaman, karena Lister menyuguhkan materi yang selalu up-to-date dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Apalagi dengan sistemnya yang terarah, yakni menyesuaikan dengan masing-masing individu, sehingga membuat pelajaran menjadi jauh lebih efektif.


3. Tutor yang Berpengalaman


Karena berbicara business english, maka untuk tutornya haruslah orang yang kompeten di bidangnya, serta menguasai berbagai kemampuan yang berkaitan. Lister menghadirkan tutor-tutor berkualitas yang kredibel dan telah teruji sebelumnya, apalagi kebanyakan merupakan alumni universitas di luar negeri, sehingga lebih terjamin dalam penguasaan bahasa asing.


4. Dipercaya Lebih dari 300+ Perusahaan, Sekolah dan Institusi


Hal yang patut dijadikan pertimbangan memilih Lister, yakni tingkat kepercayaannya. Setidaknya lebih dari 300 companies, lembaga, maupun sekolah mempercayakan Lister sebagai partner untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris mereka, sehingga banyak membantu untuk menggapai impian.


5. Harga yang Terjangkau


Jika berbicara business english, di pikiran kita mungkin harganya mahal, secara kelas-kelasnya memang ditujukan untuk seorang profesional. Namun, di Lister kamu bisa mendapatkan semua manfaat yang luar biasa dengan harga yang terjangkau, lho. Kamu juga bisa memasukkan kode promo BLOG23 guna mendapatkan harga spesial. 


Dengan Lister, Belajar Business English Jadi Satu Langkah Lebih Mudah


Kini, aku tak lagi minder ketika harus berkomunikasi dengan klien. Lister menjadi solusi yang tepat untuk menjawab berbagai problematika berbahasa asing, termasuk juga komunikasi bisnis berbahasa Inggris. Ditambah lagi dengan materi yang relevan, serta mentor berpengalaman, membuatku yakin Lister mampu memberikan pengalaman belajar terbaik bagi siswanya, guna meningkatkan skill yang sangat berguna untuk dunia kerja kedepannya.


Jadi gimana, tertarik menggunakan Lister?

>