Kategori Berita

ZMedia

Apa Prestasi Gibran Rakabuming Raka? Ini 9 Pencapaiannya Selama Ini

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Selasa, 12 Desember 2023
Foto: Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat melakukan pendaftaran capres-cawapres di gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (25/10/2023). (REUTERS/Willy Kurniawan)


Majunya Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden bersama Prabowo Subianto menarik perhatian publik, termasuk salah satunya terkait rekam jejak prestasinya di Kota Solo yang banyak dicari orang. 


Putra sulung Presiden Joko Widodo ini telah mengukir prestasi gemilang selama menjabat sebagai Wali Kota Solo, menciptakan transformasi signifikan dalam berbagai proyek pembangunan dan penerimaan penghargaan prestisius. Berikut adalah sejumlah pencapaian penting Gibran Rakabuming Raka selama kepemimpinannya:


1. Kota Paling Toleran di Indonesia


Pemerintah Kota Solo di bawah Gibran mendapat Penghargaan Apresiasi dari SETARA Institute atas upayanya dalam membangun kerukunan antar umat beragama, suku, dan budaya. Solo meraih peringkat keempat sebagai kota paling toleran di Indonesia menurut laporan Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2022. Dengan skor 5.883, Solo terbukti sebagai kota dengan tingkat toleransi yang tinggi.


2. Penghargaan Pembangunan dan Lingkungan


Gibran telah membawa Kota Solo meraih Sertifikat Adipura Kategori Kota Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Februari 2023. Penghargaan ini mencerminkan komitmen Kota Solo terhadap kebersihan lingkungan dan keindahan kota, yang berhasil diwujudkan berkat partisipasi aktif masyarakat.


3. Universal Health Coverage (UHC)


Pemerintah Kota Solo menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Maret 2023. Ini menunjukkan keberhasilan pemerintah kota dalam menyediakan layanan kesehatan yang luas dan berkualitas bagi warganya.


4. Proyek Pembangunan Berkelanjutan


Di bawah kepemimpinan Gibran, Kota Solo melihat berbagai proyek pembangunan yang mencakup Selter Manahan, Sentra IKM Mebel Gilingan, dan revitalisasi Solo Technopark. Selter Manahan, food court dengan konsep unik, dan Sentra IKM Mebel Gilingan, pusat furnitur berkualitas, memberikan kontribusi positif terhadap tata kota dan perekonomian kota.


5. Revitalisasi Pura Mangkunegaran dan Taman Pracima


Gibran turut melibatkan diri dalam revitalisasi Pura Mangkunegaran dan Taman Pracima. Taman Pracima, yang kini menjadi tujuan wisata yang indah dengan taman bunga dan air mancur, mencerminkan upaya untuk mempercantik kawasan kota.


6. Keberlanjutan Pembangunan dan Pengelolaan Sumber Daya


Penghargaan yang diterima oleh Kota Solo mencerminkan komitmen pemerintah dalam mencapai keberlanjutan pembangunan dan pengelolaan sumber daya. Adipura, UHC, dan proyek pembangunan menjadi bukti nyata dari visi dan misi Gibran dalam meningkatkan kualitas hidup warganya.


Prestasi ini menegaskan bahwa Gibran Rakabuming Raka bukan hanya seorang calon wakil presiden, tetapi juga seorang pemimpin yang telah memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi Kota Solo.


7. Pembangunan Sentra IKM Mebel Gilingan


Pencapaian signifikan lainnya adalah pembangunan Sentra IKM Mebel Gilingan, yang selesai pada Agustus 2023. Dengan luas 5.000 meter persegi, pusat ini tidak hanya menjadi tempat berkumpulnya pengrajin mebel, tetapi juga mendukung kualitas dan pemasaran produk furnitur Solo.


8. Revitalisasi Solo Technopark


Solo Technopark, sebagai ruang publik kreatif, mengalami pembaruan dengan penambahan fasilitas baru seperti lapangan basket, lapangan futsal, dan ruang penelitian dan pengembangan teknologi. Inisiatif ini mencerminkan komitmen untuk menghadirkan lingkungan yang mendukung inovasi dan perkembangan teknologi.


9. Safari Solo yang Diperbarui


Taman Satwa Taru Jurug, atau yang dikenal sebagai Solo Safari, juga mengalami revitalisasi. Dengan adanya perubahan positif, tempat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata paling diminati di Solo. Keberlanjutan pembangunan pariwisata mencerminkan perhatian pemerintah terhadap sektor ini.


Melalui prestasinya di berbagai bidang, Gibran Rakabuming Raka telah membuktikan kapabilitasnya sebagai seorang pemimpin yang progresif dan peduli terhadap pembangunan kota. Pencapaiannya tidak hanya terfokus pada aspek infrastruktur, tetapi juga mencakup aspek sosial, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat. Dengan jejak prestasi yang gemilang ini, Gibran Rakabuming Raka siap memberikan kontribusi maksimal dalam arah pembangunan nasional jika terpilih sebagai wakil presiden.

>