Kategori Berita

ZMedia

Tips Investasi Bersama Pasangan, Kompak Kejar Financial Goals

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Jumat, 29 September 2023
source image: https://www.freepik.com/premium-photo/processing-online-payment-husband-wife-processing-online-payment-while-shopping-online_13861221.htm#query=investasi%20pasangan&position=40&from_view=search&track=ais) 

Investasi bersama pasangan merupakan langkah penting dalam membangun keuangan keluarga dan mengejar financial goals. Melalui investasi bersama, Anda dan pasangan bisa menargetkan banyak hal, seperti membeli rumah, membuka usaha, menyiapkan dana pendidikan anak, dan lainnya. 


Dari sekian banyak instrumen investasi, Reksadana adalah pilihan investasi yang cocok dilakukan bareng pasangan. Instrumen investasi ini bersifat low risk namun tetap menawarkan return yang kompetitif, serta bisa dijadikan investasi jangka panjang. Apalagi saat ini investasi Reksadana bisa dilakukan secara online, seperti melalui mobile banking. Cara daftar mbanking dan penggunaannya pastinya Anda sudah paham. 


Namun meski Anda dan pasangan memiliki cukup banyak modal, jangan gegabah atau melakukan investasi secara asal-asalan. Anda perlu tahu tips investasi bersama pasangan agar berhasil memperoleh banyak keuntungan baik untuk target jangka pendek maupun jangka panjang. 


Tips Investasi Bersama Pasangan


Investasi bersama pasangan sangat penting dilakukan mengingat banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi dalam hidup berkeluarga. Investasi bersama pasangan juga mempunyai sejumlah kelebihan karena perencanaan dan pengelolaan investasi dilakukan berdua. 


Namun jika investasi tidak dilakukan secara benar maka tidak hanya menimbulkan kerugian, tapi juga rentan menyebabkan masalah keluarga. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan sejumlah tips investasi bersama pasangan sebagai berikut:


1. Komunikasi Terbuka Soal Keuangan dan Keinginan Investasi


Keterbukaan mengenai kondisi keuangan antara pasangan sangatlah penting, baik sebelum menikah maupun saat sudah menjalani rumah tangga. Apalagi jika Anda dan pasangan ingin berinvestasi. Dengan berkomunikasi kepada pasangan, maka Anda bisa melakukan manajemen keuangan keluarga dengan lebih bijak dan terencana. 


Sebelum memutuskan berinvestasi, Anda dan pasangan bisa mencatat berapa banyak pendapatan yang dihasilkan. Kemudian menyusun alokasi kebutuhan keluarga untuk mengatur pengeluaran sesuai rencana keuangan. Termasuk menganggarkan dana untuk keperluan investasi agar tidak membebani dan mengganggu kebutuhan prioritas keluarga. 


2. Menentukan Tujuan dan Harapan Bersama


source image: https://www.freepik.com/free-photo/asian-woman-wife-motivate-advice-man-husband-freelancer-working-home-sitting-desk-dining-table-living-room_28260272.htm#query=investasi%20pasangan&position=36&from_view=search&track=ais) 


Anda dan pasangan pastinya memiliki sejumlah harapan atau tujuan bersama untuk hidup berkeluarga yang lebih mapan. Baik itu dalam menyiapkan modal untuk pendidikan anak, membangun atau membeli rumah, hingga mengumpulkan dana pensiun. 


Saat hendak berinvestasi, Anda dan pasangan perlu berdiskusi dan menentukan tujuan investasi secara jelas. Dengan memiliki tujuan atau target finansial, maka Anda dan pasangan akan semakin termotivasi dalam berinvestasi dan membantu merencanakan strategi yang realistis mencapai tujuan tersebut.


3. Diskusikan Toleransi Keuangan


Saat merencanakan untuk berinvestasi, Anda dan pasangan juga perlu mengingat adanya tingkat risiko. Oleh karena itu, Anda dan pasangan perlu berdiskusi mengenai toleransi keuangan. Jadi Anda dan pasangan bisa menentukan pilihan investasi yang cocok sesuai kondisi keuangan keluarga. 


Jika terjadi perbedaan dalam penerimaan risiko keuangan, maka bisa menimbulkan konflik. Jadi Anda dan pasangan juga harus memiliki kesepakatan dalam menentukan toleransi risiko keuangan. Setelah Anda dan pasangan sudah satu prinsip maka akan lebih mudah dalam merencanakan strategi investasi. 


4. Menyusun Alokasi Dana


Jangan sampai ambisi untuk berinvestasi justru mengganggu keuangan keluarga dan mengabaikan kebutuhan-kebutuhan yang menjadi prioritas. Oleh karena itu, Anda dan pasangan wajib menyusun alokasi dana. Pertama-tama, perlu dicatat dengan cermat setiap kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi, seperti belanja rutin, pembayaran tagihan listrik, biaya pendidikan anak, dan lain sebagainya. 


Detail besarnya pengeluaran di setiap pos ini harus dicatat dengan jelas. Selanjutnya, pengeluaran harus diatur berdasarkan tingkat prioritas masing-masing pos. Alokasi keuangan harus disesuaikan dengan tingkat pendapatan serta kebutuhan setiap anggota keluarga. Penting untuk tidak hanya mempertimbangkan pengeluaran, tetapi juga menentukan jumlah tabungan yang harus disimpan. 


Apabila semua pos pengeluaran dan dana darurat serta tabungan sudah tersusun dengan jelas, selanjutnya Anda dan pasangan bisa menentukan besaran dana untuk investasi. Setiap keluarga memiliki porsi dana untuk investasi yang berbeda-beda. Jadi pastikan pos investasi Anda sudah sesuai dengan kondisi dan alokasi keuangan. 


Produk Investasi untuk Pasangan Muda


Ada beberapa produk investasi yang cocok untuk dipilih oleh pasangan muda. Pastikan Anda memilih produk investasi sesuai dengan preferensi Anda dan pasangan, baik dari segi modal, tingkat keuntungan, dan potensi risikonya. 


1. Reksadana 


Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang cukup aman bagi investor pemula atau pasangan muda karena risikonya minim dan memberikan keuntungan yang kompetitif. Selain itu proses investasi Reksadana juga praktis dan mudah karena dana akan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman.


Selain faktor keamanannya, investasi Reksadana juga bisa dimulai dengan modal yang rendah atau terjangkau. Jika Anda dan pasangan baru memulai, bisa berinvestasi dengan modal mulai dari Rp 100.000. Beberapa perusahaan sekuritas bahkan menawarkan investasi Reksadana dengan modal sekecil Rp 10.000 sebagai pilihan investasi dengan potensi keuntungan harian.


2. Saham


Dulu investasi saham dikenal sebagai pilihan investasi yang terbatas pada kalangan tertentu. Namun sekarang jenis investasi ini semakin diminati oleh berbagai kalangan, termasuk Anda para pasangan muda. Investasi saham dapat menjadi sumber keuangan jangka panjang yang cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga, seperti untuk dana pendidikan anak atau pembelian rumah.


Apalagi saat ini banyak perusahaan sekuritas menawarkan layanan menarik dalam investasi saham. Meskipun memiliki potensi pengembalian yang tinggi, investasi saham juga bersifat high risk sehingga Anda dan pasangan perlu merencanakan investasi secara bijak. 


3. Emas 


Meski dianggap sebagai bentuk investasi yang tradisional, investasi emas tetap diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Investasi emas menawarkan kemudahan karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda memiliki fleksibilitas untuk membeli emas dalam jumlah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, mulai dari 5 gram, 10 gram, hingga 25 gram. Anda juga bisa membeli emas dalam bentuk perhiasan maupun batangan emas.


Salah satu keuntungan dari investasi emas adalah likuiditasnya yang tinggi. Sebagai contoh, jika Anda mendesak membutuhkan dana maka dapat dengan mudah menjual emas. Selain itu, harga emas umumnya memiliki kecenderungan untuk naik dan jika terjadi penurunan biasanya tidak signifikan.


4. Deposito


Apabila Anda memiliki jumlah uang dingin yang cukup besar, maka tidak ada salahnya untuk memasukkannya dalam bentuk deposito. Banyak orang memilih jenis instrumen ini karena prosesnya yang sederhana dan nggak ribet. Selain itu, deposito juga menawarkan fleksibilitas dalam memilih produk dengan berbagai jangka waktu yang berbeda untuk pencairannya.


Menggunakan Digital Banking untuk Investasi Reksadana


Setelah mengetahui tips investasi bersama pasangan, pastinya Anda semakin yakin dan bersemangat untuk berinvestasi. Investasi bareng pasangan merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan keuangan keluarga serta mengejar berbagai financial goals. 


Salah satu jenis investasi yang aman dan cocok bagi pasangan muda adalah Reksadana. Apalagi saat ini berinvestasi reksadana bisa dilakukan secara mudah, salah satunya melalui platform digital banking. Salah satu digital banking Indonesia yang menyediakan layanan investasi Reksadana adalah PermataMobile X


Mobile banking dari PermataBank ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Cara daftar mbanking PermataMobile X sangat mudah karena bisa dilakukan secara online, serta persyaratannya nggak ribet. 


Melalui mobile banking PermataMobile X, Anda bisa memulai investasi Reksadana dengan modal sebesar Rp100,000. Ada empat produk investasi reksadana yang bisa Anda pilih, yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. 


Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mbanking PermataMobile X dan fitur-fitur di dalamnya bisa Anda baca di sini.

>