Kategori Berita

ZMedia

Mengenal Modus Penipuan Online Website Palsu Punycode

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Rabu, 27 September 2023

 


Modus penipuan selalu berkembang tidak hanya menghubungi Anda dan meminta data yang sifatnya pribadi yang bisa disalahgunakan. Tetapi sudah menggunakan modus yang bahkan orang mengerti teknologi juga bisa menjadi salah satu korban penipuan karena susah untuk menghindari modus penipuan punycode. Modus penipuan yang satu ini adalah menggunakan website palsu yang diberikan sebagai tautan dengan mengarahkan website yang mempunyai tampilan seperti asli tetapi sebenarnya palsu.


Punycode merupakan website yang mempunyai alamat seperti situs resmi yang dipunyai oleh perusahaan. Situs palsu tersebut menggunakan punycode yang mempunyai jenis huruf dan karakter yang mirip dengan yang asli. Sehingga hal tersebut membuat alamat website yang dibuat mempunyai susunan karakter dan huruf yang apabila dibaca maka sekilas akan sama dengan website resmi yang dimiliki oleh perusahaan seperti misalnya bank. 


Link website yang diberikan tersebut akan mempunyai alamat yang sama sehingga membuat banyak orang yang merasa tidak curiga. Sehingga setelah mengklik tautan yang diberikan maka akan memberikan data informasi yang sifatnya pribadi padahal website yang digunakan tersebut merupakan situs palsu yang mempunyai alamat yang huruf dan karakternya sama seperti yang asli. Situs palsu yang diklik tersebut bisa mencuri informasi yang sifatnya pribadi dari data yang diberikan karena menganggap bahwa situs tersebut merupakan situs asli. Selain itu penipu juga bisa memberikan malware yang ditanamkan di smartphone dan berbagai ancaman lainnya yang bisa terjadi.


Penipuan dengan modus website palsu Punycode ini sendiri perlu sangat diwaspadai. Di mana walaupun mempunyai tampilan yang sama seperti situs yang asli akan tetapi tetap mempunyai ciri yang bisa dikenali sehingga bisa menghindari penipuan dengan modus Punycode ini. Modus penipuan ini biasanya diberikan sebagai email atau juga bisa dikirimkan lewat WhatsApp. Isi penipuan yang paling umum adalah meminta nasabah dari bank untuk memperbarui informasi akun di link yang diberikan, tentunya link tersebut merupakan situs palsu Punycode yang menyerupai dengan alamat yang asli. Di mana ciri yang bisa dikenali dari situs palsu ini adalah sebagai berikut:


  • Situs palsu Punycode ini mempunyai cara dengan meniru domain yang asli. Tetapi mempunyai sedikit perbedaan yang bisa dikenali, misalnya untuk bank BCA, abjad a akan diganti dengan Cyrillic alpha, sehingga perlu untuk sangat mengenali teliti ketika akan memberikan data di situs yang diterima lewat link.
  • Ciri selanjutnya adalah situs palsu yang diterima tidak akan terbaca ketika menggunakan website resmi, sehingga akan langsung mengarahkan ke situs yang asli.
  • Ciri lainnya adalah untuk situs palsu tersebut tidak akan muncul hyperlink dengan warna biru tetapi hanya warna hitam seperti teks biasa. Hal ini menandakan bahwa situs tersebut merupakan link yang mengarahkan ke website yang palsu.


Selain dengan mengenali ciri-ciri website palsu sehingga bisa untuk menghindari tindakan penipuan online menggunakan modus punycode ini, ada beberapa hal selanjutnya yang bisa dilakukan agar bisa menghindari modus penipuan yang satu ini. Karena penting untuk selalu teliti dan waspada ketika akan memberikan data yang dipunyai, sehingga nantinya informasi penting tersebut tidak disalahgunakan yang bisa merugikan. Beberapa cara menghindari modus penipuan punycode ini adalah sebagai berikut:


  1. Langkah yang paling mudah untuk menghindari modus penipuan punycode ini adalah dengan tidak mudah mengklik link yang mencurigakan. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Anda akan sering menerima penipuan jenis ini lewat WhatsApp dan email. Sehingga penting agar mengabaikan pesan yang didapatkan dari pengirim yang tidak terverifikasi dan tidak mengklik link yang bisa berbahaya tersebut. 
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan mengenali situs resmi yang dipunyai sehingga tidak mudah tertipu untuk bisa mengklik situs yang palsu. Untuk nasabah bank BCA misalnya perlu untuk mengenali situs resmi bank BCA, BCA prioritas, dan juga internet banking bank BCA untuk bisa mendapatkan akses yang aman. Pastikan bahwa link yang digunakan tersebut secured yang tidak ditemukan pada situs yang palsu.
  3. Langkah untuk bisa menghindari penipuan situs palsu tersebut adalah dengan tidak menggunakan link yang diterima. Tetapi Anda bisa untuk menggunakan cara manual yaitu mengetikkan di browser terpercaya yang akan mengarahkan ke situs yang resmi dipunyai. Anda tinggal untuk mengetik situs yang diinginkan di mesin pencarian seperti Google, sehingga akan lebih aman dibandingkan mengklik link tautan yang bisa saja merupakan modus penipuan Punycode.


Pastikan untuk memeriksa alamat website yang akan diakses sehingga memastikan bahwa website tersebut merupakan situs yang asli bukan website palsu dengan modus penipuan online Punycode yang berbahaya. Untuk informasi lebih lanjut tentang modus ini Anda bisa baca  di halaman ini


Bagi Anda yang menjadi korban yang diincar dengan mendapatkan situs palsu tersebut, maka segera laporkan kasus tersebut ke Halo BCA 1500888 bagi nasabah BCA sehingga bisa menghindari penipuan ke korban lainnya.

>