Kategori Berita

ZMedia

Peran Media Sosial untuk Bisnis

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Rabu, 27 September 2023

 


Media sosial adalah komunikasi online yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan dan berbagi informasi secara real time. Anda dapat menggunakan media sosial untuk, menjangkau pelanggan Anda dengan lebih baik, membuat jaringan online, menjual dan mempromosikan produk dan layanan Anda. Namun, ada risiko dalam menggunakan media sosial untuk bisnis Anda. Berhati-hatilah dan pelajari pro dan kontranya sebelum Anda memulai.


Media Sosial Marketing untuk Bisnis


Pemasaran media sosial adalah cara yang ampuh bagi bisnis dari semua ukuran untuk menjangkau prospek dan pelanggan. Berbagai kalangan manusia saat ini telah dapat menemukan, mempelajari, mengikuti, dan berbelanja di di media sosial dari berbagai merk.


Akibatnya, jika bisnis Anda tidak memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn, Anda dapat ketinggalan zaman! Pemasaran yang baik di media sosial dapat membawa kesuksesan luar biasa bagi bisnis Anda, menciptakan pendukung merek yang setia, dan bahkan mendorong prospek dan penjualan.


Pelajari jenis media sosial yang Anda gunakan



Dari diagram yang WordStream bagikan, setiap media sosial, memiliki target pasarnya sendiri. Hal ini terbentuk secara alami karena jenis media sosial dan algoritmanya membuat orang dengan karakteristik tertentu berkumpul dan saring berinteraksi. 


Sebut saja LinkedIn, pengguna paling banyak dan aktifnya berusia 46-55 dan cenderung memiliki pekerjaan yang sudah profesional. Konten yang ditampilkan dan dapat menarik perhatian adalah konten yang statis dan memiliki banyak nilai. Sehingga cocok untuk perusahaan yang membutuhkan target market Business to Busines.


 LinkedIn juga lebih mudah menggaet pasar berskala internasional dan tidak cocok untuk iklan yang memiliki waktu pendek. Anda bisa memanfaatkannya sebagai press realese tentang produk baru dan capaian-capaian perusahaan Anda terlebih lagi di bidang CSR.


Beda dengan Tiktok, yang kebanyakan pengguna aktifnya adalah berusia 10-19 tahun, kebanyakan berjenis kelamin perempuan. Konten yang laris di media sosial ini adalah konten yang menghibur, berbau humor, dan games yang bisa diikuti dengan mudah oleh pengguna lainnya. Jadi sangat tepat jika Anda menggunakan Influencer sebagai penyampai pesan produk Anda.


 Dalam Tiktok,  Anda beriklan dengan menggendorse seorang konten kreator yang populer di Tiktok, tentu saja yang sesuai dengan image produk Anda. Lalu, akan lebih menarik perhatian dengan menggunakan konten yang memiliki cerita bersambung.


 Oleh karena karakteristik pengguna Tiktok adalah senang mendengarkan kisah menarik dari seorang konten kreator. Tentu saja yang dibutuhkan adalah sebuah konten menarik, yang dekat dengan audiens, namun tidak monoton, menjadi sebuah tantangan tersendiri jika menggunakan Tiktok. 


Mengelola Akun Media Sosial


Setelah mengetahui kararkteristik semua media sosial, saatnya untuk mengelola akun media sosial tersebut. Memiliki akun diberbagai akun media sosial pastinya bermanfaat dalam menjangkau target yang lebih luas. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki akun di berbagai media sosial, namun masalah selanjutnya adalah bagaiman cara mengelola kaun media sosial tersebut secara bersamaan.


Jawaban dari permasalah diatas adalah menggunakan software gratis untuk mengelola akun media sosial. Saat ini secara gratis Anda bisa mengelola akun media sosial dengan sangat praktis. 

 


Contohnya saja, menggunakan Sociosight.co, Sociosight akan membantu Anda dalam menjadwalkan secara otomatis postingan Anda kedalam multi platform media sosial. 


Alat pengelola media sosial ini tentu saja sangat membantu para pebisnis untuk melakukan pemasaran secara efektif dan hemat waktu. Bahkan, Anda juga dapat memantau aktivitas di mediasosial anda seperti komentar dan like di alat pengelo media sosial ini. Menarik bukan?

>