Kategori Berita

ZMedia

Tips Menyiapkan Warisan Bagi Keluarga Di Masa Depan

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 09 November 2023

 


Warisan bisa menjadi salah satu bentuk cinta kasih dan perhatian bagi keluarga. Di mana warisan tersebut merupakan persiapan untuk meneruskan harta benda serta aset yang dimiliki untuk keturunan yang dipunyai. Sehingga hal ini juga menjadi bentuk perhatian bahwa keluarga yang dipunyai tidak perlu khawatir untuk masa depannya karena bisa mendapatkan perlindungan dari pembagian warisan yang bisa didapatkan. Agar bisa membagi warisan dengan adil dan efektif ini bisa menggunakan tips menyiapkan warisan yang perlu dilakukan seperti berikut ini:


1. Memperhatikan keuangan yang dipunyai


Hal pertama yang bisa dilakukan untuk bisa menyiapkan warisan bagi keturunan adalah dengan menghitung mengenai harta yang dipunyai terlebih dahulu. Hitung net worth yang Anda punyai merupakan langkah awal untuk mulai mempersiapkan warisan. Net worth atau kekayaan yang dipunyai ini bisa dihitung dengan tepat sehingga mendapatkan estimasi harta kekayaan yang benar. 


Perhitungan net worth tersebut mulai dari aset yang dipunyai dan dikurangi dengan utang, cicilan, dan juga tagihan lainnya. Kondisi keuangan yang Anda punyai juga merupakan poin penting untuk perhitungan net worth dalam menyiapkan warisan. Kondisi dan situasi dari keuangan keluarga yang dipunyai ini juga akan menjadi pertimbangan penting untuk bisa menyalurkan kekayaan dengan matang.


2. Mencari jasa profesional


Langkah selanjutnya untuk tips menyiapkan warisan adalah dengan mencari jasa profesional. Hal ini tentunya dilakukan ketika Anda perlu untuk melakukan pengelolaan yang matang dengan net worth besar yang dipunyai. 


Menggunakan jasa profesional ini juga akan membantu untuk mengatur pembagian warisan dengan lebih tepat sehingga bisa mencegah konflik yang terjadi di dalam keluarga. Jasa perencana waris ini akan membantu untuk mengurai proses pembagian warisan yang rumit sehingga bisa membuat keputusan yang tepat.


3. Menentukan ahli waris


Langkah selanjutnya adalah bisa untuk menentukan ahli waris. Bantuan dari jasa perencanaan warisan yang tepat akan membantu untuk membuat keputusan untuk menentukan ahli waris yang lebih tepat. Tentukan keturunan yang akan menjadi ahli waris dan besaran warisan yang akan didapatkan. 


Agar bisa menghindari konflik yang biasanya terjadi karena masalah warisan, Anda bisa untuk membagi aset yang dipunyai dengan adil. Tetapi seperti yang telah diketahui walaupun sudah berusaha adil masih banyak orang yang mempunyai pandangan yang berbeda. Sehingga dengan bantuan dari perspektif profesional seperti jasa perencanaan warisan akan membantu untuk melakukan pembagian yang lebih efektif.


4. Menyiapkan bentuk warisan yang tepat


Anda perlu mengetahui bahwa warisan bisa diberikan tidak hanya ketika sudah waktunya, yaitu ketika sudah tua dan meninggal dunia karena faktor usia atau penyakit. Tetapi Anda bisa meninggal karena resiko lainnya seperti kecelakaan atau sudah tidak mampu untuk mengelola aset yang dipunyai. 


Sehingga pastikan juga untuk menyiapkan rencana ketika tidak mempunyai kemampuan fisik dan mental di masa depan agar aset yang dipunyai bisa tetap terkelola dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan menentukan bentuk warisan yang cocok dengan kondisi keuangan serta kebutuhan keluarga.


Tips menyiapkan warisan yang bisa dilakukan adalah dalam bentuk asuransi. Produk asuransi seperti Allianz Legacy Pro bisa memberikan manfaat terbaik untuk memberikan warisan dengan perlindungan hingga 100 tahun. Produk ini juga memberikan booster uang pertanggungan ketika tertanggung masih usia 75 tahun, serta mendapatkan pembebasan premi ketika terkena kondisi penyakit kritis. Sehingga menyiapkan warisan dengan produk Allianz LegacyPro ini akan sangat membantu dengan berbagai manfaat perlindungan lengkap yang bisa didapatkan.

>